Tuesday, 11 April 2017

Tips Aman Belanja di Online Shop




Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips saat mau membeli sesuatu melalui online shop agar tidak menjadi korban toko online shop abal-abal. Tips ini saya ambil dari pengalaman saya beberapa kali membeli barang di online shop. Karena jujur saja saya jika ingin membeli sesuatu pasti pertama kali mengecek di situs jual beli online walaupun hanya sekedar mencari tahu harga barang tersebut. Jika cocok kadang langsung membeli di online shop. Berikut beberapa tips yang sudah saya rangkum:

Tips Aman Belanja di Online Shop


1. Cari online shop yang sudah mempuyai banyak konsumen

Carilah online shop yang sudah lama beroprasi, karena biasanya mempunya konsumen yang sudah banyak. Jika online shop tersebut sudah memiliki banyak konsumen maka dapat disimpulkan bahwa oline shop tersebut memang mepunyai reputasi yang bagus. Beberapa ciri-cirinya yaitu online shop tersebut sudah banyak yang memberikan like, testimoni, dan rujukan.

2. Cari web online shop yang profesional

Online shop yang sudah profesional bisa agan lihat dari pelayananya terhadap konsumen, mulai dari keramahanya CS saat kita menghubungi mereka dan juga bisa dilihat dari tampilan websitenya. Online shop yang besar dan profesional juga tentu memiliki website yang prefesional pula.

3. Cari online shop yang mempunyai testimoni yang baik dari konsumen

Carilah online shop yang sudah mempunyai kredibilitas yang baik dimata konsumen. Agan bisa menilai dari kepuasan konsumen yang disapingkan melalui testimoni. Jika testimoninya bagus maka dapat disimpulkan bahwa online shop tersebut memang bagus, bukan abal-abal.

4. Hindari transaksi dengan nominal yang besar

Bertransaksi dengan nominal yang besar melalui online shop itu bagaikan melakukan pertaruhan, karena ada kemungkinan kita akan kehilangan materi tersebut. Saya pribadi jika  melakukan transaksi yang nominalnya besar maka sebisa mungkin untuk bertatap  muka langsung dengan pihak yang saya ajak bertransaksi untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Lihat harga barang yang ditawarkan

Sebelum membeli suatu barang maka biasakan untuk melihat harga umum barang tersebut dipasaran untuk dijadikan tolok ukur. Jika harganya terlampau murah maka agan perlu untuk berpikir kembali untuk bertransaksi. Kemungkinannya barang tersubut mungkin kondisinya kurang bagus atau memang itu murni penipuan.

6. Gunakan sistem COD (Cash on Delivery)

Jika saya membeli lewat online shop saya selalu menggunakan sistem COD, baik pada saat mengecek kondisi barang maupun saat melakukan proses pembayaran. Hal ini sangat efektif untuk menghindari penipuan dan kecurangan. Karena kita bertatap muka langsung dengan penjual dan mengecek barangya sendiri.

Itulah gan beberapa tips aman berbelanja di online shop yang saya ambil dari pengalaman pribadi, semoga bermanfaat untuk agan.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request ke alamat email yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah menyempatakan diri untuk mengunjungi blog yang sederhana ini.




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....