Monday, 18 July 2016

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Komputer Saat Charge Gadget Via USB



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Setelah sekian lama tidak update blog karena sibuk, kali ini saya akan mereview cara untuk mencegah virus masuk ke dalam koputer atau laptop saat mencharger gadget tablet maupun android lewat USB.

 Karena banyak sekali yang mengeluhkan saat ada teman yang nebeng ngecas smartphonenya ke laptop agan dan khawatir virus masuk ke laptop agan. Sedangkan agan pasti tidak enak kalau harus menolak permintaan itu, nati bisa dibilang pelit lagi. hehe.

Cara ini juga berguna untuk mencegah virus masuk dari Flashdisk dan juga Hardisk. Mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, tatapi bagi yang belum mengetahuinya silahkan menyimak. Oke tanpa basa basi ini dia tutorialnya...

Cara ini cukup sederhana karena tidak membutuhkan aplikasi khusus, setiap laptop pasti bisa dan  sudah saya sertakan gambar dalam setiap langkahnya.
Sebelum saya tulis di postingan ini, sebelumnya sudah saya praktekan dahulu di OS Windows 7 Enterprise dan berhasil.
Langsung saja ke TKP.




Pertama, klik Start Windows dan di kolom Search Programs tulis "gpedit.msc" tanpa tanda petik. Setelah muncul, silahkan jalankan programnya nanti akan terbuka seperti gambar dibawah ini.




Kedua, cari perintah Removable Storage access dengan meng-klik source sesuai urutan nomor di gambar diatas, yaitu dengan urutan Computer Configuration >> Administrative Templates >> System >> Removable Access. Setelah membuka Removable Access, tampilan jendelanya akan seperti gambar di bawah ini.



Kedua, cari tulisan "Removable Disk: Deny read access" pada kolom kanan jendela dan silakan di klik. Nanti akan muncul jendela pilihan pilihan. Setelah itu pilih "Enabled" seperti langkah nomor 2 pada gambar diatas dan pilih "Ok". Lakukan hal yang sama pada pilihan "Removable Disk: Deny write access pada kolom kanan.

Setelah itu coba agan buka Removable Disk dan jika hasilnya seperti gambar di bawah ini, berati agan sudah berhasil.



Untuk mengembalikan seperti semula caranya cukup mudah, cukup lakukan seperti diatas dari awal, tetapi pada langka kedua, ubah pilihan "Enabled" menjadi sedia kala yaitu pada pilihan "Not Configured"..

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara mencegah virus masuk ke komputer saat men charge gadget lewat USB atau kabel data. Bila kurang jelas, agan bisa menulis pertanyaan di kolom komentar.

Dan bila agan ingin request artikel, agan bisa mengirimkanya via formulir yang sudah saya persiapkan di panel blog.
Terimakasih sudah mampir di blog sederhana ini,.,




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....