Tuesday, 1 November 2016

Hal yang Terjadi Ketika Tidak Sengaja Menelan Permen Karet


Hai minna-san, jumpa lagi dengan saya di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kabarnya baik.

Kali ini saya akan membahas tentang permen karet. Saya yakin agan pasti sudah pernah menkonsumsi permen karet. Permen karet memang sangat terkenal dikalangan anak-anak khususnya. Bahkan ketika kita sedang melakukan sesuatu, kita sering mengunyah permen karet untuk menghilangkan rasa bosan. Misalnya kita sedang ada kegiatan di sekolah dan kita menjadi panitia lomba yang bertugas untuk mengawasi jalanya acara, kadang-kadang kita merasa bosan.

Untuk mengurangi rasa bosan kita bisa sambil mengunyah permen karet, saya yakin kita akan merasa lebih asik. Permen karet setelah dikunyah dan sudah hilang rasa manisnya maka kita akan membuangnya dan mengunyah permen karet yang baru. Tetapi kadang anak kecil ada yang menelanya karena mungkin belum mengetahui bahwa permen karet tidak boleh ditelan.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah apa yang terjadi ketika kita menelan permen karet? Apakah permen karet berbahaya jika tertelan? Karena banyak orang tua yang menakut-nakuti anaknya bahwa jika mereka menelan permen karet maka permen karet akan lengket dan menempel di dalam perut selama bertahun-tahun dan tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan.

Sebenarnya ungkapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang permen karet tidak bisa dicerna secara sempurna oleh perut, hanya zat perasa dan pewarnanya yang bisa di cerna. Bahan utama dari permen karet biasanya terdiri dari lilin, resin, lemak, emulsifer, elastomer, pemanis, pewarna, dan penambah rasa buah.

Walaupun begitu bukan berarti bahwa permen karet yang tertelan akan lengket dan berada di dalam perut selama bertahun-tahun karena usus bisa menggerakan sisa-sisa permen karet yang tertelan pelan-pelan dan ikut keluar saat kita buang air besar. Meskipun permen karet itu elastis dan lenket, tetapi permenkaret tidak akan lengket di dinding usus karena pada saluran pencernaan sudah ada enzim yang membantu mencerna makanan dan membuat permen karet tidak lengket di dinding usus.

Didalam perut bahan permen karet yang bisa dicerna akan dicerna dan sisanya akan didorong keluar bersamaan saat kita buang air besar. Jika agan secara tidak sengaja menelan permen karet, segeralah minum air yang banyak agar permen karet terdorong dan tidak menghalangi kerongkongan yang bisa berakibat tersedak dan tidak bisa bernafas. Untuk mempercepat pengeluaranya agan bisa memperbanyak makan agar permen karet segera terdorong keluar dan dibuang.

Kesimpunlanya adalah bahwa permen karet itu jika tertelan tidak bisa dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan kita. Jika kita secara tida sengaja menelan permen karet, segerlah minum air yang banyak dan makan untuk membantu mendorong permen karet. Permen karet itu tidak berbahaya jika tertelan dan kasus meninggal karena menelan permen karet sangat kecil.

Sekian postingan tentang permen yang tertelan kali ini, jika agan ingin request artikel supaya diposting di Indokids Blogger, agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah ada di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog yang sederhana ini.




6 comments:

  1. memang susah banget kalau makan permen karet tuh gan, rasanya pengen telan terus haha.

    saran gan, tolong penulisan jangan terlalu rapat, jadi susah bacanya, kasih enter yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jangan ditelan lah gan, masak makan permen karet ditelan, hehe
      Makasih, saran saya terima...

      Delete
  2. dulu aku mikirnya, tuh permen karet bakal nempel gan.. nice info neh gan

    ReplyDelete
  3. waktukecil swneng banget nelenin permen karet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ente pemberani gan... Ane aja masih agak takut nelen permen karet, hehe

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....