Breaking

Sunday, 30 July 2017

Aplikasi Pemutar Video Gratis di Komputer Terbaik

Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai beberapa aplikasi pemutar video terbaik yang berhak cipta Copyleft alias freeware atau gratis. Tentunya walaupun gratis, aplikasi yang akan saya bahas ini memiliki performa yang bagus dan sudah banyak dipakai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Aplikasi yang bagus dan berbayar itu sudah biasa, namun jika ada aplikasi yang gratis dan mempunyai kinerja yang bagus kan luar biasa.

4 Aplikasi Pemutar Video Freeware (Gratis) Terbaik


1.    1. Media Player Classic (MPC)




Agan pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pemutar multimedia ini, karena dapat membaca file mulai dari audio sampai video. Saya yakin di sebagian besar komputer pasti ada aplikasi ini. Karena selain mempunyi kemampuan yang bagus, aplikasi ini bukan aplikasi  berbayar alias garatis karena menggunakan hak cipta jenis Copyleft, bukan Copyright.

Aplikasi ini tersedia dua macam versi, yaitu versi 32 bit (x86) dan 64 bit (x64), sehingga sangat fleksiibel menyesuaikan jenis bit yang dijalankan pada sistem operasi yang agan jalankankan. Yang saya suka dari MPC adalah pengoprasianya yang mudah dan tampilan yang sederhana tetapi tidak membosankan, atau yang biasa dikatakan user friendly.

Untuk video yang didukung oleh apliksai ini sangat banyak, nyaris semua jenis video bisa agan putar dengan Media Player Classic karena codec K-Lite Codec Pack sudah sangat lengkap, jadi agan tidak perlu khawatir.

Media Player Classic pertama kali dirilis pada tahun 2003 dan dasar pemrogramannya menggunakan bahasa C++. Aplikasi ini sudah tersedia di lebih dari 40 bahasa di dunia, namun sepertinya belum tersedia untuk versi Bahasa Indonesia.

2.    2. VLC Media Player




VLC Media Player ini awal muncul di pasaran yaitu kisaran tahun 2001, jadi lebih awal muncul daripada Media Player Classic. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan VideoLAN Project dan diprogram dengan bahasa pemograman C dan C++.

Dari segi kemampuan aplikasi ini tidak kalah dari MPC, karena dapat mebaca banyak sekali jenis dan format video diantaranya seperti Matroska, FLV, AVI, MOV, MP4, RMVB, bahkan DVD. Yang membuat hebat yaitu aplikasi ini sudah ter-include codec pack di dalam aplikasinya, sehingga kita tidak perlu menginstal Codec Pack sendiri seperti Media Player Classic dan aplikasi pemutar video lainya.

Tidak hanya memutar video, VLC juga bisa agan gunakan untuk mengkonversi format file audio dan video, serta juga bisa untuk streaming video online. Aplikasi ini sudah tersedia dalam berbagai versi bahasa, yaitu sudah mendukung lebih dari 45 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Saat ini VLC tidak hanya bisa dipakai oleh pengguna komputer Windows, namun sudah tersedia juga untuk sistem operasi Linux, Mac OS, dan Android.

3.    3. Kodi


Nama Kodi memang tidak terlalu terkenal di dalam jajaran aplikasi pemutar video, karena mungkin gaungnya kalah dengan MPC dan VLC. Dahulu, pemutar video Kodi lebih dikenal dengan sebutan Xbox Media Center.

Aplikasi ini juga berlisensi open source, sehingga setiap orang bebas menggunakan dan memodifikasinya sesuai kebtuhan. Dalam perkembanganya, Kodi sekarang sudah tersedia di berbagai platform seperti Windows, Linux, dan Unix.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat bagus karena kita bisa mengkustom nya dan menyesuaikan sesuai selera kita. Dari segi kinerja juga bagus, karena bisa memutar berbagai macam video tanpa kendala. Namun jika agan perlu mempunyai komputer dengan spek yang agak tinggi jika ingin menggunakan Kodi dengan lancar tanpa hambatan.


4.    4. Miro

Miro adalah aplikasi pemutar  video open source yang rilis pada pertengahan tahun 2006 dan dikembangkan oleh perusahaan Participatory Culture Foundation. Aplikasi ini dapat berjalan di beberapa sistem operasi seperti Linux, Windows, dan Mac OS.

Dari segi kinerja, apliksi ini sudah sangat bagus karena bisa memutar semua jenis file audio dan video. Tidak hanya itu, Miro juga dapat agan gunakan sebagai internet televisi.

Dari beberapa aplikasi tersebut saya sendiri menggunakan MPC-HC dan VLC, dan saya lebih memilih MPC-HC karena sederhana ,mudah pengoprasianya, dan mendukung semua efek pada soft subtitle.

Jika agan ingin request artikel, agan bisa kirim request ke form yang sudah saya sediakan.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini.



2 comments:

  1. infonya merik gan, keknya musti pake MPC nih bisa baca file audio juga, jdi gk musti pasang pemutar audio lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga tuh gan...
      Makasih sudah berkunjung gan

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox