Tuesday, 4 July 2017

Macam Macam Logam dan Pemanfaatanya



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kali ini saya akan membahas sesuatu yang sedikit sesuai dengan bidang keahlian saya, yaitu dunia perlogaman, hehe.... 😁
 Ya, kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu dengan agan, karena yang namanya berbagi tidak harus menunggu sampai banyak ilmu dulu.
Logam merupakan unsur yang jumlahnya paling dominan di bumi kita ini. Oleh karena itu walaupun logam merupakan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui dan digunakan dalam segala bidang secara luas, teteap saja belum ada isu atau kabar bumi krisis logam, hehe.... 😆

Logam biasanya dalam pemanfaatanya tidak digunakan secara sendiri-sendiri, namun kadang dipadukan dengan logam lain agar mempunyai sifat yang sesuai untuk kegunaaanya, atau biasa disebut logam paduan alias Metal Alloy.


Itulah sedikit pembukaan mengenai gambaran logam, selanjutnya langsung saja kita menuju ke pembahasan inti yaitu jenis logam dan pemanfaatnnya.

Jenis Logam dan Pemanfaatanya


1.    Alumunium

Alumunium adalah logam paling populer karena dimanapun pasti ada mulai di dapur, kendaraan, alat elektronik, hingga sebagai campuran pembuatan bahan peledak :D . Salah satu keistimewaan alumunium yaitu ringan, tahan terhadap korosi, dan konduktor yang baik. Sehingga sering digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga, peralatan makan, kabel, hingga badan pesawat terbang.

Namun karena sifat Alumunium yang kurang kuat alias rapuh maka biasanya jika digunakan untuk membuat barang yang menahan beban berat maka akan dicampur dengan logam lain menjadi Alumunium Alloy, salh satu pemanfaatanya yaitu untuk membuat velg motor dan mobil.

2.    Baja

Baja merupakan logam terpenting dalam industri karena mampu menhan beban berat serta guncangan karena sifatnya yang keras, alot, dan berat. Sehingga alat-alat industri yang memproduksi perkakas berpresisi tinggi biasanya mesin produksinya seperti CNC (ataupun manual) Milling, Grinding, dan Turning menggunakan baja.

Sehingga saat mesin bekerja getaran mesinya tidak mempengaruhi proses produksi dan ketahanan bajanya tidak mempengaruhi hasil produksi karena saat mesin bekerja dengan tekanan tinggi baja tidak mudah penyok.

Namun kelemahan dari baja yaitu tidak tahan terhadap korosi, sehingga biasanya mesin-mesin produksi dan logam-logam saat tidak digunakan akan dilumuri dengan minyak permukaanya saat disimpan agar tidak berkarat.

3.     Besi

Besi merupakan unsur yang bisa dibilang bahan dasar dari baja, besi sifatnya lebih mudah patah dan rapuh daripada baja.  Besi didapat dari peleburan bijih besi hematit di tanur lebur logam.

Besi cair dicetak menjadi batangan dan selanjutnya dimanfaatkan untuk pembuatan logam lain seperti baja dan sejenisnya di pabrik.

4.    Emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang tahan korosi, indah, dan merupakan konduktor yang baik. Jadi emas sering digunakan sebagai konduktor dalam sirkuit-sirkuit elektronik kelas atas. Namun karena mempunyai fungsi lain sebagai perhiasan, membuat harga emas bisa dibilang sangat mahal jika dibandingan dengan logam lainya.

5.    Kalium

Kalium merupakan logam ringan berwarna putih agak keperakan yang mempunyai sifat sangat reaktif. Kalium sendiri dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan sebagai pupuk tanaman maupun pembuatan kaca. Namun Kalium sendiri, khususnya Kalium Nitrat tidak dijual bebas dipasaran karena tergolong bahan peledak Low-Explosive.

Dalam dunia bahan peledak, Kalium Nitrat berfungsi sebagai oksidator bahan peledak. Dalam dunia peroketan biasanya Kalium Nitrat digunakan sebagai campuran pembuatan popellant untuk pendorong roket, dan termasuk hard propellant.

6.    Kalsium

Kalsium di alam biasanya ditemukan didalam batuan kapur, sehingga warnanya putih agak keperak-perakan. Di dalam setiap makhluk hidup bertulang umumnya terdapat unsur Kalsium, karena Kalsium adalah penyusun utama tulang dan gigi.

Di dalam dunia industri, pemanfaatan Kalsiium paling banyak digunakan untuk membuat semen dan baja kualitas tinggi.

7.    Kuningan

Sebenarnya Kuningan adalah logam paduan antara Seng dan Tembaga. Kuningan mempunyai sifat keras sehingga sering digunakan untuk menambal pahat mesin bubut saat sudah mulai tergerus benda kerja.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan Kuningan sebagai barang hiasan, baut, alat-alat musik, dan sejenisnya.

8.    Kupronikel

Logam ini memang kurang populer dan mungkin agan juga belum mengetahuinya. Kupronikel adalam logam paduan antara Tembaga dan Nikel dan pemanfaatanya yang saya tahu yaitu untuk membuat uang logam yang berwarna perak.

