Friday, 19 August 2016

10 Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Coklat


Hai minna-san, bagaimana kabarnya hari ini?

Jumpa lagi di Indokids Blogger. Kali ini saya akan membahas tentang coklat atau lebih tepatnya manfaat coklat yang dapat mencegah beberapa penyakit. Hebat juga ternyata si coklat ini, selain rasanya enak ternyata juga bisa mencegah beberapa penyakit.

Untuk itu saya sudah merangkum daftar 10 penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan cokelat, ini dia daftarnya:


1. Tekanan Darah Tinggi

Coklat atau kakao mengandung flavanols, yang berfungsi sangat baik untuk antioksidan dan membuat jantung tetap sehat. Salah satu manfaat vascular dari flavanols dalam coklat adalah berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat disimpulkan jika agan suka mengkonsumsi coklat maka kemungkinan agan menderita tekanan darah tinggi menjadi lebih rendah.

2. Kolesterol Tinggi

Ternyata coklat juga bisa berfungsi sebagai penurun kolesterol gan. Karena ketika agan menkonsumsi coklat, flavanols dari coklat yang agan konsumsi tersebut memiliki kemampuan antioksidan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol buruk, LDL-Kolesterol. LDL yang ada dalam darah dapat merusak arteri dan dapat meningkatkan peluang agan untuk terkena penyakit jantung atau serangan jantung. Cukup megerikan kan, makanya jangan ragu untuk menkonsumsi coklat.

3.Penyakit Hati

Biasanya para penderita penyakit hati camilanya adalah makanan yang terbuat dari coklat karena sudah terbukti bahwa coklat mengandung antioksidan yang dapat berfungsi menurunkan tekanan darah dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

4. Diabetes

Mengkonsumsi coklat hitam dalam jumlah yang sedang ternyata sudah terbukti dapat meningkatkan pengolahan gula dalam darah, yang berdampak pada turunya resiko terserang penyakit diabetes. Karena biasanya orang yang terserang diabetes akan diberi tambahan insulin untuk mengurangi penyakit diabetes. Makanya jika agan tidak ingin mendderita diabetes maka jangan ragu untuk menkonsumsi coklat hitam yang lezat ini.

5. Stress

Menkonsumsi coklat ternyata juga bisa membuat suasana hati menjadi senang dan dapat menghilangkan stress. Para ilmuan telah menemukan bahwa coklat mampu mengurangi jumlah hormon stress dan dapat membuat suasana hati menjadi senang. Bila suasana hati seseorang menjadi senang maka tubuhnya pun juga menjadi sehat dan tidak mudah stress.

6. Batuk

Agan sering batuk? Konsumsi saja coklat, tetapi kadang-kadang menkomsumsi coklat yang sudah diolah pabrik bisa membuat batuk lebih parah karena sudah ditambah beberapa bahan lain seperti pemanis buatan. Tetapi para ahli telah menemukan bahwa didalam kakao ada zat theobromine yang dapat berfungsi untuk mengurangi batuk denagn mempengaruhi ujung syaraf sensorik dari syaraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru-paru.

7. Sindrom Kelelahan Kronis

Daripada agan mengkonsumsi minuman bersoda atau kopi saat agan lelah, lebih baik agan mengkonsumsi coklat batangan saja untuk menigkatkan energi agan. Dalam dosis yang kecil, kafein di dalam coklat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.

8. Penggumpalan Darah

Mereka yang menkonsumsi coklat telah terbukti lebih lambat mengalami penggumpalan darah dalam tranfusi darah daripada mereka yang tidak menkonsumsi coklat. Dengan begitu coklat memang dapat digunakan untuk mencegah penggumpalan darah yang dapat membuat agan rentan terkena serangan jantung.

9. Stroke

Didalam flavanol yang terkandung dalam coklat, terdapat senyawa epicatechin yang menurut penelitian dapat mencegah agan terkena penyakit stroke. Penyakit stroke termasuk salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia. Dan di Indonesia jumlah penderita stroke tergolong banyak, oleh karena itu agan perlu menkonsumsi coklat untuk mencegah penykit stroke.

10. Kanker

Kanker termasuk penyakit yang sulit disembuhkan dan tergolong penyakit yang ganas. Tetapi walaupun coklat tidak bisa menyembuhkan penyakit kanker, tetapi coklat jug memiliki manfaat untuk pencegahan seperti mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Itulah beberapa manfaat menkonsumsi coklat yang dapat membuat kita terhindar dari beberapa jenis penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena kesehatan itu mahal harganya, maka kita harus menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bisa terus beraktivitas.

Jika agan ingin request artikel agar dipost di Indokids Blogger, agan bisa mengirimkan request lewat formulir yang sudah tertera di panel blog.


Terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog yang sederhana ini.
(Sumber: indonesiaindonesia.com)



2 comments:

  1. Ane paling suka makan coklat tapi baru tau klo cokla ternya bisa untuk nyembuhin penyakit. Thx gan infonya bermanfaat.

    Nitip jejak ya
    http://mikazuki12.blogspot.com/

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....