Monday, 3 July 2017

Pengertian Trademark, Copyright, Copyleft, dan Registered



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Setelah sekian lama blog ini tidak update, kali ini saya akan membahas mengenai trademark, copyright, copyleft, dan registered.

Agan pasti sering melihatnya di setiap kemasan produk makanan maupun di internet. Namun masih banyak yang belum mengetahui maksud dari simbol tersebut. Untuk itu saya akan mengulasnya secara singkat, GO!!!!!

Pengertian serta Perbedaan dari Trademark, Copyright, Copyleft, dan Registered


1.    Trademark


Trademark atau dalam bahasa Indoonesianya merek dagang yaitu simbol atau nama yang digunakan oleh suatu produk baik barang  yang menggambarkan produk tersebut yang biasanya menggunakan simbol “TM” di belakang merek dagang mereka. Contohnya “Indokids BloggersTM”.

Fungsi dari pemberian merek dagang tidak lain yaitu sebagai identitas suatu produk untuk membedakan dengan produk dari badan usaha lain yang produknya sama, misalnya produk sabun mandi yang mempunyai banyak merek dagang dari beberapa produsen terkenal.

Merek dagang atau trademark sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 yang bunyinya: “Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainya.”

Secara umum merek dagang itu dapat berupa penggalan kalimat, kata, huruf, gambar, maupun kombinasi dari hal itu yang digunakan sebagai identitas dalam pemasaran. Walaupun kadang merek dagang terkesan tidak ada hubunganya dengan produk yang ditawarkan tesebut.

Walaupun terkesan sederhana namun merek dagang memiliki dampak yang sangat besar pada minat konsumen terhadap produk tersebut, sehingga ada ungkapan bahwa suatu produk itu “unggul merek” dari pesaingnya.

Sehingga walaupun suatu barang itu memiliki fungsi yang sama namun konsumen akan cenderung memilih salah satu merek saja. Sehingga “merek dagang” bisa disebut sebagai “harta intelektual” dari suatu produsen.

2.    Copyright




Copyright atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Hak Cipta adalah hak eksklusif dari pemegang hak cipta untuk mengubah, menyalin, menyebarkan, maupun menjual suatu karya yang bisa berupa barang, jasa, karya tulis, maupun buah pemikiran.pada dasarnya hak cipta adalah hak untuk menyalin suatu karya.

Pada umumnya hak cipta mempunyai masa kadaluarsa dalam periode tertentu yang terbatas. Hak cipta berlaku pada banyak jenis karya seperti foto, perangkat lunak komputer, siaran radio, gambar, rekaman musik, karya tulis, televisi, desain industri, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang yang mengaturnya yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta yang berbunyi: “hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang belaku” (pasal 1 butir 1)

Hak eksklusif yang diberikan kepada pemegang hak cipta antara lain:
•    Membuat salinan dai suatu karya dan menjual salinan tersebut kepada umum.

•    Mengimpor dan ekspor suatu karya

•    Mengadaptasi suatu karya sehingga mnciptaan suatu karya turunan dari yang asli


•    Menampilkan karya ciptaan tersebut di depan umum

•    Menjual maupun mengalihtangankan hak cipta tersebut ke pihak lain

Dan maksud dari “hak eksklusif” yaitu bahwa hanya pemilik hak cipta yang mempunyai hak atas karya tersebut, dan orang lain tidak boleh melaksanakan hak cipta tersebut tanpa izin dari hak cipta.

Supaya suatu karya seperti film atau buku bisa mendapatkan hak cipta pada saat dibuat, maka pencipta karya tersebut harus membuat surat pemberitahuan hak cipta atau Copyright Notice.

Hak cipta sendiri memiliki masa berlaku dalam jang waktu tertentu. Di Indonesia masa  berlaku hak cipta umumnya adalah 50 tahun setelah pertamakali dimunculkan atau sepanjang hidup penciptanya ditambah 50 tahun. Namun ada pengecualian untuk karya siaran, yaitu 20 tahun setelah karya terssebut disiarkan pertama kali.

Di Indonesia setiap kita menciptakan suatu karya, kita tidak diwajibkan untuk mendaftarkan karya tersebut untuk mendapatkan hak cipta, karena sejtinya hak cipta secara otomatis sudah dipegang oleh sang pembuat saat pertama kali menciptakanya.

Namun untuk menghindari timbulnya masalah akibat klaim pihak lain terhadap karya tersebut alangkah baiknya kita mendaftarkan karya kita untuk mempermudah penyelesaian masalah di pengadilan.

3.    Copyleft (Lisensi Bebas)




Di dunia IT ada banyak perangkat lunak yang menggunakan lisensi bebas atau yang biasa disebut dengan Copyleft. Lisensi semacam ini hanya digunakan untuk persyaratan lisensi produk tersebut dan tidak bermotif memonopoli ciptaan demi uang sehingga masyarakat luas bisa menggunakan dan memodifikasinya secara bebas.

Perangkat lunak tersebut secara luas sering disebut dengan open source, seperti Linux, Server HTTP Apache, browser Mozilla Firefox, encoder video x265 HEVC Hybrid, dan masih banyak lagi.


4.    Registered Trademark (Merek Dagang Terdaftar)




Registered Trademark yaitu sebuah merek dagang suatu produk yang menjadi identitas produk tersebut yang sudah terdaftar secara resmi sebagai merek dagang di kantor merek dagang nasional. Biasanya merek dagang diakhiri dengan simbol ® dan digunakan pada produk jenis barang.

Contohnya Indokids Blogger®. Artinya Indokids Blogger sudah menjadi merek dagang suatu produk dan perusahaan lain walaupun mengeluarkan jenis produk yang sama tidak boleh menggunakan merek dagang tersebut karena sudah saya gunakan pada produk saya.

Itulah gan penjelasan singkat mengenai Trademark, Copyright, Copyleft, dan Registered Trademark,  jika ada kesalahan mohon dikoreksi lewat kolom komentar. Artikel saya ambil dari Wikipedia.

Jika agan ingin request artikel, biasa mengirim request ke alamat email yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung di blog yang sederhana ini.



4 comments:

  1. Iya gan, hanya sedikit berbagi saja.
    Thx4visit

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Syukur jika tulisan ini bisa bermanfaat.
      Terimakasih kunjunganya

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....