Tuesday, 15 August 2017

Pentingnya VPN Untuk Keamanan Dan Privasi Android







Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya  hari ini? Semoga selalu dalalam keadaan baik dan sehat.

Keamanan mobile telah menjadi perhatian global akhir-akhir ini. Kekhawatiran akan kehilangan ponsel, dicuri, atau diretas oleh hacker meningkat dari hari ke hari karena naiknya kasus kejahatan di dunia yang merajalela dalam serangan online dalam beberapa tahun terakhir.

Perangkat mobile kami berisi data pribadi dan rahasia yang selalu ingin kami jaga. Kami menukar sejumlah besar data dan pesan dengan orang lain melalui internet seluler yang mungkin atau mungkin tidak rahasia.

Para hacker telah mengarahkan paganngan mereka ke mana-mana mencari kesempatan untuk beraksi.

Mereka tidak hanya akan mencuri informasi pribadi agan tetapi juga menjualnya ke otoritas yang berbeda untuk mendapatkan uang atau mungkin akan mengancam agan setelah mendapatkan data perangkat agan dan meminta uang tebusan sebagai gantinya.

Serangan online semacam itu kemungkinan terjadi di fasilitas hotspot Wi-Fi publik karena keamananya terbuka dan sangat rentan untuk diretas. Salah satu cara untuk mengamankan ponsel dari ancaman peretasan yaitu dengan melengkapi VPN atau Virtual Private Network pada ponsel agan.

Dengan berjalannya waktu, layanan VPN semakin baik dan perbaikan mereka juga meningkat seiring semakin banyak pengguna yang mulai menyadari kehadiran mereka. Pada artikel ini, saya akan membahas apa itu VPN, bagaimana cara kerjanya dan mengapa agan harus mendapatkannya untuk perangkat ponsel agan.

Memperkenalkan VPN


VPN pada dasarnya adalah singkatan dari Virtual Private Network. Seperti namanya, ini adalah layanan yang menyediakan koneksi internet yang aman dengan menggunakan jaringan pribadi di jalur jaringan yang berbeda. Saat tersambung ke VPN, mungkin agan mengakses internet dari lokasi yang sama sekali berbeda tergantung VPN mana yang agan gunakan, seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapore, dll.

Pada saat bersamaan, ini sangat membantu agan dalam menjaga keamanan dan privasi perangkat seluler agan. Pikirkan layanan VPN sebagai terowongan aman antara ponsel dan koneksi internet agan.

Lalu lintas internet yang melewati terowongan yang aman ini menjadi terenkripsi sehingga tidak dapat dicegat oleh siapapun, bahkan penyedia seluler atau ISP agan pun tidak mampu mencegatnya sehingga agan bisa mengakses semua site walaupun itu diblokir oleh ISP agan.

Layanan VPN dianggap sebagai alat yang hebat karena kemampuan enkripsinya. Alat ini mengenkripsi semua data pribadi agan dan membuatnya tidak mungkin untuk seseorang mencegatnya. VPN menjembatani alamat IP agan dan membuat agan muncul dari lokasi yang berbeda. Dengan cara ini tidak ada yang bisa melacak atau memantau aktivitas mobile internet agan.

Bagaimana cara kerja aplikasi VPN?


Sebagian besar layanan VPN tersedia untuk platform ponsel dan desktop. Layanan VPN dapat didownload dan diinstal sebagai aplikasi VPN pada perangkat ponsel agan. Beberapa layanan VPN memerlukan konfigurasi secara manual di ponsel agan sementara yang lain tersedia dalam bentuk aplikasi.

Mengunduh dan menggunakan aplikasi VPN lebih mudah daripada mengonfigurasinya secara manual. Yang perlu agan lakukan hanyalah memilih VPN yang tepat dari pasar internet dan kemudian menginstalnya pada perangkat mobile agan. Pilih lokasi pilihan agan dan biarkan aktivitas online agan muncul di lokasi lain.

Saat agan terhubung ke server VPN, alamat IP agan dipalsukan ke lokasi lain dan semua aktivitas online agan menjadi anonymous.

Mengapa Agan Membutuhkan VPN?


Pertama, aplikasi VPN adalah keharusan bagi agan jika memang tidak ingin mempertaruhkan keamanan ponsel agan. agan memerlukan aplikasi VPN untuk menjaga privasi ponsel agan agar meningkat dan lebih baik.

Aplikasi VPN dapat membantu mengendalikan penyedia layanan seluler atau ISP untuk mengumpulkan informasi pribadi agan dan rincian menit aktivitas online agan dan kemudian menjualnya ke pihak berwenang tanpa meminta izin agan. Agan pasti tidak ingin ISP agan mengumpulkan informasi agan dan menjualnya ke pihak lain tanpa sepengetahuan agan.

Karena kemampuanya dalam mengenkripsi lalulintas jaringan, maka aplikasi VPN tidak akan membiarkan orang lain melacak aktivitas online agan atau memantau riwayat penjelajahan web agan. Oleh karena itu, VPN melindungi informasi agan dari ISP agan.

Kedua, agan perlu memasang aplikasi VPN di ponsel agan terutama jika agan adalah orang yang sering menggunakan layanan hotspot Wi-Fi publik secara reguler. Karena jaringan Wi-Fi publik terbuka dan juga kurang aman, agan perlu menjaga perangkat seluler agan dengan server VPN sebelum perangkat agan terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Alasan lain mengapa agan memerlukan aplikasi VPN adalah untuk mendapatkan akses ke konten yang diblokir atau situs streaming video yang lain tidak bisa agan gunakan. Misalnya, katakanlah agan telah menghadiri pertemuan bisnis di China namun tidak ingin melewatkan episode terbaru acara TV favorit agan yang sedang agan tonton di Netflix di rumah.

Biasanya, agan tidak dapat mengakses konten Netflix jika berada di negara lain namun dengan aplikasi VPN yang agan gunakan, maka agan dapat menikmati konten dari bagian dunia mana pun.

Jangan lupa bahwa ancaman online itu nyata dan mereka mengambil alih hidup kita secara bertahap. Karena kita menggunakan ponsel untuk mengakses internet di berbagai lokasi, kita perlu membuatnya seaman mungkin yang mungkin hanya dengan bantuan layanan VPN.

Itulah gan pembahasan singkat tentang pentingya VPN untuk keamanan jaringa kita.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.



0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....