Wednesday, 18 January 2017

Mitos Paling Populer Di Indonesia



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?.

Kali ini saya akan membahas tentang mitos-mitos yang beredar luas di masyarakat. Mitos-mitos ini cukup terkenal dan tidak sedikit orang-orang yang mempercayainya. Mungkin agan juga pernah mendengar salah satu dari mitos-mitos terkenal yang beredar di masyarakat. Biasanya mitos yang beredar di masyarakat berhubungan erat dengan budaya kearifan lokal.

Mitos-mitos tersebut umumnya digunakan oleh orang tua untuk mengingatkan anak-anaknya agar tidak melakukan sesuatu yang dipandang kurang etis. Saya sendiri terlahir di tanah Jawa dimana masih kental dengan kepercayaan akan mitos-mitos. Saya pun masih ingat betul nenek saya waktu itu banyak memperingatkan saya dengan mitos-mitos yang dulu masih banyak dipercaya.

10 Mitos Paling Populer Di Indonesia

 


1. Burung Pipit Yang Berkicau Di Sekitar Rumah

Burung pipit atau yang lebih dikenal dengan sebutan "prenjak" bila berkicau di dekat rumah maka dipercaya bahwa rumah tersebut akan segera mendapat tamu. 

Posisi burung prenjak yang berkicau ternyata juga memiliki arti tersendiri. Bila sumber suara kicauan berasal dari sisi depan atau samping kanan rumah berarti tamu tersebut akan membawa kabar baik dan kebaikan. Namun jika sumber suara kicauan berasal dari samping kiri dan belakang rumah berarti tamu tersebut membawa kabar buruk atau malapetaka.

2. Kupu-Kupu Di Dalam Rumah

Mitos ini hampir sama dengan burung prenjak yang berkicau di sekitar rumah, jika ada seekor kupu-kupu masuk ke dalam rumah dan terbang berputar-putar atau bahkan hinggap maka tandanya rumah tersebut akan kedatangan tamu. Jika kupu-kupu tersebut hinggap di tubuh salah satu anggota keluarga maka dipercaya bahwa tamu yang akan datang adalah kerabat dekat.

3. Burung Gagak Berputar-Putar Di Atas Rumah

Burung gagak dari dulu memang sudah dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Karena gagak sendiri sangat sering muncul di film-film horror dan memang dari segi klasifikasi gagak adalah hewan pemakan bangkai. Jika ada gagak yang terbang berputar-putar di atas suatu rumah maka itu tandanya salah satu penghuni rumah tersebut akan meninggal. Karena banyak orang percaya bahwa insting hewan sangat tajam, dalam hal ini gagak mencium aroma kematian dan menunggu "bangkai manusia" sebagai makananya.

4. Ayam Jantan Yang Berkokok Di Sore Hari Atau Tengah Malam

Hewan mempunyai insting yang peka terhadap hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Dan masih banyak orang-orang yang percaya bahwa jika ada ayam jantan yang berkoko di waktu malam hari atau sore menjelang malam maka itu tandanya ada makhluk halus. Untuk mitos yang satu ini saya pun masih mempercayainya gan..

5. Celaka Bila Menabrak Kucing Sampai Mati Di Jalan

Mitos yang menyebar di masyarakat yaitu jika kita menabrak kucing hingga mati maka kita akan mendapat nasip sial dan celaka. Jadi banyak orang yang mengambil mayat kucing yang ditabrak dan dikuburkan di rumah agar terhindar dari nasip sial dan celaka. Entah mitos ini benar atau tidak, namun memang seharusnya jika kita menabrak kucing hingga mati maka kita harus mengambil mayatnya dan menguburkanya.

6. Anak Gadis Dilarang Duduk Di Pintu

Di tanah Jawa ada mitos yang melarang para anak gadis duduk di pintu. Para orang tua dulu mengatakan bahwa jika ada anak gadis duduk di pintu bisa menyebabkan sulit mendapat jodoh. Sebenarnya mitos ini hanya untuk mengingatkan agar para gadis tidak duduk di pintu karena memang kurang etis dan kurang pantas.

7. Tidak Boleh Foto Bertiga

Sebenarnya mitos ini tidak terlalu terkenal. Mitosnya yaitu jika ada orang yang melakukan foto bertiga maka orang yang ada di tengah akan meninggal. Jujur saja saya tidak percaya dengan mitos ini karena yang menentukan hidup mati seseorang adalah Tuhan. Saya juga sering berada di tengah saat foto bertiga, sampai saat ini saya sehat-sehat saja dan masih bisa menulis postingan ini. Hehe...

8. Ibu Hamil Tidak Boleh Sering Menangis

Menurut mitos yang beredar, jika ibu yang saat sedang hamil sering menangis maka anak yang dilahirkan akan menjadi cengeng dan mudah menangis. Untuk mitos yang satu ini saya sendiri juga tidak tahu kebenaranya gan, karena saya belum pernah mengetahui ada kasus yang seperti ini. Mungkin tujuan dari mitos ini adalah untuk mengingatkan agar para ibu hamil jangan sering-sering menangis.

9. Jangan Suka Menggigit Bibir Bagian Bawah

Menggigit bibir bagian bawah merupakan sesuatu yang dilarang oleh para tetua tanah Jawa. Karena menurut kepercayaan para tetua tanah Jawa jika kita sering menggigit bibir bagian bawah bisa menyebabkan rezeki kita seret dan bisa bernasib buruk.

10. Jangan Bersiul Di Petang Atau Sore Hari

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa bila kita bersiul di petang atau malam hari maka bisa mengundang makhluk halus. Jika makhluk tersebut sudah datang maka dia akan membalas siulan kita. Masyarakat tanah Jawa memang masih kental dengan kepercayaan-kepercayaan tentang makhluk gaib dan kejawen. Saya sendiri pun dulu pernah di peringatkan oleh nenek saat saya bersiul di malam hari.

Nah itulah gan beberapa mitos yang berkembang di masyarakat. Karena Indonesia masih sangat lekat dengan unsur budaya dan kearifan lokalnya. Bisa jadi mitos-mitos tersebut adalah metode yang digunakan para leluhur kita untuk mengingatkan kita agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang kurang baik. 

Semua kembali pada diri kita masing-masing, boleh percaya dan juga boleh tidak percaya dengan mitos-mitos tersebut. Namun jangan lupa bahwa nasib, rezeki, dan umur itu sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request ke alamat email yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog yang sederhana ini.




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....