Thursday, 12 May 2016

Cara Menyembunyikan File Didalam Gambar dengan CMD


(Sumber gambar: dreamstime.com)

Halo minna-san, bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kabarnya baik-baik saja..

Oke bertemu lagi di Indokids Blogger.
Kali ini saya akan membahas tentang cara menyembunyikan file baik itu video, dokument, gambar, maupun lainya di dalam foto atau gambar. Agan pasti punya kan file yang sifatnya pribadi? Seperti video "anu", atau foto "anu", dan "anu-anu" lainya, hehehe :D

#Nana Ogura: "Video 'anu' itu apa sih mas, kok sepertinya saya agak paham?" :D
#Ngadmin: "Halah kamu itu pake tanya segala, masa gak tau sih? Klo beneran gak tau, tanya saja pada rumput yang bergoyang, hehehe"

Ah, sudah lah...
Kita masuk ke materi. (Materi opo??) :3

Syaratnya, di PC agan harus sudah terinstall WinRAR. Begini caranya:


Siapkan file yang mau di sembunyikan dan gambar yang akan digunakan untuk menyembunyikan file tersebut. File yang akan saya sembunyikan berupa Video, dab saya menggunakan gambar MUSE untuk menyembunyikanya,hehehe...

Kedua file tersebut harus diletakan dalam satu direktori, dalam hal ini saya meletakkanya di (E:\).


Langkah selanjutnya yaitu jadikan file yang mau disembunyikan tersebut ke dalam file archieve, bisa zip atau rar. Caranya "klik kanan" pada file yang mau disembunyikan dan pilih "Add to archieve...". Dalam proses ini agan bisa juga menambahkan password pada archieve file untuk menambah keamanya. Biar orang lain yang mau membuka jadi pusing, hehehe. Dan hasilnya seperti ini:

Langkah selanjutnya yaitu proses penyisipan file archieve ke dalam file gambar, bisa PNG atau JPEG. Buka aplikasi Command Prompt (CMD) di PC agan dengan cara Start>>All Programs>>Accessories>>Command Prompt. Bisa juga lewat program Run dan ketik "CMD" tanpa tanda petik lalu Enter.


Saat terbuka, Command Prompt secara default akan mengarah ke direktori Drive C. Maka agan harus mengganti dengan direktori dimana agan meletakan file yang akan disembunyikan tadi. Karena saya meletakanya di Drive E, maka di Command Prompt saya mengetik "E:" tanpa tanda petik lalu enter.
Selanjutnya proses penyisipan file, di Command Prompt ketikan copy /b Muse.jpg+File.rar lalu Enter dan tunggu prosesnya.

Tulisan warna merah silahkan agan ganti dengan nama gambar agan, sedangkan yang berwarna biru silahkan agan ganti dengan nama file agan.
Cara mengetahui proses penyisipan berhasil atau tidak yaitu bila di Command Prompt muncul tulisan "1 File(s) Copied." berarti proses penyisipan sudah selesai dan berhasil.


Selanjutnya cek gambar agan, pasti ukuranya bertambah besar karena di dalamnya ada file yang disembunyikan. Mungkin salah satu kelemahanya yaitu ukuran gambar menjadi sangant tidak wajar, jadinya bisa membuat orang lain curiga, hehehe...

Tapi untuk membukanya harus menggunakan cara khusus, soalnya kalau hanya di buka biasa dengan double klik atau Enter maka yang keluar adalah tampilan gambarnya.

Cara membukanya yaitu "klik kanan" pada gambar tadi, pilih "Open with.." dengan WinRAR, lalu extract filenya. Selesai..
Mudah kan???


Oke, terimakasih buat agan yang sudah meluangkan waktunya untuk mampir ke blog yang minimalis ini. Tolong sempatkan untuk berkomentar untuk memberi saran, kritik, bertanya, ataupun sekedar meninggalkan jejek, hehehe...

Bila agan ingin request artikel untuk di post di sini bisa kirim ke formulir yang sudah tertera di panel blog.

Terimakasih....



0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....