9.    Kromium

Kromium merupakan logam keras berwarna abu-abu yang tahan karat. Logam ini biasanya digunakan untuk melapisi logam di bagian luar agar tahan terhadap korosi dan juga agar lebih menarik karena sifatnya yang mengkilap. Banyak para remaja yang menggunakan logam ini untuk melapisi motor mereka entah itu dibagian stang, velg, maupun blok mesin.

10.    Magnesium

Logam ini mirip seperti alumuium karena ringan dan berwarna abu-abu. Namun bila dibakar akan menghasilkan warna api putih yang sangat terang. Sehingga logam ini sering digunakan untuk  membuat kembang api dan flare/suar.

11.    Natrium

Natrium adalah logam berwana abu-abu dengan tekstur agak lunak dan sangat reaktif. Dalam kehidupan sehari-hari logam ini biasanya terdapat garam dapur dan lampu jalanan.

12.    Perak

Perak adalah logam berwarna abu-abu yang memiliki sifat konduktifitas yang sangat baik. Sering digunakan untuk peralatan film fotografi dan juga sebagai perhiasan. Di Yogyakarta ada sebuah daerah sentra kerajinan perak yang besar, yaitu di Kotagede. Jaraknya hanya sekitar 10 menit dengan sepeda motor dari rumah saya 😁.

13.    Platina

Merupakan logam berwarna abu-abu putih yang terkenal digunakan di dunia medis sebagai penopang tulang saat terjadi fraktur pada tulang. Namun tidak hanya sebatas itu saja pemanfaatan logam Platina, karena juga bisa digunakan sebagai perhiasan, katalisator, dan barang elektronik.

14.    Perunggu

Perunggu merupakan logam yang sudah populer sejak zaman dahulu, karena sudah sering digunakan untuk membuat baju zirah maupun peralatan perang serta untuk keperluan sehari-hari. Logam ini merupakan logam campuran yang saat ini sering digunakan untuk membuat uang logam bernilai rendah.

15.    Plutonium

Plutonium merupakan logam yang didapat dari Uranium yang diproses di dalam reaktor nuklir dan digunakan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan persenjataan nuklir. Karena ‘secara remi’ penggunaan nuklir sebagai senjata sudah dilarang maka pemanfaatanya sekarang lebih condong untuk pembangkit listrik.

16.    Raksa

Raksa merupakan logam cair yang beracun, wujudnya berupa cairan berwarna perak yang berat. Penggunaan Raksa paling sering kita jumpai pada alat pengukur suhu alias termometer, namun sebenarnya masih ada pemanfaatan lainya yaitu sebagai tapal gigi dan campuran bahan peledak.

17.    Seng

Seng merupakan logam berwarna abu-abu agak biru yang mempunyai sifat tahan karat. Seng biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam logam paduan. Karena sifatnya yang anti karat maka sering digunakan untuk melapisi logam seperti pipa contohnya yang disebut sebagai pipa galvanis. Seng juga sering digunakan sebagai kulit pada baterai jenis tertentu.

18.    Tembaga

Tembaga adalah logam berwarna agak kemereh-merahan dengan sifat konduktifitas yang tinggi dan mudah dibentuk. Sifatnya yang elastis dan mampu menghantarkan arus listrik dengan baik maka membuat tembaga menjadi logam nomor satu yang paling banyak digunakan dalam industri elektronik seperti kabel dan sirkuit.

Tidak hanya mampu menghantarkan listrik dengan baik, tembaga juga merupkan konduktor panas yang baik sehinga banyak digunakan untuk membuat tangki air panas.

19.    Timah

Timah juga merupakan bahan logam yang lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran logam lain karena sifatnya yang lunak dan kurang kuat namun memiliki ketahanan yang tinggi terhadap korosi. Timah murni paling sering digunakan sebagai bahan pakan untuk penyolderan komponen elektoronik.

20.    Timbal

Timbal termasuk logam yang berat dan beracun. Teksturnya tidak terlalu keras, malah cenderung lunak.  Sering digunakan dalam industri baterai dan sebagai atap untuk perisai radiasi sinar X.

21.    Titanium

Titanuim adalah logam berwarna putih yang tahan karat dan kuat, sehingga memiliki harga yang sangat mahal. Banyak digunakan oleh pabrik pisau untuk membuat bilah pisau kualitas tinggi. Titanium sendiri menjadi bahan utama pembuat rangka pesawat luar angkasa dan ada juga produsen sepeda yang menggunakanya untuk membuat rangka sepedanya.

22.    Uranium

Uranium adalah logam berwarna putih yang berbahaya karena memancarkan radioaktif dan digunakan sebagai sumber tenga nuklir baik untuk pembangkit energi maupun senjata.

23.    Vanadium

Vanadium adalah logam berwarna putih yang sangat keras dan bercun, digunakan dalam campuran  baja untuk meningkatkan kekerasanya. Dalam pembuatan asam sulfat juga menggunakan Vanadium sebagai katalisatornya.

Nah itulah gan sedikit pembahasan mengenai macam-macam logam dan pemanfaatanya.
Terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog yang sederhana ini.



2 comments:

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....