Breaking

Sunday, 9 July 2017

Cara Mengecilkan Ukuran Audio Menggunkan HE-AAC v2 High Compress Tanpa Mengurangi Kualitas



Hai minna-san, jumpa lagi di  Indokids Blogger
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Setelah kemarin saya membagikan cara encoding video x265 HEVC, sekarang saya akan memberikan tutorial cara encoding audio high compress HE-AAC v2. Karena tidak lengkap rasanya membahas encoding video tanpa membahas encoding audionya. Langsung saja tutorialnya.

Cara Encoding Audio High Compress HE-AAC v2

Alat dan Bahan:

1.    Software untuk encoder. Disini saya membutuhkan 3 buah software, yaitu Format Factory, MKVMerge GUI, dan WinAmp.

2.    File yang akan di encoding, bisa berupa audio saja atau video.

Proses Encoding:

1.    Pertama-tama pisahkan audio dari videonya menggunakan MKVMerge GUI. Namun jika file agan sudah berupa audio, silahkan lompati saja step ini. Untuk caranya yaitu buka aplikasi MKVMerge GUI dan drag videonya. Centang audionya pada file audionya saja, lainnya abaikan, lalu klik Start Muxing.




2.    File audio yang tadi kita pisahkan dari videonya masih berformat matroska (MKV), maka dari itu kita harus mengubahya ke MPEG-3 (MP3) dulu menggunakan Format Factory. Namun jika file yang agan ingin rubah tadi sudah berupa audio MP3, maka lompati saja step ini.

Settingan kualitasnya sebaiknya gunakan yang paling bagus, ukuran membengkak tidak masalah, karena nanti masih akan kita encode lagi. Settinganya yaitu pada Sample Rate (HZ) pilih 48000, Bitrate (KB/s) pilih 320, Audio Chanel pilih 1 atau 2, dan Volume Control pilih 100%.



3.    Setelah file sudah berupa audio MP3, selanjutnya silahkan di play menggunakan WinAmp. Klik kanan pada judul audionya di playlist, klik “Kirim ke” lalu pilih “Pengkorversi Format”. Lalu gunakan settingan seperti gambar dibawah ini. Untuk catatan saja, kualitas 32kbps di HE-AAC v2 setara dengan kualitas 128 kbps di MP3. Tunggu hingga proses selesai.






4.    Sekarang agan bisa melihat perbandingan ukuran antara audio HE-AAC v2 dengan file audio yang asli. Dibawah ini adalah perbandingan ukuran hasil konversi saya.




5.    Jika agan tadi mengkoversi file audio dari suatu video maka saatnya menyatukan file audio hasil kompresi dengan videonya. Audio yang asli di video tersebut sebaiknya dibuang saja. Caranya buka MKVMerge GUI, drag file video asli dan audio kompresi. Centang semuanya kecuali file audio asli dari video tersebut, lalu mix. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat gambar dibawah ini.



Selesai, sekarang file audio agan sudah menjadi lebih kecil. Jika ada yang masih bingung silahkan tulis dikomentar. Saya akan berusaha untuk menjawabnya.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.



2 comments:

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox