Friday, 13 May 2016

10 Agama Misterius Yang Terkenal



Hi minna-san, bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Dalam postingan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa Agama atau kepercayaan yang masih misterius keberadaanya, oke cekidot coyy…

Agama adalah suatu ajarsn kepercayaan yang dianut dan dijadikan pedoman hidup seseorang. Agama juga sebagai penghubung seseorang terhadap sang pencipta. Di dunia ini banyak agama yang sudah terkenal tetapi keberadaanya masih penuh misteri, entah itu tentang ajaranya maupun pengikutnya.

Sampai sekarang masih banyak agama yang diyakini ada namun sangat rahasia keberadaanya. Ditmbah lagi dengan rumor yang tersebar tentanya, baik tentang ritualnya maupun Tuhan yang disembahnya. Banyak juga yang mengaitkan dengan ritual-ritual sadis, mengerikan, tidak berperikemanusiaan, sampai ada yang menghubungkan dengan kegiatan seksual. Bahkan ada agama yang sudah sangat terorganisir dan mengendalikan beberapa sektor pemerintahan maupun sektor lainya.

Masih banyak rumorrumor yang beredar tetapi sampai sekarang sepak terjang mereka masih sangat rahasia. Bahkan ada artis papan Indonesia yang sempat heboh karena dituduh menyebarkan salah satu kepercayaan tersebut, gak perlu sebut nama saya yakin kalian juga sudah pada tahu siapa dia.. hehehe



#Kojima Haruna: “Hoi Mas Admin, kok tumben postinganya berisi SARA?? Sing saru kapan, hehehe?” :D

#Ngadmin: “Wah iya ini, tapi kan tujuanya untuk menambah pengetahuan.. Kalo tentang saru sih gak usah dipost, untuk konsumsi pribadi aja, hehehe”  :3

Oke daripada panjang lebar, ini dia daftar agama yang sampai sekarang masih misterius keberadaanya:

10. Jediisme

 


Meskipun agama ini sangat mirip dengan Kristen, tetapi agama ini menganut beberapa ajaran yang sangat berbeda. Para pendiri agama ini mungkin adalah penggemar dari film Hollywood “STARS WARS”.

Dalam agama ini ada aturan “Jedi” yang harus di ikuti oleh para pengikutnya yaitu emosional tetapi damai, ketidaktahuan tetapi berpengetahuan, gairah tetapi tentram, kacau tetapi harmonis, dan kematian tetapi Force. Mereka percaya bila mereka mati, mereeka memberikan jiwanya kepada Force dalam arti mereka telah meninggalkan jejak didunia ini dan semua orang akan mengingat mereka dengan baik atau buruk.

Patrick Day-Childs yang juga dikenal dengan nama jedi Chi-Pa Amshe adalah seorang empu di Gereja Jediisme. Dia mempunyai dua anak yang semuanya diberi nama karakter “STAR WARS”.

Ia bergabung dengan kelompok tersebut lebuh dari 10 tahun yang lalu dan kini dia menjadi satu dari lima empu yang membentuk dewan di gereja Inggris tersebut.

Untuk menjadi anggota Gereja Jediisme, kalian harus mengunduh satu paket latihan dan menyelesaikan sebuah tes. Untuka jumlah peserta yang telah melakukan tes ini jumlahnya mencapai lebih dari 250 ribu orang…

9. Satanisme

 



Mungkin banyak dari agan yang sudah sering mendengar tentang agama kepercayaan yang satu ini karena agama ini sudah sangat terkenal dan benyak sekali rumor tentangnya walaupun sampai saat ini masih banyak tanda tanya tentang agama ini.

Satanisme secara singkat dapat digambarkan sebagai agama yang menyembah setan dan menjadikan setan sebagagi Tuhan bagi mereka. Mereka juga menolak nilai-nilai agama lain karena mereka juga menjalankan hal-hal yang oleh agama dianggap dosa.  Mereka juga menganggap setan, lambing kejahtan seabagai pemimpin dan pembibing mereka.

Sejarah kaum Satanisme sudah ada disetiap sejarah dan peradaban dari Mesir Kuno hingga Yunani Kuno serta sejak abad pertengahan sampai saat ini. Kepercayaan ini dipercaya bermula antara abad ke-14 dan ke-15 dimana pada saat itu para tukang sihir menolak agama dan sama-sama memuja setan.

Upacara kejam dilakukan para tukang sihir dan orang-orang tak bertuhan, pengorbanan anak dan orang dewasa kepada setan, perayaan Masa Hitam dan upacara satnisme tradisional lainya yang diwariskan secara turun-temurun.

Yang menarik, ada dua perkumpulan lainya yang disamping para satanis. Yang pertama adalah perkumpulan Kesatria Biara Yerusalem (Knight Templars), yaitu perkumpulan yang dituduh oleh Gereja Katholik sebagai penyembah setan dan dibubarkan pada tahun 1311. Perkumpulan lainya yaitu perkumpulan Mason yang telah lama menimbulkan banyak tanda tanya karena kerahasiaanya dan upacaranya yang aneh.

Banyak ahli sejarah yang mengatakan bahwa Ksatria Biara Yerusalem dan Mason adalah kempok yang saling melanjutkan. Artinya setelah Ksatria Biara Yerusalem dibubarkan, mereka melanjutkan dan berubah menjadi paham Mason.

Para Satanis dengan giat menyebarkan ajaranya ke berbagai negara untuk merekrut pengikut baik lewat buku maupun lewat internet.

Aleister Crowley adalah pelopor Satanisme modern yang memiliki julukan “The Beast”. Dia lahir di Worwickshire. Sejak kecil dia sudah meniggalkan sekolah dan menjadi anggota “Secret Order of The Golden Dawn”.  Crowly adalah seorang Okultis sejati yang tak memiliki pekerjaan lain. Dalam bukunya, ia mengaku menjadi anggota Freemason di Loji Anglo Saxon, Paris.

8. Mandean


Mandaeisme atau Mandean merupakan agama yang terdapat di Irak dan Iran. Mandean adalah agama gnostik (dalam Aram manda berarti “pengetahuan”, seperti halnya Yunani gnosis) dengan memandang dunia sangat dualistic.

Penganutnya, kaum Mandean menghormati Adam, Habel, Seth, Enos, Nuh, Sem, Aram, dan terutama Tohanes Pembaptis/Nabi Yahya, tetapi menolak Abraham, Musa dan Yesus dari Nazaret. Mandean sepertinya telah menetap di Mesopotamia Utara , tetapi agama telah dipraktekkan terutama disekitar Karun, Eufrat, dan Tigris di Iran.

Bukti sejarah Mandean sangat terbatas, sementara pandangan mayoritas mengatakan bahwa Mandaeism dibentuk pada masa Pra-Kristen beberapa (misalnya Duchesne Guillemin) menunjukan bahwa Mandean dibentuk paling lambat pada masa Kristen. Kitab suci penganut Mandean yang paling penting adalah Ginza Rba atau Ginza. Ginza dibagi dua, yaitu Genza Smala atau “Ginza Kiri” dan Genza Yemina atau “Ginza Kanan”.

Diperkirakan jumlah penganut Mandean di seluruh dunia antara 60 ribu sampai 70 ribu. Sampai perang Irak tahun 2003, hmoir seluruh mereka tinggal di Irak. Banyak warga Irak Mandean sejak melarikan diri dari Negara mereka (karena memiliki banyak arga Irak lainya) karena gejolak diciptakan oleh Invasi Irak pda tahun 2003 dan pendudukan berikutnya oleh pasukan bersenjata, dan kenaikan terkait kekerasan sektarian oleh eksrimis Muslim.

Pada tahun 2007, populasi Mandean di Irak telah jatuh menjadi sekitar 5 ribu orang.

7. Baha’i

 


Baha’I merupakan agama independent yang bukan merupakan sekte dari agama lain. Baha’I adalah agama yang mempercayai Tuhan Yang Esa yang menekankan pada kesatuan spiritual bagi seluruh umat manusia. Agama Baha’I lahir di Persia pada abad ke-19, pendirinya bernama Baha’u’llah. Pada awal abad ke-21 penganut baha’i mencapai sekitar 6 juta orang yang berdiam di lebih dari 200 negara didunia.

Yang menjadi dasar ajaran Baha’i adalah asas-asas keesaan Tuhan, kesatuan agama, dan persatuan umat manusia. Hal ini tampak dalam ajaran Baha’i yang yang mengajurkan agar semua masalah diselesaikan dengan proses musyawarah. Ajaran social yang terpenting dari agama Baha’i adalah kesatuan umat manusia dan persatuan dunia.

Dalam kata-kata Baha’u’llah: Kemah kesatuan telah ditegakkan, janganlah engkau memandang satu sama lain sebagai orang asing. Engkau adalah buah-buahan dari satu pohon dan daun-daun dari satu dahan. Bumi hanyalah satu tanah air, dan umat manusia warganya”. Pada tingkat individu dan masyarakat, orang-orang baha’i dianjurkan untuk menghapus segala macam prasangka buruk yang berdasarkan ras,  agama, atau kelas social.

Dari banyak ajaran Baha’i, yng paling sering dikutip adalah sebagai berikut:

  *Keesaan Tuhan

  *Kesatuan agama

  *Persatuan umat manusia

  *Persamaan hak antara kaum wanita dan pria

  *Penghapusan segala macam prasangka buruk

  *Perdamaian dunia

  *Penyesuaian antara agama dengan ilmu pengtahuan

  *Keperluan untuk pendidikan universal yang wajib

  *Tidak boleh campur tangan dalam politik

  *Penghapusan kemiskinan dan kekayaan yang berlebih-lebih

6. Candomble


Candomble adalah agama yang dianut di Brasil oleh “povo do santo” (umat santo). Dalam bahasa Portugis, Candomble berarti tarian untuk menghormati dewa-dewa. Secara resmi, Candomble berasal dari Salvador, Bahia pada permulaan abad ke-19, saat kuil pertama didirikan. Walaupun Candomble umumnya dianut di Brasil, agama ini juga dapat di temui di negara-negara Amerika Latin lain sperti Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Venezuela yang paling tidak memiliki pengikut sebanyak 2 juta.

Candomble bermula dari kepercayaan tradisional Yoruba, Fon, dan Bantu dari Afrika Barat yang dibawa oleh budak-budak di Imperium Portugal. Dari tahun 1549 hingga 1888, agama ini berkembang di Brasil dan dipengaruhi oleh pengetahuan pemuka agama Afrika yang diperbudak tetapi tetap mengajarkan mitologi, budaya, dan bahasa mereka.

Candomble merupakan agama tradisi lisan, sehingga tidak memiliki kitab suci. Penganut ajaran Condomble memperayai pencipta tertinggi yang disebut Oludumare, yang dilayani oleh dewa-dewa yang lebih rendah yang disebut Orisha.  Musik dan tarian merupakan unsur penting dalam upacara mereka, karena mereka meyakini bahwa tarian dapat membuat orang dirasuki oleh Orisha.

Dalam ritual-ritual agama Condomble, umat member sesajen-sesajen dalam bentuk mineral, sayur-sayuran, dan juga hewan. Comdomble tidak mempercayai dualitas kebaikan dan kejahatan. Setiap orang diwajibkan untuk memenuhi takdirnya.

 5. Paganisme

 


Paganism (Paganisme) atau Pagan adalah sebuah kepercayaan yang melakukan penyembahan terhadap berhala yang oleh pengikutnya disebut Pagan. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi dan untuk menyembahnya mereka menyembah patung,  contoh Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan lain lain.

Di zaman ini, mereka percaya akan kesucian  dari semua yang ada disekitar mereka yang mereka percayai merupakan bagian dari dewa dan dewi. Contohnya mereka percaya pada batu dan pohon adalah bagian dari dewa dan dewi, sehingga keramat, tetapi tidak menyembah pohon tersebut. Kebanyakan orang pagan percaya bumi memunculkan dewi.

4. Mormonisme

 


Teologi Mormon adalah bentuk paham restorasionisme bahwa seperangkat keyakinan dengan sisa gerakan Gereja Yesus Kristus dari orang-orang suci zaman akhir, termasuk penggunaan Al-Kitab, serta teks-teks agama khusus Mormon, yaitu Kitab Suci Mormon, Ajaran dan Perjanjian, dan Mutiara yang sangat berharga sebagai bagian dari kanon.

Mormonisme sering digunakan untuk sistem-sistem kepercayaan yang mengakar pada Kitab Mormon, sebuah kitab suci yang menurut Mormon diterjemahakan oleh Joseph Smith, Jr. pada tahun 1829. Pada 1830 Smith menerbitkan Kitab Mormon dan pengikutnya disebut Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Paham ini mengajar pernikahan kekal, kemajuan kekal, dan pernah mengusung pernikahan jamak (meskipun Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir telah meniggalkan praktik di awal abad ke-20)

3. Taoisme

 



Taoisme atau yang juga dikenal dengan “Daoisme”, diprakarsai oleh Laozi yang hidup pada tahun 604-517 SM atau abad ke-6 sebelum Masehi. Taoisme merupakan bagian ajaran dari Laozi yang berdasarkan Daode Jing. Awalnya Daode Jing disebut Laozi Wuqianyan atau Tulisan Laozi Lima Ribu Kata. Dia meninggalkan ibukota dan tidak pernah terdengar lagi kabar beritanya.

Belakangan semasa Dinasti Han, kitab itu mulai disebut Daodejing, karena membahas tentang Dao (jalan) dan De (kebajikan) yang diajarkan Laozi. Kitab inilah yang selanjutnya menjadi kitab pegangan utama bagi penganut Daoisme. Pengikut Laozi yang terkenal adalah Zhuangzi yang merupakan tokoh penulis kitab yang berjudul “Zhuangzi”. Selain itu ada Lie Zi , Huainan Zi, yang juga merupakan filsuf Taoisme. Lie Zi, Huainan Zi juga membuat kitab yang berjudul Lie Zi dan Huainan Zi

Taoisme merupakan ajaran filsafat yang berasal dari Cina. Taoisme sudah berumur ribuan tahun, dan akar-akar pemikiranya telah ada sebelum masa Konfusiusme. Ha, ini dapat di sebut sebagai tahap awal dari Taoisme. Bentuk Taoisme yang lebih sistematis dan berupa aliran filsafat ,muncul kira-kira 3 abad sebelum masehi. Selain aliran  filsafat, Taoisme juga muncul dalam bentuk agama rakyat, yang mulai berkembang 2 abad setelah perkembangan filsafat Taoisme.

2. Zoroastrianisme

 


Zoroastrianisme atau Majusi adalah sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang adalam  bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu suatu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau “Tuhan yang Bijaksana”.

Zarathustra atau Zoroaster adalah pelopor berdirinya Zoroastrianisme di Persia (Iran). Ia hidup sekitar abad ke-6 SM. Zarathustra berasal dari suku Media. Dia adalah seorang imam yang di didik dalam tradisi Indo-Iran. Sebelumnya agama yang ada di Persia (Iran) bersumber pada bermacam-macam ajaran seperti Paganisme, Politeisme, dan Animisme. Zarathustra yang merasa tidak puas dengan ajaran-ajaran yang berkembang di Iran pada waktu itu berusaha membawa pembaruan. Zarathustra dikenal sebagai nabi yang yang mempunyai karunia untuk menyembuhkan dan sanggup melakukan berbagai mukjizat.

Pada usia 30 tahun ia menerima sebuah penglihatan. Menurut legenda, ia melihat cahaya besar yang kemudian membawanya masuk ke hadirat Ahura Mazda. Sejak perjumpaannya dengan Ahura Mazda, Zarathustra menjadi lebih giat menyebarkan ajaran bahwa segala sesuatu yang baik berasal dari Ahura Mazda. Ajaranya yang sangat berbeda dengan kepercayaan yang ada pada waktu itu menyebabkan Zarathustra mendapat tekanan.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk melarikan diri dan pergi ke Chorasma. Pada tahun 618 SM Raja Chorasma yaitu Vitaspa dan menterinya yang bernama Yasasp menikahi Pauron Chista kemudian menganut Zoroastrianisme. Barulah Zoroastrianisme mengalami perkembangan dan semakin bertambah banyak yang menjadi pengikutnya.

