Saturday, 29 October 2016

Cara Sederhana Memperbanyak Teman


Hai minna-san, bagaimana kabarnya hari ini?

Kali ini saya akan membahas tentang pertemanan, karena kita ini tidak akan bisa lepas dari yang namanya pergaulan. Tips yang akan saya sajikan ini tujuanya agar kita punya banyak teman yang menyukai kita. Jika kita mempunyai banyak teman maka hidup kita akan semakin mudah baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat tempat tinggal. Teman adalah orang terdekat kita yang bisa meringankan dan menolong diwaktu kita sedang kesusahan.

Bahkan teman adalah orang yang bisa kita jadikan sebagai tempat curahan hati dikala kita sedang dirundung masalah. Maka dari itu jika kita tidak mempunyai teman maka bisa dipastikan hidup kita akan sulit.

Cara yang saya sajikan ini memerlukan sedikit kerja keras dan ketelatenan. Tentu saja cara ini sudah saya praktekan sejak dulu dan hasilnya memuaskan. Jalankan pelan-pelan dan ikhlas, nanti lama-lama pasti akan terbiasa. Silakan dicoba bila agan ingin mendapat banyak teman.


Berikut saya rangkum beberapa metode atau cara untuk mencari teman maupun memperbanyak teman:

1. Agan harus perpendirian kuat.

Ini adalah hal paling penting yang harus agan punyai. Bila agan mempunyai banyak teman tetapi agan tidak mempunyai pendirian yang kuat, maka bisa menyebabkan agan terjerumus kepada hal-hal negatif karena teman bisa mempengaruhimu. Seseorang yang tidak berpendirian juga banyak yang tidak menyukainya, contohnya saat ada orang lain meminta sesuatu terhadapmu, maka agan bisa menjawabnya dengan pasti jika agan mempunyai pendirian.

Misalnya saja saat agan mau ditanya mau ikut pergi dengan mereka, bila agan punya pendirian maka agan bisa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan tegas, bukanya plin-plan. Dengan begitu setidaknya mereka juga suka berteman dengan agan karena mempunyai sikap yang tegas, tidak plin-plan.

2. Jadilah orang yang mudah diajak bicara.

Berbicara adalah hal nomor satu dalam pergaulan. Jika agan orangnya enak untuk diajak ngobrol, sudah bisa dipastikan agan banyak teman. Jika ada orang lain yang mengajak berbicara, tanggapilah dengan antusias seakan-akan agan itu sangat tertarik dengan apa yang dia bicarakan. Maka dengan begitu dia tidak akan sungkan-sungkan untuk ngobrol lepas dan nyaman dengan agan.

Bila dia punya pengalaman menarik, pasti dia akan membicarakan dengan agan, karena dia merasa nyaman berbicara dengan agan.  Saat agan sedang mengobrol, berilah tanggapan yang positif dan jangan mencela apa yang dia bicarakan. Agan juga bisa membalas obrolanya dengan membicarakan hal menarik yang pernah agan alami juga.

Tidak perlu menahan diri, jika agan ingin tertawa maka tertawalah dengan begitu dia merasa bahwa yang dia obrolkan itu ternyata menarik dan mendapat respon positif dari agan tetapi jangan tertawa mengejek.

3. Jangan membeda-bedakan saat bergaul.

Ini adalah hal poin yang sangat penting jika agan memang ingin punya banyak teman. Saat agan bergaul jangan hanya bergaul terhadap golongan-golongan tertentu saja, misalnya agan hanya mau bergaul dengan orang kaya, orang yang satu keyakinan, atau orang yang pandai saja. Jangan melakukan hal seperti itu. Cobalah untuk bergaul terhadap semua orang, misalnya preman atau orang-orang berandalan.

Dan disinilah pentingnya agan harus mempunyai pendirian yang kuat, agar tidak mudah terpengaruh dan terjerumus terhadap hal negatif yang mungkin dibawa oleh orang disekitar agan. Perlu agan catat,  orang-orang seperti mereka itu solidaritasnya sangat tinggi. Jika satu diantara mereka disakiti maka yang lain akan ikut merasakan dan akan membalaskanya.

