Saturday, 5 November 2016

Kehebatan Bahasa Indonesia di Mata Dunia


Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kabarnya baik dan sehat.

Kali ini saya akan membahas tetang kehebatan bahasa nasional kita, Bahasa Indonesia.
Pernahkah agan tertidur saat sedang pelajaran di sekolah?
Mungkin kita agak malas belajar Bahasa Indonesia karena kita menilai bahwa Bahasa Indonesia itu membosankan karena setiap hari kita sudah memakainya, jadi kita tidak perlu untuk belajar Bahasa Indonesia.

Kita lebih semangat ketika mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Jepang karena terkesan unik. Namun taukah agan jika Bahasa Indonesia itu termasuk bahasa yang terkenal dan banyak dipelajari di luar negeri?

Mungkin agan kaget mendengarnya dan terkesan kurang percaya. Tenang, saya akan mengulas beberapa hal yang membuat Bahasa Indonesia hebat di mata dunia, ini dia ulasanya...

Bahasa yang banyak digunakan di luar negeri


Kita boleh merasa bangga menjadi warga negara Indonesia, karena sudah lebih dari 45 negara didunia yang mempelajari Bahasa Indonesia. Beberapa negara yang mempelajarinya yaitu Italia, Mesir, Vietnam, Jepang, dan Australia. Salah satu yang membuat banyak negara memelajari Bahasa Indonesia karena di Indonesia banyak sekali budaya dan kearifan lokal yang sangat unik dan masih terjaga.

Sehingga jika mereka mau meneliti tetang sesuatu yang berkaitan dengan budaya dan sejarah pasti akan belajar Bahasa Indonesia terlebih dahulu karena Indonesia adalah pusatnya budaya dan sejarah. Karena faktor tersebut membuat banyak negara yang mempelajari Bahasa Indonesia dan membuat Bahasa Indonesia masuk dalam 10 besar bahasa yang paling banyak dipelajari dan digunakan di dunia, hebat!

Bahasa Paling Populer di Australia


Di Australia, Bahasa Indonesia menjadi bahasa paling populer ke empat. Sudah lebih dari 500 sekolah pada tingkat dasar yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Itu masuk akal karena Indonesia dan Australia sudah sanagt sering menjaliin kerjasama dalam bidang pendidikan dan budaya.

Di Indonesia pun juga sangat banyak warga negara Indonesia yang menetap dan bekerja, otomatis mere juga menguasai Bahasa Indonesia. Saat ini Bahasa Indonesia sudah menjadi mata pelajaran wajib bagi sekolah dasar di Australia, seperti di Indonesia. Bahkan sudah banyak Universitas Australia yang nebyediakan jurusan Bahasa dan Sasatra Indonesia.

Itulah yang membuat Australia menjadi negara yang paling populer dalam mengembangkan Bahasa Indonesia. Jadi agan jangan kaget jika sewaktu-waktu berkunjung ke Australia dan ada anak-anak yang menyapa dengan “Selamat siang, bagaimana kabarmu hari ini?” hehe...

Pusat Studi Indonesia di Afrika


Di benua Afrika, Mesir menjadi salah satu negara yang paling intensif mengembangkan Bahasa Indonesia gan. Bahkan mereka sudah membangun tempat khusus untuk usat studi tentang Indonesia. Pusat Studi ini berda di Suez Canal University. Yang dipelajari lumayan lengkap, yaitu mencakup ideologi, politik, sosial, budaya, dan juaga pertahanan keamanan Indonesia.

Menjadi Bahasa Pilihan di Website Klub Sepak Bola


Sebagian besar orang pasti mengenal klub sepak bola Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Tiga klub terkenal tersebut sudah meluncurkan website resmi mereka yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hal itu menunjukan bahwasanya mereka mempunyai minat yang sangat tinggi terhadap Bahasa Indonesia. Salah satu alasanya karena mereka mempunyai jutaan fans yang berasal dari Indonesia.

Sudah di Pelajari Lama di Jepang


Di negara Jepang sudah lama didirikan lembaga-lembaga studi tentang Bahasa Indonesia gan. Salah satu contohnya yang populer adalah Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang ysng di dirikan sejak 1969. Anggotanya dari berbagai kalangan seperti akademisi Jepang yang mengajar Bahasa Indonesia dan berbagai aspek lain tentang Indonesia.

Sudah sejak tahun 1992 organisasi ini melakukan ujian tentang kemampuan berbahasa Indonesia. Sudah lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti ujian kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai tingkatan atau level.

Sudah ada beberapa perguruan tinggi Jepang yang mengadakan jurusan Bahasa Indonesia, antara lain Universitas Setsunan, Universitas Sango Kyoto, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Tenri, dan Universitas Kajian Asing Tokyo.

Bahasa yang Diprioritaskan  di Vietnam


Vietnam merupakan salah satu negara yang sangat menghormati Bahasa Indonesia. Karena disana posisi Bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Jepang, bahasa Perancis, dan bahasa Inggris. Bahkan sejak tahun 2007 Bahasa Indonesia sudah diresmikan oleh pemerintah daerah Ho Chi Minh City sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam. Sehingga Vietnam menjadi negara kedua setelah Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi mereka.

Itulah beberapa fakta yang menunjukan bahwa Bahasa Indonesian sangat populer di luar negeri. Mungkin suatu saat nanti bisa menjadi bahasa internasional. Maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan terhadap Bahasa Indonesia. Negara lain saja sangat menghargai Bahasa Indonesia, masa kita sebagai pemilik malah tidak menghargai..

Sekian bahasan tentang kehebatan Bahasa Indonesia di mata dunia, jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah tertera di panel blog.

Terimakasih sudah bersedia mengunjungi blog sederhana ini...
#Aku_Cinta_Indonesia




2 comments:

  1. ndonesia emang negara hebat cuma skrng pemimpin2 nya aja pada haus jabatan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Mungkin Indonesia harus meniru kebijakan China. Pejabat yang menyalahgunakan jabatanya atau korupsi, langsung dihukum mati

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....