Sunday, 5 February 2017

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagamana kabarnya hari ini? Semoga selalu baik dan sehat.

Kali ini saya akan membahas mengenai cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Alasan saya membuat postingan ini karena banyak sekali teman-teman saya yang mengalami masalah seputar jerawat. Namun saya pribadi tidak mempunyai masalah seputar jerawat karena saya memang tidak mempunyai jerawat. Kuncinya yaitu menjaga kebesihan terutama wajah.

Berikut sudah saya kumpulkan beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cara alami tentunya. Silahkan dipilih mana yang kiranya cocok untuk agan, karena setiap orang mempunyai karakter kulit yang berbeda. Ada yang sensitif dan ada yang tidak terlalu sensitif.

Jika menimbulkan efek samping saat penggunaanya, mohon hentikan penggunaanya saat itu juga.

15 Cara Menghilangkan Jerawaat Secara Alami




1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk banyak mengandung Asam Alpha dan Vitamin C sehingga bisa membersihkan pori-pori kulit dari sumbatan debu dan kotoran hingga mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan jerawat cukup mudah. Jemur kulit jeruk hingga kering dan haluskan. Gunakan serbuk kulit jeruk tadi untuk masker dengan menambahkan air secukupnya dan oleskan pada wajah yang berjerawat.

2. Pasta Gigi

Jangan salah, pasta gigi juga bisa agan gunakan untuk menghilangkan jerawat. Karena kandungan Hidrogen Peroksida, Triklosan, dan Flouride dalam pasta gigi dapat mengeringkan jerawat, mencegah iritasi, serta mengurangi peradangan pada wajah.

Cara penggunaanya yaitu oleskan pasta gigi pada jerawat secara langsung, tidak usah mengoleskanya secara merata diwajah. Biarkan selama 2 jam atau tunggu semalaman, lalu bilas dengan air. Untuk menghindari ruam pada kulit, pilihlah pasta gigi yang kandungan flouridenya rendah atau jika ada gunakan pasta gigi yang organik.

3. Baking Soda

Fungsi dari baking soda adalah untuk menetralkan keasaman pada kulit sehingga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.  Fungsi lainya adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit. Cara penggunaanya yaitu campur 2 sendok baking soda dengan 1 sendok air. Oleskan pada jerawat dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Perlu diperhatikan, untuk kulit yang sensitif kadang bisa menimbulkan ruam. Jika agan mengalami ruam di kulit setelah menggunakanya maka hentikan pemakaian baking soda.

4. Buah Mentimun

Banyak yang belum mengetahui bahwa buah mentimun memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan Vitamin C, Asam Amino, Mineral, dan Antioksidan dapat membersihkan jerawat dan melembabkan kulit serta juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Cara penggunaanya pun sangat mudah, cukup potong tipis mentimun dan tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Jika agan ingin membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh maka minumlah jus mentimun yang sudah ditambah perasan jeruk nipis.

5. Tomat

Karena tomat kaya akan Vitamin C dan Vitamin A maka juga bisa agan gunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan cara menempelkan irisan tomat pada area kulit yang berjerawat. Biarkan menempel selama 10 hingga 15 menit dan lakukan secara rutin maka secara berangsur-angsur jerawat akan menghilang.

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau Tea Tree Oil merupakan minyak hasil penyulingan daun tanaman Malaeuca yang berasal dari Australia. Dalam minyak pohon teh terkandung zat Terpenoid yang bisa menhilangkan bakteri penyebab jerawat.

Cara peggunaanya yaitu campurkan 5 ml minyak pohon dengan air sebanyak 95 ml. Lalu oleskan pada kulit yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Namun untuk kulit yang sensitif kadang bisa menimbulkan efek ruam kemerahan dan gatal pada kulit. Jika agan menemukan reaksi seperti itu lebih baik segera hentikan pemakaianya.

7. Gula

Pada gula murni terkandung zat Asam Glikola dan AHA yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat, membersihkan bekas jerawat, dan mengangkat sel-sel kulit mati.  Gula juga bisa membunuh virus penyebab jerawat karena dinding sel virus pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

Cara penggunaanya yaitu buatlah pasta gula dengan mencampur sebanyak 2 sendok gula dan 1 sendok air. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 - 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam laktat dan asam malat yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan juga antiksidan yang berfungsi mempercepat proses regenerasi kulit yang terkena jerawat.

Cara penggunaanya yaitu campurkan 5 ml cuka apel dan 95 ml air. Lalu oleskan ke bagian kulit yang terkena jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk lebih efektifnya gunakan sebelum agan tidur dan biarkan semalaman, pada pagi harinya baru dibilas menggunakan air hangat.

9. Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk mngatasi jerawat karena bisa mengecilkan pori-pori pada kulit sehingga bisa mengurangi minyak pada wajah yang menjadi penyebab jerawat. Putih telur juga mengandung Enzim Lyozim yang bisa menghancurkan diding sel bakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaanya yaitu ambil putih telur dan kocok hingga mengembang lalu oleskan pada wajah hingga mengering. Setela kering lalu bilas menggunakanair hangat.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya banyak mengandung zat-zat aktif yang bisa mengusir jerawat, sehingga ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Beberapa diantaranya yaitu Mineral, Antioksidan dan Hormon Giberelin yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, Hormon Polisakarida, Vitamin E dan VitaminE yang mampu mempercepat penyembuhn kulit akibat jerawat.

Cara penggunaanya yaitu ambil gel pada lidah buaya dan haluskan. Lalu oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat dan biarkan selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin.

11. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga mempunyai manfaat lain yaitu sebagai antivirus, antioksidan, anti-jamur, dan antiseptik karena mengandung senyawa Allicin. Kandungan sulfur yang tinggi pada bawang putih juga sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kulit seperti jerawat.

Cara penggunaanya yaitu potong tipis bawang putih dan gosok-gosokan atau tempelkan pada bagian jerawat. Biarkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

12. Masker Madu Dan Alpukat

Madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit karena mengandung senyawa Hidrogen Peroksida yang bersifat antibakteri, sehingga madu dan alpukat merupakan kombinasi yang bagus untuk mengatasi jerawat.

13. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin dan antioksidan sehingga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengurangi peradangan pada kulit, serta mengatasi kulit kemerahan karena jerawat.

Cara penggunaanya yaitu haluskan pepaya sampai menjadi bubur dan tambahkan madu atau lemon. Lalu oleskan pada wajah yang ada jerawatnya dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

14. Buah Lemon

Buah lemon mengadung Asam Askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit yang terkena jerawat. Semua orang juga sudah mengenal lemon sebagai buah yang baik untuk mencerahkan kulit terutama wajah.

Cara penggunaanya yaitu peras jeruk lemon dan oleskan air perasan tadi pada wajah. Tunggu selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

15. Es Batu

fungsi dari es batu yaitu mengecilkan pori-pori, melancarkan sirkulasi darah pada area yang berjerawat, membunuh bakteri, menghilangkan kotoran dan minyak pada wajah.

Cara penggunaanya yaitu bungkus es batu dengan kain lalu tempelkan dan tahan pada area jerawat secara merata.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi jerawat secara alami yang semoga saja bermanfaat bagi anda yang sedang dirundung masalah seputar jerawat.

Jika agan ingin request artikel, silahkan kirim request via formulir yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....