Wednesday, 20 September 2017

10 Teks Editor Terbaik Untuk Pemrogaman






Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan daftar program editor teks terbaik untuk pemrograman. Jika agan adalah seorang programer atau penulis, teks editor yang bagus merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Teks editor adalah suatu program yang menjadi alat untuk mengelola kode, menuliskan catatan singkat, atau sebagai alat tulis sederhana biasa.

Daftar Program Teks Editor Terbaik Untuk Pemrograman



1. Sublime Text


Sublime Text adalah editor teks, source code cross-platform, yang ditulis dalam bahasa C++ yang pada awalnya dianggap sebagai perpanjangan dari VIM. Editor teks ini menawarkan fitur lengkap dan performa yang sangat memuaskan. Salah satu fitur menakjubkan dari editor ini adalah fitur “multi-caret editing” yang memungkinkan agan menulis hal yang sama di beberapa tempat.


2. ATOM


ATOM adalah editor kode Github yang populer dan menjadi favorit para pengembang progam karena fitur yang ditawarkanya. ATOM memungkinkan programer mengekses yang berkaitan dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, terintegrasi dengan Git dan Github. Editor ini ditulis dalam HTML dan Java Script, pengguna dapat menyesuaikan tampilan antar muka dengan mudah sesuai dengan keinginanya melalui CSS.


3. Notepad ++


Notepad ++ adalah editor teks yang menggabungkan sejumlah fitur yang memudahkan pekerjaan para programer atau siapa saja yang bekerja dengan teks digital. Walaupun editor ini cukup ingan namun mampu mengenali syntax sekitar 40 bahasa pemrograman termasuk C, C ++, HTML, XML, ASP, Java, SQL, Perl, Python, HTML5, CSS, serta bahasa pemrograman lainya.



4. Light Table


Lght Table dianggap sebagai editor teks yang sangat modern dan inovatif. Editor ini bisa dengan mudah disesuaikan, bahkan agan dapat mengubah grafis dan melihat secara real time hasil dari kode tertentu. Jadi program editor ini sangat layak untuk dicoba.


5. Bluefish


Bluefish adalah editor teks yang bagus, sangat saya rekomendasikan untuk agan yang berprofesi sebagai programer dan perancang web. Bahasa yang didukung antara lain HTML, XHTML, CSS, XML, PHP, C, Java Script, Java, SQL, Perl, JSP, Python, dan lain sebagainya.

Bluefish diciptakan oleh Oliver Sessink dan Chris Mazuc pada tahun 1997 dengan tujuan untuk memfasilitasi para pengembang web professional dan memiliki sistem operasi seperti Linux.


6. Brackets


Editor ini dianggap sebagai pengganti Gedit (editor teks dengan GUI) karena sangat begus , ringan, dan mudah di kerjakan melalui berbagai ekstensi yang ada.


7. VIM


VIM adalah editor teks utama yang digunakan oleh para programer GNU atau Linux. Editor ini sangat bagus kemanpuanya dan karena itu menjadi salah satu editor yang paling banyak digunakan. Kekurangnya yaitu memiliki antar muka yang agak membingungkan bagi pemula, namun akan nyaman jika sudah terbiasa menggunakanya.


8. Emacs


GNU Emacs adalah editor teks yang sangat extensible dan dapat disesuaikan sendiri. Dianggap sebagai senjata utama dari para penulis, programer, dan analis. Editor ini dikembangkan pada tahun 1976 di MIT oleh aktivis perangkat lunak, Richard Stallman.

Versi GNU Emacs ini dikembangkan pada tahun 1984 dan masih terus diperbarui secara aktif sampai sekarang. Emacs sering disebut “ Sistem di dalam sistem lain” oleh para edfitornya.


9. UltraEdit


Seperti Sublime Text Editor, UltraEdit juga merupakan editor lengkap dalam hal kelengkapan fiturnya. Editor ini bisa dengan mudah disesuaikan, bahkan agan juga dapat mengkonfigurasikan dengan koneksi FTP, SSH, dan Telnet untuk mengerjakan kode yang ada di dalam server.


10. ICECoder


Sebagai editor teks terakhir dalam daftar ini, ICECoder merupakan program yang bisa dibilang unik jika dibandingkan dengan yang lainya. Pernahkah agan berpikir untuk melakukan editing teks di tab browser Chrome dengan fitur yang lengkap?

Ya, editor teks ICECoder mendukung fitur tersebut dan memiliki dukungan banyak bahasa pemrograman seperti PHP, C, C++, Lua, dan lain sebagainya.

Itulah daftar teks editor terbaik saat ini, walaupun di luar sana memiliki banyak sekali editor teks lain, namun 10 editor teks diatas lah yang mempunyai kemampuan paling unggul.

Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui formulir yang sudah saya sediakan di panel blog.
Terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....