Saturday, 29 October 2016

Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Safe Mode


Hai minna-san, jumpa lagi dengan saya di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?

Kali ini saya akan membahas tentang fungsi fitur safe mode di komputer mulai dari cara masuk hingga fungsi dan manfaatnya. Karena banyak yang masih bertanya-tanya kenapa saat membersihkan virus banyak yang disarankan lewat safe mode. Ini dia pembahasanya, cekidot.....

PENGERTIAN SAFE MODE

Sebelum membahas lebih jauh, kita akan berkenalan dulu dengan safe meode. Apa sih yang dimaksud dengan safe mode?  Safe mode adalah salah satu mode booting dalam sistem windows dimana pada saat menggunakan mode ini windows akan berjalan dengan kondisi minimal, yaitu hanya aplikasi-aplikasi dan driver-driver penting saja yang dijalankan sehingga sebagian besar software yang bukan sistem tidak akan dijalankan.

CARA MASUK SAFE MODE

Untuk cara masuk ke safe mode cukup mudah, yaitu agan hanya perlu menekan tombol F8 sebelum logo windows muncul saat agan menghidupkan komputer. Setelah muncul pilihan, langsung pilih safe mode. Jika gagal ya agan tinggal mengulanginya lagi :D
Tanda jika agan sudah berhasil masuk safe mode yaitu ada tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.

FUNGSI DAN MANFAAT SAFE MODE

Manfaat pertama dari safe mode yaitu bisa untuk mendeteksi masalah pada komputer. Misalnya komputer agan sedang bermasalah mungkin suka hang atau freeze saat dalam mode normal, maka agan bisa coba untuk menghidupkan komputer dalam safe mode.

Cara mendeteksinya adalah jika saat dalam kondisi normal komputer agan tidak normal tetapi saat safe mode menjadi normal maka dapat disimpulkan bahwa masalahnya ada pada software atau driver yang agan install dan bukan dari kerusakan sistem windowsnya. Agan bisa mengcopot aplikasi atau software yang terindikasi menyebabkan masalah tersebut.

Manfaat kedua yaitu adalah untuk menghilangkan virus lebih efektif khusunya virus malware. Agan pasti sering mendengar saran bahwa menghilangkan virus harus dalam safe mode. Itu memang masuk akal karena jika kita menghilangkan virus dalam mode normal maka akan lebih sulit karena virus tersebut akan berusaha menghalangi dan mempertahankan diri agar tidak di hilangkan.

Beda cerita jika agan menscan virus lewat safe mode, itu akan lebih mudah karena virus tersebut tidak di load alias tidak dalam keadaan berjalan. Bahkan sebagian virus malware tidak akan bisa dibersihkan jika tidak melalui safe mode.

Manfaat ketiga yaitu mempermudah kita dalam mengakses system restore dan mengembalikan system ke waktu tertentu sesuai waktu restore point yang telah agan buat. Menggunakan fitur system restore memang bisa dilakukan dalam mode normal tetapi kadang karena masalah driver ataupun aplikasi yang tidak kompatibel menyebabkan kita sulit mengakses system restore dalam mode normal dan kadang malah bisa gagal booting karena kesalahan driver.

Satu-satunya jalan keluar ya harus melakukan system restore lewat safe mode. Cara merestore sistem di safe mode sama dengan saat di mode normal.

Manfaat keempat adalah untuk mengecek kerusakan masalah tampilan (VGA), apakah kerusakan terjadi pada hardware atau hanya pada driver saja. Ketika komputer agan bermasalah pada tampilan, agan bisa coba masuk dalam safe mode dan pilih “Enable VGA Mode”. Jika tampilanya normal maka dapat disimpulkan bahwa yang bermasalah ada pada driver VGA.

Manfaat lainya dari safe mode yaitu membuka registry editor, baik untuk memeriksa ataupun mengubah valuenya. Manfaat lainya untuk membuka control panel, administrative tool, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat dari safe mode pada komputer yang cukup banyak. Sehingga bila komputer agan sedanga bermasal nggak usah terburu-buru untuk membawa ke tukang servis dan bisa menghemat sedikit uang, hehe...

Terimakasih sudah bersedia mampir di blog sederhana ini...



2 comments:

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....