Tuesday, 11 April 2017

Kelebihan dan Kekurangan dari Browser Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Chrome



Hai minna-san, jumpa lagi Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Setelah sekian lama saya tidak update karena kesibukan yang tidak bisa saya tinggalkan, akhirnya saya bisa menulis lagi.

Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa aplikasi web browser tentang kelebihan dan kekuranganya. Sebenarnya aplikasi web browser itu sangat banyak, mulai dari Safari, UC Browser, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Google Chrome, Advant Browser, Deepnet Explorer, PhaseOut,  K-Melon, Dolphin, dan lain sebagainya.

Tetapi karena keterbatasan saya dan mempertimbangkan banyaknya pengguna browser tersebut maka saya hanya akan mengulas Mozilla Firefox, Internet Explorer, Googe Chrome, dan Opera saja. Jika ada kesempatan lain maka saya akan mengulas aplikasi browser lain, harap di maklumi ya gan...

Sebenarnya informasi ini saya ambil dari blog MTN tekno , terimakasih buat agan mimin blog tersebut karena sudah memperbolehkan untuksaya repost dan re-edit di blog ini. Jika agan ingin mengetahui informasi seputar teknologi silakan kunjungi blog tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan dari Browser Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Chrome



Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita membahas dulu mengenai web browser secara umum. Apa sih sebenarnya web browser itu?. Jika menilik dari fungsinya maka dapat kita simpulkan bahwa web browser adalah suatu alat yang kita gunakan untuk berselancar di internet. Namun lebih spesifik lagi fungsi utama dari broser adalah untuk menampilkan dokumen HTML.

Selain itu, ada beberapa browser yang mempunyai fungsi lain yaitu seperti Microsoft Edge yang bisa digunakan untuk membaca dokumen berformat PDF dan UC Browser yang bisa digunakan untuk membaca file multimedia seperti gambar dan video.

1. Mozilla Firefox

Siapa yang tidak mengenel browser satu ini? Dengan logo "Fox" ciri khas nya ini merupakan browser yang sangat populer dikalangan para pengguna internet.  Keunggulan dari browser ini adalah mempunyai desain antar muka yang bagus dan juga dapat dipasangkan dengan ratusan Add Ons yang bisa agan download.

Saya pribadi juga menggunakan browser ini sebagai alat perambahan default di laptop saya. Saya sangat menyukai tampilan dari browser ini yang terlihat enak dipandang dan juga komptible dengan semua bahasa dokumen HTML.

Namun yang namanya ciptaan manusia pasti tidak akan luput dari yang namanya kekurangan. Begitu juga dengan browser ini, salah satu kekuranganya yaitu browser ini cukup berat di jalankan oleh komputer yang memiliki spek pas-pasan. Apalagi saat membuka banyak situs yang menjalankan banyak Javascript secara bersamaan, maka akan terasa sangat berat.

Kelemahan lainya yaitu jika ada salah satu tab yang not responding maka seluruh aplikasi akan ikut not responding juga. Belum lagi aplikasi ini sering crash dengan aplikasi lain, agan lihat saja dari beberapa versi rilisan Mozilla Firefox pasti ada banyak yang tidak kompatibel dengan beberapa versi dari Internet Download Manager. Secara keamanan browser ini juga rentan terhadap serangan malware salah satunya yaitu yang menyamar sebagai iklan pop up.

2. Opera

Browser ini juga cukup populer, tetapi entah mengapa saya kurang suka dengan browser ini karena tampilanya kurang enak dipandang. Entah kerena mememang tampilanya kurang bagus atau karena selera saya berbeda dengan kebanyakan orang lainya. Apakah agan juga berpendapat demikian?

Namun berdasarkan informasi yang saya dapat, browser ini termasuk browser tercepat pada versi turbo-nya, namun saya sendiri juga belum mencobanya. Namun saya akui bahwa browser ini termasuk ringan dan enteng untuk komputer berspek rendah sekalipun. Pemanggilan cache menggunakan browser ini juga cepat.

Dan dari segi keamanan browser ini sudah cukup bagus karena bisa memblok malware dengan fitur ad-block nya. Kekurangan dari browser ini antara lain tidak dapat membaca dokumen dengan format tertentu seperti XML, agak lambat saat memuat situs karena lambat dalam membaca script, dan sering terjadi kesalahan saat menyimpan halaman.

3. Internet Explorer

Reputasi browser ini cukup bagus namun tidak ada yang "wah" dari browser ini. Untuk Internet Explorer 8 memiliki tampilan yang lebih menarik dan elegan. Browser ini juga menyediakan beberapa add-ons namun tidak sebanyak milik Mozilla Firefox.

Dari segi kecepatan memuat laman browser ini juga tidak terlalu cepat,  malah terkesan lambat. Saat membuka halaman yang mengandung script CSS sering mengalami gagal memuat dan antar muka beberapa situs juga tidak ditampilkan secara benar terkesan berantakan.

4. Google Chrome

Ini adalah browser kedua yang paling saya sukai setelah Mozilla Firefox. Memiliki tampilan yang enak dipandang yang terkesan minimalis dan sederhana. Operasionalnya juga ringan dan mudah, memiliki banyak add-ons yang dapat diaplikasikan. Browser ini juga tergolong aman dan tahan dari serangan malware.

Yang saya suka dari browser ini yaitu jika salah satu tab mengalami not responding maka tab yang lain tidak ikut not responding.  Bagi para desainer web pasti menggunakan Google Chrome sebagai perambahan yang dijadikan untuk mengeksekusi script karena kemampuanya membaca script sangat bagus. Namun untuk mengistall browser ini harus secara online karena tidak tersedia offline installernya. Kecepatanya pun juga masih kalah dengan Mozilla Firefox.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari web browser yang sering kita pakai. Kita memang menginginkan sesuatu yang "perfect" atau sempurna, tetapi apa daya kita sebagai manusia ini penuh dengan keterbatasan. Begitu juga dengan web browser yang notabene adalah buatan dari manusia. Namun secara garis besar aplikasi web browser diatas sudah lebih dari layak untuk kita gunakan.

Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirimkanya ke formulir yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah bersedia meluangkan waktu untuk mengunjungi blog yang sederhana ini.



4 comments:

  1. Om denjaka hitam..
    Daily task ya om jgn di accept

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh kok sampe di blog ane sih om :D
      Iya deh iya... :D

      Delete
  2. wah sangat bermanfaat bahkan saya baru tau hehehe makasih infonya mas

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....