Friday, 19 August 2016

Cara Belajar Agar Efektif dan Mudah Paham


Hai minna-san, bagaimana kabarnya hari ini?

Kali ini saya akan membahas tetang cara efektif belajar agar lebih mudah paham.

Tentu saja belajar yang saya maksud adalah saat belajar dirumah baik beljar sendiri maupun berkelompok. Biasanya para siswa belajar dirumah itu hanya saat menjelang ujian atau ulangan. Bahkan banyak yang belajarnya menggunakan sistem “Kebut Semalam”, hehehe.

Banyak siswa yang jarang belajar dirumah karena alasanya belajar dirumah itu tidak efektif karena tidak ada yang mengajar. Namun akan lebih baik bila belajar dirumah itu dilakukan secara berkelompok sehingga bisa saling membantu.

Namun bila akan masih kesulitan untuk belajar, maka jangan khawatir karena saya akan memberikan tips jitu agar belajar agan bisa lebih mudah, efektif dan juga menyenangkan tentunya. Simak tips berikut ini!

1. Niatkanlah diri anda.

Sebenarnya saya agak ragu ragu untuk memasukan “Niat” dalam tips saya karena sudah banyak yang tahu akan hal ini. Tapi setelah saya pertinmbangkan akhirnya saya memutuskan untuk memasukanya. Banyak orang yang menyepelekan “niat”, maka dari itu banyak orang orang yang melakukan sesuatu tetapi tidak ada “niat” yang kuat di dalam hati, jadinya mereka mudah putus asa.

Jika agan ingin belajar dengan sungguh-sungguh, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mantapkan dulu niat dalam hati agan. Kalau agan tidak ada niat yang kuat maka yang namanya bosan dan males itu pasti muncul, maka kalahkanlah males dan bosan itu dengan niat yang kuat. Segala sesuatu itu berdasarkan niat. Jika niatnya bagus maka hasilnya juga bagus, jika niatnya kurang baik maka hasilnya juga kan kurang baik.

2. Tanamkan tujuan anda belajar.

Setelah ada niat, selanjutnya adalah menanamkan tujuan agan belajar di dalam hati agan. Misalnya, “Aku ingin belajar agar pada ujian kali ini aku bisa lulus dengan nilai bagus dan bisa bekerja di perusahaan A dengan mudah”.

Sebenarnya apa sih fungsi dari menanamkan “tujuan” di dalam hati? Tujuanya yaitu untuk memacu diri agan agar mau untuk belajar dan agar tidak mudah menyerah. Jika hati agan sudah mantap maka belajar itu bukan hal yang berat. Tetapi jika hati agan kurang mantap, belajar itu merupakan hal yang membosankan dan melelahkan.

Ketika hati agan sudah mantap maka tidak akan ada kata menyerah. Diri agan akan terus terpacu oleh tujuan yang telah agan tanamkan didalam diri agan. Bayangkan saja saat agan belajar tetapi tidak mempunyai tujuan, pasti agan akan merasa malas untuk belajar. Pasti di dalam diri agan muncul pertanyaan: “Untuk apa aku belajar?”, “Mengapa aku harus belajar?”.

3. Cari waktu yang efektif untuk belajar.

Siapa bilang belajar di segala waktu itu hasilnya sama? Hasilnya pasti berbeda. Waktu paling bagus untuk belajar adalah di waktu pagi hari disaat otak masih fresh dan badan masih segar karena belum melakukan banyak aktifitas. Jika belajar pada waktu malam hari sebenarnya itu kurang pas karena tubuh sudah capek oleh aktifitas seharian.

Dan juga karena malam hari itu adalah waktu tubuh untuk istirahat. Tubuh yang seharusnya istirahat tetapi tetap dipaksa untuk beraktifitas pasti juga kurang bagus. Karena tubuh sudah letih, belum lagi rasa kantuk yang menerjang. Hal tersebut membuat aktifitas belajar kita kurang efektif. Tubuh yang kurang tidur juga kurang bagus.

4. Atur jadwal dan target belajar.

Mengatur jadwal belajar itu penting supaya tidak tabrakan dengan kegiatan lainya yang berakibat kita tidak jadi belajar. Dengan membuat jadwal belajar, memungkinkan kita untuk belajar lebih teratur dan tidak terbengkalai. Jika tidak ada jadwal, kadang-kadang kita ini juag mempunyai kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Contohnya agan pulang dari bermain dan ingin belajar, jika ada jadwalnya maka agan bisa langsung pergi belajar.