Jika ada teman mereka yang kesusahan, mereka tidak akan segan-segan untuk mengulurkan tangan meskipun tanpa diminta sekalipun. Saya punya banyak sekali teman yang berbeda-beda, saya juga punya banyak teman yang bukan “orang baik” seperti tukang judi, berandalan, maupun tukang tawuran. Tetapi bila sudah berteman dengan mereka, maka mereka akan menjadi orang yang sangat baik untuk agan.

4. Berusahalah untuk terbuka.

“Sesama teman itu tidak boleh saling menyembunyikan sesuatu”, mungkin itu ungkapan yang sangat tepat. Saat agan sudah berteman dengan seseorang, cobalah untuk saling terbuka. Saling terbuka disini artinya adalah jika teman sedang berbuat salah maka ingatkanlah, dan jika agan berbuat salah maka jangan marah bila di kritik oleh teman agan. Bila agan sedang punya masalah, terbuka saja, tidak usah ditutup-tutupi.

Siapa tahu mereka itu bisa membantu. Itu juga bermanfaat untuk meringankan beban dan juga teman agan itu akan merasa senang karena agan sudah mau mengandalkanya.

5. Jangan suka membuka aib orang lain.

Banyak sekali kasus pertemanan yang berubah menjadi permusuhan dikarenakan masalah membuka aib orang lain. Jangan suka menggosipkan aib orang lain. Jika agan suka membuka aib orang lain, maka agan akan kesulitan mencari teman karena mereka tidak mau berteman dengan agan dan khawatir jika mereka berteman nanti agan akan menyebar aib mereka. Selain itu, menyebar aib orang lain itu juga berdosa.

Dalam hubungan pergaulan, orang yang suka menyebar aib orang lain bisanya juga akan dikucilkan. Maka dari itu bila agan ingin mempunyai banyak teman maka jagalah mulut agar tidak membicarakan aib orang lain.

6. Berusahalah untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.

“Kamu jangan memukul jika tak ingin dipukul”, ungkapan yang menggambarkan tentang hukum sebab akibat. Semua orang pasti tidak mau jika disakiti baik itu secara fisik maupun perasan. Berusahalah untuk jangan menyakiti perasaan orang lain. Karena bila sampai agan menyakiti perasaanya, maka akan sangat sulit baginya untuk sembuh dari rasa sakitnya walaupun agan sudah meminta maaf sekalipun.

Jika agan sudah menyakiti persaan seseorang, maka orang itu biasanya akan membenci agan dan kadang bisa menimbulkan dendam. Maka dari itu, jangan sampai agan menyakiti perasaan orang lain apalagi laki-laki. Karena harga diri laki-laki itu sangat tinggi.

7. Buat orang lain berhutang budi denganmu.

“Hutang emas dapat dibayar, hutang budi dibawa mati”. Dan hal itu bisa kita gunakan sebagai strategi untuk menambah teman. Contohnya saja saat ada orang yang sedang mendorong motor karena kehabisan bensin, agan bisa membantunya dengan memberikan sedikit bensin dari motor agan sehingga motor tersebut bisa dinyalakan, maka orang tersebut akan sangat berterimakasih dengan agan.

Ini bukan masalah pamrih saat menolong, tetapi hanya sebagai media agar bisa berteman atau malah bisa menambah saudara. Bila dia ingin mengganti bensin tersebut dengan uang, agan tidak usah menerimanya. Maka dengan begitu maka dia akan merasa berhutang budi dengan agan. Bisa saja dia malah meminta kontak agan dan bisa mengobrol tiap hari. Dengan begitu lama-lama bisa akrab dan menjadi teman dekat.

Selain itu, hal ini juga berguna bila sewaktu-waktu agan sedang butuh pertolongan maka agan bisa meminta tolong dia dan dia pasti mau membantu karena dulu dia pernah agan bantu.

8. Agan harus mempunyai solidaritas.

Solidaritas adalah hal yang utama dalam persahabatan. Dikala ada teman yang kesusahan maka kita akan ikut merasaknya dan akan membuat hati kita tergerak untuk menolongnya walaupun tanpa disuruh. Orang mana yang tidak mau berteman dengan orang yang bersolidaritas tinggi? Semua orang pasti ingin mempunyai teman yang bersolidaritas tinggi. Maka dari itu jadilah orang yang bersolidaritas.

