Friday, 18 August 2017

5 Aplkasi Penghitung Kalori Terbaik Android dan iPhone




Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Berbagai macam apliksi sudah dikembangkan, dari mulai media player, komuikasi, hingga aplikasi kesehatan. Namun pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah aplikasi kesehatan, khususnya aplikasi untuk menghitung kalori.

Aplikasi ini sangat berguna khususnya bagi agan yang sedang menjalankan program diet sehat. Aplikasi-aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menyadarkan kita akan pentingnya kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dari sekian banyak aplikasi penghitung kaori yang telah dibuat, saya sudah merangkumnya menjadi 5 saja. Berikut adalah 5 aplikasi penghitung kalori terbaik untuk android dan iPhone.

5 Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik Untuk Android dan iPhone


1. MyFitnessPal

Tidak diragukan lagi, apliaksi penghitung kalori yang paling populer saat ini adalah MyFitnessPal. Saat pertamakali membuka aplikasi, agan akan disuguhkan beberapa pertanyaan seperti target yang ingin agan capai, tingkat aktifitas agan, usia, tinggi badan, dan berat badan agan.

Agan juga harus mengisi registrasi untuk pendaftaran seperti nama pengguna, email, dan kata sandi. Setelah agan  mengisi semua detailnya maka aplikasi tersebut akan memberikan saran dan pengingat agar agan lebih  mudah dalam mewujudkan target yang telah agan ingingkan sebelumnya.

Seperti berapa kalori yang harus agan ambil, makanan apa saja, dan juga disediakan penghitung perkembangan berat badan. Singkatnya aplikasi ini bisa digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga sebagai penghitung perkembangan kebugaran tubuh agan secara berkala.

2. MyNetDiary

Aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan MyFitnessPal, yaitu mengambil data makanan apa saja yang agan konsumsi dan menghitung jumlah kalori yang dihasilkan oleh makanan tersebut. Jika agan memasukan data dengan lebih rinci seperti target, umur, berat badan, dan tinggi badan, maka aplikasi ini juga mampu menghitung berapa banyak kalori yang dibutuhkn oleh tubuh agan,

Dari segi perfoma aplikasi ini sudah sangat bagus setara dengan MyFitnessPal, namun jika dinilai dari tampilan maka aplikasi ini lebih bagus daripada MyFitnessPal..

Jika agan rutin melakukan program latihan olahraga untuk diet, MyNetDiary juga dapat memasukan analisis diagram kalori dari latihan tersebut dan mencatat perkembanganya denga diagram. Sehingga bisa lebih memotifasi agan karena bisa memantau hasil latihanya setiap hari.

3. FatSecret

Sama seperti aplikasi-aplikasi diatas, saat pertamakli membuka aplikasi maka agan disuruh mengisi detail data diri seperti jenis kelamin, umur, tingkat aktifias, berat badan, tinggi badn, dan juga target berat yang ingin agan capai.

Aplikasi ini FatSecret bekerja seperti buku harian yang mencata kenutuhan kalori harian, asupan kalori yang sudah masuk tubuh, dan juga perkembangan arian tubuh agan. Aplikasi ini secara otomatis mengurangi jumlah sasaran kalori yang agan targetkan  dengan asupan kalori yang sudah diterima, sehingga menghasilkan jumlah kalori yang masih belum terpenuhi..

Pada tab “Laporan” agan dapat mellihat detail mulai dari perkembangan tubuh agan, kalori, nutrisi, dan informasi lainya. Sehingga aplikasi ini juga sangat membantu bagi agan yang berprofesi sebagai atlet profesional. Aplikasi ini juga bisa mengekspor data kesehatan dan keugaran tubuh agan dalam format dokumen PDF, hebat bukan...

4. Cronometer

Saat petamakali membuka aplikasi agan diharuskan untuk mengisi data untuk pendaftaran seperti email, nama pengguna, dan password. Setelah itu agan baru mengisi detail data diri seperti berat badan, jenis kelamin, tinggi badan, umur, dan target bera badan. Selanjutnya agan akan dibawa ke bagian buku haran pribadi agan dimana agan bisa mengisi mengenai makanan harian yang agan konsumsi dan aktifitas apa saja yang agan lakukan.

Selanjutnya aplikasi ini akan mulai menghitung kebutuhan kalori harian agan dan mulai mengawasi perkembangan harianya. Secara garis besar fungsi kerja aplikasi ini tidak berbeda jauh  dengan apliaksi penghitung kalori lainya.

5. Lose It!

Sama seperti aplikasi penhitung kalori lainya, saat pertama kali masuk agan juga diharuskan mengisi detail data diri seperti berat badan, tinggi badan, umur, jenis kelamin, dan juga tingkat aktifitas harian.

Namun keistimewaan dari aplikasi ini yaitu agan dapat mengisi target berat badan yang ingin agan capai sekaligus lama watku yang ingin agan gunakan untuk mencapainya. Tentu saja semakin singkat waktunya, semakin disiplin pula program  dietnya. Agan dapat melihat rincian kebutuhan kalori harian agan dan dapat memasukan data makanan apa saja yang sudah agan makan, maka na nanti akan muncul rincian berapa jumlah kalori yang sudah agan konsumsi.

Dengan begitu agan bisa menjaga pola makan agar tidak mengkonsumsi kalori  berlebihan. Setelah itu agan dapat memantau perkembangan diat agan melalui diagram yang sudah dibuat berdasarkan data-data yang sudah agan masukan.

Itulah beberapa aplikasi yang menawarkan layanan penghitung kalori untuk program diet agan. Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang juga memiliki performa yang bagus seperti Lifesum, My Diet Diary, Spark People, MyPlate, YAZIO, Joy Health Tracker, Simple Diet Diary, dan lainya. Namun saya hanya memilih 5 diantara mereka.

Jika agan ingin request artikel agan dapat mengirim request melalui formulir yang sudah saya sediakan di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.




0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....