Tetapi bila agan tidak membuat jadwal biasanya saat mau belajar muncul perasaan untuk menundanya seperti “Ah, nanti saja” atau “Sebentar lagi deh”, yang berujung tidak jadi belajar. Intinya jadwal itu bisa mengingatkan kita untuk belajar saat lupa dan juga mengatur waktu belajar agar tidak terbengkalai dan tertunda-tunda.

5. Pilih metode belajar yang paling cocok.

Belajar itu ada metodenya dan tidak asal-asalan jika ingin hasilnya maksimal. Metode setiap orang itu berbeda-beda, oleh karena itu saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja. Beberapa metode terkenal yang ampuh saat belajar yaitu belajar sambil di iringi music ringan untuk meningkakan konsentrasi dan megurangi kebosanan.

Tetapi untuk saya metode belajar yang saya sukai yaitu belajar di tempat terbuka yang bagus pemandanganya. Saya biasa pergi ke pegunungan hanya untuk belajar, walaupun jaraknya lumayan jauh. Tetapi belajar di tempat yang indah bisa membua otak saya lebih mudah mengingat dan menyerap apa yang saya pelajari.

Belajar dengan metode membaca dan menulis juga termasuk metode yang efektif. Dengan menulis otak agan akan merekam apa yang agan baca dan tulis, karena menulis sudah pasti membaca. Silahkan sesuaikan metode belajar agan dengan metode yang dirasa paling cocok untuk agan.

6. Belajarah ditempat yang kondusif.

Tempat kondusif yang saya maksud disini yaitu tempat yang tenang dan agan bisa belajar tanpa terganggu. Jika agan belajar dirumah dan terasa kurang bisa konsentrasi karena di gangu sama adik agan, agan bisa mencoba untuk belajar di tempat lain yag lebih kondusif.

Salah satu tempat kondusif untuk belajar yaitu tempat ibadah, contohnya Masjid. Saya sering mampir ke masjid hanya untuk belajar. Tidak ada salahnya kita belajar di tempat ibdah selama tidak ada aktifitas ibadah. Karena ini pengalaman saya sendiri bisa saya katakan bahwa cara ini cukup efektif.

7. Belajarlah seperlunya saja.

Belajar itu bagus, tetapi kalau terlalu banyak belajar maka bisa membuat otak kita sulit untuk menyerap apa yang kita pelajari. Jika agan ingin belajar, maka belajarlah pelan-pelan tidak usah terburu-buru. Sesuatu jika berlebihan itu tidak baik. Selain membuat otak sulit meyerap, belajar berlebihan juga bisa membuat kita bosan dan merasa malas untuk menjutkan.

Belajaralah ala kadarnya saja, 1-2 jam sehari itu sudah cukup jika dilakukan secara rutin. Lebih baik belajar sebentar dan rutin daripada belajar lama nya 4 jam sehari tetapi seteah itu tidak belajar lagi selama satu minggu.

8. Jangan lupa untuk refreshing.

Refreshing itu juga sangat penting gan. Siapa yang tahan 1 tahun belajar terus setiap hari tanpa refreshing. Pasti kita akan lelah dan otak terlalu capek, bisa-bisa malah pusing nanti. Maka dari itu jika dirasa udah agak malas unutuk belajar, maka cobalah untuk refreshing dulu sejenak menghilangkan bosan dan suntuk.

Refreshing tidak harus pergi ke tempat pariwisata atau taman hiburan yang mahal. Kalau saya dulu biasa melakukan refreshing dengan main game PS2, dan itu sudah cukup untuk mengembalikan mood dan semangat saya untuk belajar. Jika mulai suntuk lagi, main game lagi. Sampai-sampai dulu waktu UN kelulusan SMP saya tidak belajar sama sekali.

Selesai ujian langsung main PS2, dan bermain itu bisa sehari penuh. Dan siapa sangka nilai ujian saya memuaskan. Dan percaya atau tidak, nilai Matematika saya waktu kelulusan SMP adalah 100, rata-rata nilai ujian saya 90… :D Tetapi jangan ditiru, karena saya sudah mempraktekan metode belajar palin cocok untuk saya.

Itu tadi beberapa cara agar belajar kita lebih mudah dan efektif. Mungkin ada beberapa yang kurang sesuai dengan agan karena setiap orang itu berbeda-beda tetapi percayalah bahwa ini semua sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya memuaskan.

Jika tulisan saya ada yang kurang berkenan di hati agan saya pribadi meminta maaf sebesar-besarnya. Bagi agan yang sedang belajar semoga saja belajarnya asyik dan membuahkan hasil yang bagus, amin.

Bila agan ingin request artikel supaya bisa di muat di Indokids Blogger, agan bisa mengirimkan request lewat kolom komentar atau melalui formulir yang sudah tersedia di panel blog.




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....