Jika agan mempunyai solidaritas tinggi, tidak perlu susah payah pun pasti banyak orang yang mau berteman dengan agan. Untuk menjadi orang yang bersolidaritas sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika ada yang sedang sakit cobalah untuk menengoknya dan memberikan semangat, jika ada yang sedang sedih hiburlah dia dengan kata-kata penyemangat. Hal-hal yang sederhana seperti itu bisa menumbuhkan ikatan persahabatan yang kuat.

9. Jadilah orang pemaaf.

Cobalah jadi orang yang berlapang dada dan jangan suka membesar-besarkan masalah. Bila ada orang lain yang salah maka maafkanlah, tidak perlu dendam dan menyebarkan kesalahanya.  Begitu pula saat agan melakukan kesalahan, jangan malu-malu untuk meminta maaf. Walupun meminta maaf itu sederhanya tetapi sangat penting dan banyak orang yang belum bisa melakukanya.

Mulailah untuk jadi orang pemaaf, contohnya jika agan sedang marah dengan orang lain maka jangan bertemu atau berbicara denganya dulu. Jika marah agan sudah reda baru bicaralah denganya seperti biasa.  Memaafkan orang lain adalah hal yang sangat membantu untuk memperbanyak teman.

10. Jadilah orang yang pandai dalam banyak hal.

Jika agan adalah orang yang pandai dalam beberapa hal misalnya pandai dalam elektronik, komputer, atau yang lainya maka hal tersebut bisa sangat berguna untuk menambah teman. Misalnya saja ada orang lain yang sedang kesulitan membetulkan lampu dan agan membantunya maka hal itu sangat membuatnya berterimakasih terhadap agan.

Bila banyak orang yang tahu bahwa agan itu pandai dalam beberapa hal maka bisa akan banyak orang lain yang meminta bantuan dan mengandalkan agan. Dengan begitu tidak terasa agan sudah mempunyai banyak teman. Tetapi perlu diingat walaupun agan pandai jangan sampai menggurui, merasa yang paling benar, dan sombong.

11. Jangan jadi teman musiman.

Yang terakhir yaitu jangan menjadi teman musiman. Pasti agan bertanya-tanya, apa sih maksudnya teman musiman? Teman musiman yaitu teman yang berteman hanya saat orang lain sedang dalam keadaan senang atau saat agan sedang butuh bantuan sedangkann saat agan dibutuhkan agan menghilang dan pura-pura tidak tahu. Masih bingung maksunya? Oke deh saya jelaskan pakai perumpamaan saja.

Misalkan agan punya teman bernama Putra, dia ini pandai dalam bidang komputer. Suatu saat si Putra sedang ulang tahun dan mengadakan pesta makan gratis di rumahnya dan agan pun ikut pesta dan menjadi teman akrabnya. Tetapi suatu hari si Putra motornya mogok dan butuh pertolongan untuk menjemputnya. Dia menghubungi agan untuk meminta tolong tetapi karena agan malas maka agan pun menolaknya dengan alasan sedang berada di luar kota atau yang lainya.

Dan suatu saat komputer agan error dan berniat meminta tolong kepada si Putra karena dia pandai komputer. Nah kira-kira seperti itulah gambaranya. Pokonya agan jangan sampai menjadi seperti itu bila tidak ingin dijauhi orang lain.

Nah itulah sedikit cara yang sederhana agar kita mempunyai banyak teman. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa agan lakukan tetapi silakan agan kembangkan sendiri caranya. Tetapi jika agan mempraktekan cara diatas dengan baik maka agan pasti bisa mempunyai banyak teman.
Cukup sekian postingan kali ini jika ada yang kurang berkenan saya selaku admin mohon maaf sebesar-besarnya.

Bila agan ingin request artikel agar di muat di Indokids Blogger, agan bisa mengirim request lewat formulir yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mampir di blog sederhana ini.




2 comments:

  1. Cara di atas memang sederhana, tapi dampaknya akan sangat luar biasa. Makasih untuk tipsnya mas :)

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....