Sunday, 27 August 2017

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Tanpa Software Dengan Mudah

Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempayan kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengecilkan ukuran dokumen PDF.

Saya teringat dulu pernah melamar suatu pekerjaan dan pendaftaran tersebut mengunakan system online. Sehingga saya diharuskan mengirim dokumen lamaran seperti CV dan lainya ke email HRD dengan format dokumen. Sedangkan ukuran file yang dapat di kirim tentu saja terbatas dan juga jika file dokumen terlalu besar maka proses upload akan memakan waktu lama.

Dan tentu saja dokumen yang paling bagus adalah yang mempunyai ukuran minimum tetapi mempunyai kualitas maksimum. Tutorial cara mengecilka ukuran dokumen PDF yang akan saya bagikan kali memang menurunkan kualitas dokumennya, tetapi penurunan tersebut tidak akan terlihat karena masih sebatas normal.

Sehingga agan tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan metode ini utuk mengecilkan ukuran dokumen PDF yang akan agan gunakan untuk melamar pekerjaan ataupun untuk urusan penting lainya. Jika memang agan kurang yakin, agan bisa membandingkan sendiri hasilnya nanti.



Biar afdol pertama-tama kita kenalan dulu dengan yang namanya PDF. Saya lansir dari laman Wikipedia, PDF atau Portable Dokumen Format adalah sebuah format berkas yang diciptakan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan kegiatan pertukaran dokumen digital.

Sama seperti dokumen pada umumnya, PDF berisi dokumen dalam format seperti gambar, teks huruf, symbol, angka, dan lain sebagainya. Salah satu kendala dari penggunaan PDF adalah ukuranya yang sangat besar jika dibandingkan dengan dokumen berformat lain seperti DOCX, XLS, dan sejenisnya. Silahkan simak tutorial cara mengecilkan ukuran dokumen PDF dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen PDF Tanpa Software Cepat Dan Mudah



  1. Kunjungi situs yang menyediakan layanan kompres dokumen PDF gratis di www.ilovepdf.com/compress_pdf
  2. Kemudian upload file dokumen PDF dari computer atau smartphone agan dengan cara menklik bagian yang bertuliskan “Select PDF File”.
  3. Setelah itu agan klik pada tombol “COMPRESS PDF”.
  4. Tunggu beberapa saat karena sedang diproses pengompresan PDF. Setelah proses selesai nanti agan akan diarahkan ke halaman download.
  5. Download dokumen PDF yang sudah berhasil di kompres, dan selesai


Itulah proses untuk mengopres dokumen PDF. Jangan lupa untuk membandingkan file PDF yang sudah di kompres dengan yang belum di kompres. Bandingkan dari segi ukuran dan segi kualitas dokumen, barangkali ada gambar atau teks yang kurang jelas setelah dikompres. Namun dalam percobaan saya, hasilnya bagus kok gan.

Itulah tutorial pendek tentang cara mengecilkan ukuran dokumen PDF, semoga bermanfaat. Bagi agan yang ingin request artikel agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah saya sediakan di panel blog.

Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Thanks to Wikipedia



2 comments:

  1. saya suka pakek situs itu gan, lebih gampang dan simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tidak perlu install software ini itu

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....