Breaking

Saturday, 8 July 2017

Makanan Yang Bisa Mencegah Osteoporosis




Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan yang baik dan sehat.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk mencegah osteoporosis dengan mengonsumsi beberapa makanan yang sudah terbukti dapat mencegah kita terserang osteoporosis.

Osteoporosis sendiri adalah penyakit pengeroposan tulang yang umumnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, walaupun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang kita yang masih muda.

Bagi kita yang masih muda sebaiknya mulai dari sekarang mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral kalsium untuk menghindari penyakit osteoporosis saat kita tua nanti. Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa makanan yang terbukti ampuh untuk mencegah penyakit osteoporosis. Langsung saja....

Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Osteoporosis




1.    Telur

Telur merupakan makanan yang bagus kita konsumsi untuk mencegah osteoporosis karena didalam telur terkandung protein dan vitamin D. Jadi sebaiknya kita mengkonsumsi telur setidaknya 2 hari sekali. Agar kebutuhan vitamin D tubuh kita terpenuhi.

2.    Susu

Saya yakin agan semua juga sudah mengetahui bahwa susu adalah salah satu minuman yang sangat baik untuk tubuh karena mengandung nutrisi yang lengkap. Bahkan bisa dibilang minum susu setiap hari sangat dianjurkan bagi kita khususnya bagi yang masih ada pada usia perutumbuhan. Di dalam susu terkandung mineral kalsium, sehingga bisa menjaukan kita dari osteoporosis jika kita rutin meminum susu setiap hari.

3.    Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi karena rasanya yang enak, teksturnya yang tidak terlalu alot, dan juga tentunya baik untuk tubuh kita. Bagi agan yang mengidap penyakit anemia, maka bayam bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan anemia tersebut karena pada bayam terkandung zat besi. Karena bayam juga mengandung kalsium yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tulang kita.

4.    Salmon

Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, karena itu dianjurkan mengkonsumsi ikan salmon setidaknya 2 kali seminggu. Banyak mineral penting yang terkandung dalam ikan salmon seperti selenium, kalium, dan vitamin B12.

Kandungan Omega-3 juga dianggap sangat penting karena bisa mencerdaskan anak disaat usia pertumbuhan. Dan yang membuat ikan salmon sangat baik untuk tulang kita adalah kandungan kalsium dan vitamin D yang membuat tulang kita selalu kuat sehingga terhindar dari pengeroposan.

5.    Tahu

Tahu termasuk makanan yang menyehatkan bagi tubuh, tidak terkecuali untuk tulang kita. Pasti agan-agan sudah mengetahui bahwa kedelai yang menjadi bahan dasar pembuatan tahu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Di dalam tahu terdapat manfaat luar biasa bagi tubuh kita karena kandungan gizinya yang lengkap seperti protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, kalsium,dan vitamin B1. Jadi agan jangan malu untuk mengkonsumsi tahu, walaupun tahu itu tergolong makanan yang murah, namun manfaatnya sangat luar biasa.

6.    Kurma

Kurma merupakan buah yang identik dengan Ramadhan karena masyarakat Indonesia sering mengkonsumsi kurma pada saat berbuka puasa. Dibalik rasanya yang manis ternyata terkandung berjuta manfaat di dalam buahnya. Bahkan banyak yang mengkonsumsi buah kurma untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hal itu tidaklah mengherankan karena di dalam buah kurma memang terkandung banyak sekali zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti zat besi, flourin, kalsium, fosfor, mangan, dan sodium. Terkandung juga beberapa jenis asam amino seperti asam oleat, asam palmitoleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

Zat antioksidant juga dapat ditemukan dalam buah kurma, seperti tannin, zea-xanthin, lutein, dan beta karoten. Sehingga agan tidak perlu meragukan lagi manfaat dari buah kurma, termasuk untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Itulah gan berapa makanan yang berguna untuk mencegah terserang tulang keropos atau osteoporosis. Semoga tulisan pendek ini bisa beramanfaat untuk agan.
Terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog yang sederhana ini.



No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox