Thursday, 10 November 2016

Metode Mebobol ATM yang Biasa Dilakukan Penjahat



Yahallo minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kabarnya selalu baik dan sehat.

Kali ini saya akan membahas tentang metode menbobol ATM yang sering dilakukang oeh penjahat. Karena sudah sangat sering terjadi kejahatan seputar ATM dan sudah tak terhitung jumlah korbanya.

Walaupun keamanan ATM sudah diperketat dengan memasang CCTV di setiap mesin ATM dan mengenkripsi seluruh lalu lintas data yang berhubungan dengan aktivitas perbank-kan tetapi para penjahat tidak kalah cerdik. Mereka juga sudah menggunakan metode-metode yang canggih, berikut metode-metode yang sering dilakukan oleh para penjahat ATM saat beraksi.

Card Trapping

 


Inti dari card trapping adalah membuat suatu kondisi supaya kartu ATM korban menjadi tersangkut dan tidak bisa keluar. Di Indonesia kasus card trapping dulu sempat merebak dan memakan banyak korban. Umumnya metode yang dilakukan oleh penjahat untuk membuat kartu ATM macet adalah dengan menyumbat mulut card reader pada mesin ATM.

Kerena mulut card reader dibuat pas dengan ukuran kartu ATM maka para penjahat bisa dengan mudah membuat kartu ATM macet hanya dengan menyumbat walau hanya memakai batang korek api saja. Jika di luar negeri biasanya penyumbatan dilakukan menggunakan plastik film (Lebanese Loop) yang dibuat mempunyai potongan miring sedemikian rupa sehingga bisa menyumbat mulut card reader walaupun ketebalanya sangat tipis.

Keuntungan memakai plastik film adalah karena plasti film sudah mempunyai ketebalan yang sangat tipis dan tidak mudah koyak sehingga para pelaku dengan mudah menyusupkanya di mulut card reader mesin ATM serta para korban tidak akan menyadari akan keberadaan plastik film tersebut.
Stiker Call Center Palsu

Metode yang satu ini para pelaku penjahat ATM memanfaatkan keteledoran para korban yang kurang hati-hati. Stiker call center palsu biasanya di tempel di mesin ATM oleh si pelaku. Metode ini di lakukan bersamaan dengan metode Card Trapping, sehingga setelah kartu ATM macet di mulut card reader biasanya korban akan panik. Saat panik maka korban akan mudah jatuh ke perangkap stiker call center palsu yang di pasang pelaku sehingga korban akan langsung menghubunginya.

Saat korban menghubungi nomor call center palsu, pelaku akan berpura-pura sebagai customer service dan akan menanyakan informasi seputar kartu ATM-nya. Customer service palsu tersebut akan menanyakan nomor pin dari kartu ATM tersebut dengan dalih untuk proses penguncian kartu ATM dan sebagai bukti bahwa penelpon tersebut adalah pemegang kartu ATM yang sah. Saat pelaku sudah mendapat informasi, mereka akan segera mengambil kartu ATM yang tersangkut tersebut.

Perlu agan perhatikan bahwa saat kamu meghubungi customer service di bank resmi, para pegawai bank tidak pernah meminta kamu untuk menyebutkan pin ATM kamu sehingga jika kamu menemukan seseorang yang mengaku sebagai customer service dan meminta kode pin ATM bisa dipastikan orang itu adalah penipu.

Untuk menghindari agar tidak menjadi korban kejahatan ATM kamu perlu memastikan bahwa mesin ATM yang kamu gunakan tersebut benar-benar aman tanpa ada hal yang mencurigakan seperti adanya stiker customer service palsu maupun pengganjal ATM di mulut card reader. Jika terjadi sesuati lebih baik langsung mendatangi bank yang bersangkutan.

Skimmer

 


Skimmer adalah nama sebuah alat yang diletakan di mulut card reader pada mesin ATM. Fungsi dari alat ini adalah untuk membaca atau menscan data yang ada pada pita magnetik kartu ATM saat bergesekan dengan skimmer saat memasukan kartu ATM ke card reader. Terus apa yang akan dilakukan pelaku dengan data-data yang diperoleh tersebut?

Dengan data tersebut pelaku akan membuat dupliksi kartu ATM yang bisa dia gunakan untuk bertransaksi selayaknya pemilik kartu asli. Para korban dari pelaku skimmer ini tidak akan menyadarinya karena kartu ATM korban yang asli tetap bisa di gunakan untuk bertransaksi. Biasanya korban akan menyadarinya saat dia merasa bahwa saldo di rekeningnya cepat habis padahal dia tidak melakukan transaksi. Apakah kartu Atm itu bisa di duplikasi? Jawabanya bisa, sangat bisa!

Jika kamu ingin mengetahui para pelaku duplikasi kartu ATM dan kartu kredit, cek saja di website mereka di deep web. Mereka membuka jasa duplikasi kartu ATM dan kartu kredit tetapi dengan data yang diberikan oleh penyewa alias mereka hanya menawarkan pembuatan duplikasinya saja.

Untuk membuat duplikasi ATM, pelaku memperlukan alat yang namanya card cloning atau yang biasa disebut magnetic card writer dan kartu ATM kosong. Alat klonig kartu ATM saat ini sudah sangat canggih, hanya perlu menggunakan komputer untuk pengoprasianya karena sudah mempunyai port USB dan langsung bisa digunakan untuk memasukan data ke kartu ATM kosong seperti halnya memasukan data ke dalam DVD.

PIN Capturing

Skimmer berguna untuk menscan data yang terdapat pada magnetic stripe kartu ATM. Tanpa Pin, data tersebut tidak akan bisa digunakan sehingga pelaku perlu mencari kode pin ATM. Modus yang digunakan untuk mencari pin ATM disebut ATM capturing dan metodenya sangat beragam. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan memasang kamera perekam kecil di atas keypad mesin ATM.

Para korban tidak akan menyadari adanya kamera perekam di atas keypad karena memang keypad pada mesin ATM dibuat agar tidak bisa terlihat dengan mudah oleh orang lain agar pin yang kita masukan tidak di lihat orang lain.

Metode lain yaitu dengan memasang keypad palsu pada mesin ATM yang dipasang sedemikian rupa sehingga korban tidak akan menyadari bahwa yang dia tekan adalah keypad palsu. Saat ditekan keypad akan langsung mengirimkan data-data pin ke server pelaku yang sudah di setting sebelumnya untuk mencapture pin.


Jika cara mendapatkan pin ATM diatas menggunakan alat, maka ada metode lain yang tidak menggunakan alat. Pelaku akan berpura-pura mengantre  di mesin ATM tetapi diam-diam mencatat pin ATM yang dimasukan oleh korban, cara ini populer dengan sebutan shoulder surfing.

Itulah beberapa metode yang digunakan oleh para pelaku kejahatan ATM. Saya tidak ada niat untuk mengajarkan kejahatan tetapi tujuan dari tulisan ini semata-mata agar kita lebih waspada dan berhati-hati saat mengambil uang di ATM. Berhati-hatilah karena kejahatan ada dimana-mana.

Jika agan ingin request artikel, silakan kirim permintaan melalui formulir yang sudah tertera di panel blog.

Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini..




4 comments:

  1. ow pinter2ya pembobol :3 serem deh

    ReplyDelete
  2. Iya gan, makanya kita harus selalu hati²...

    ReplyDelete
  3. harus ekstra hati-hati ni gan.

    http://tutoride.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....