Dalam ajaran Zoroastrianisme hanya ada satu Tuhan universal Yang Maha Kuasa, yaitu Ahura Mazda. Dalam ajaranya juga mengikuti konsep dualism yang mempercayai bahwa ada dua kekuatan yang bertentangan dan saling beradu yakni kebaikan dan kejahatan. Dalam tradisi Zoroastrianisme, yang jahat diwakili oleh Agra Mainyu atau Ahriman dan yang baik diwakili oleh Spenta Mainyu.

Dewa-Dewa yang diakui dalam agama ini ada lima, yaitu:

  • Asha Vahista, dewa tata tertib dan kebenaran yang berkuasa atas api
  • Vohu Manah, dewa yang digambarkan sebagai sapi jantan ini dikenal sebagai dewa hati nurani yang baik.
  • Keshatra Vairya, dewa yang berkuasa atas berbagai logam
  • Spenta Armaity, dewa yang berkuasa atas bumi dan tanah
  • Haurvatat dan Amertat,  dewa-dewa yang berkuasa atas  air dan tumbuh-tumbuhan

1. Raelianisme

 


Raelian merupakan agama yang berdasarkan sains dan tidak percaya pada kekuatan super (Tuhan), agama yang menerangkan asal usul keberadaan umat manusia dibumi, dan tujuan kehidupan manusia dibumi. Tetapi agama ini juga mengakui para nabi sebelumnya seperti Musa, Buddha, Yesus, dan Muhammad.

Biasanya para pengikut agama ini masuk tanpa campur tangan orang lain, melainkan secara sukarela. Mereka mencri kebenaran bukan berdasarkan dari kitab maupun firman Tuhan, tetapi melalui artefak maupun situs sejarah yang bisa dikuak dengan ilmu pengetahuan. Agama ini percaya bahwa nabi terakhir adalah Rael.

Agama ini dipimpin oleh Claude Vorilhon (Rael), seorang mantan jurnalis mobil balap, dan mantan penyanyi Perancis. Penganut gerakan ini percaya adanya Elohim (para ilmuan dari pelanet lain), yaitu kelompok extraterrastrials (makhluk cerdas dari ruang angkasa) yang membuat kehidupan di bumi. Raelian adalah para individualis yang percaya pada penentuan nasib sendiri dan tidak mempercayai takdir.

Mereka percaya  bahwa nasib dunia akan lebih baik jika para orang-orang jenius mendapatkan hak paling istimewa dalam pemerintahan. Sebagai penganut paham “ada kehidupan di ruang angkasa”, raelian berharap ada ilmuan dari umat manusia yang mengikuti jejak Elohim yaitu menjelajah angkasa sampai level kosmos dan membuat kehidupan di planet lain.

Raelian yakin kebangkitan Yesus Kristus melalui proses sains cloning (dengan teknik Memory Transfer) oleh Elohim, Raelian sedang melakukan riset pengkloningan untuk akses kehidupan kekal, dan agar umat manusia bisa menjadi kekal, tetapi selalu ada kritik dan perdebatan.
Para penganut Raeliam yang aktif memamerkan “sex-positif feminism” dan anti perang dengan melakukan parade outdoor.

Salah satu upacara ritual dalam Raelian adalah melakukan Transmission Cellular oleh pembimbing yang lebih senior.
Raelian tidak percaya Tuhan, tetapi percaya pada ketidakterhinggaan alam semesta.

Nah itulah daftar 10 agama misterius yang maseh eksis yang mungkin belum kalian ketahui. Admin mohon maaf bila postingan ini agak SARA, tidak ada tujuan khusus dalam postingan ini. Semata-mata hanya untuk berbagi pengetahuan.

Terimakasih telah menyempatkan mampir di blog minimalis ini. Tolong juga sempatkan untuk berkomentar memberi kritik, saran, pertanyaan, ataupun sekedar meninggalkan jejak, hehehe
Jika ada yang mau request artikel supaya diposting dalam blog ini bisa mengirim via formulir yang sudah tertera di panel blog.

#Source:
  1. http://wikipedia.org
  2. http://listdose.com/top-10-religions-you-didnt-know-existed/




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....