Sunday, 10 September 2017

8 Aplikasi Untuk Menulis Terbaik Di Android Gratis





Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai aplikasi untuk menulis terbaik di  android. Karena saat ini orang-orang lebih sering menggunakan android untuk melakukan sesuatu karena praktis dan tidak perlu repot-repot duduk di depan layar komputer sekedar membuka Microsoft Word untuk meulis.

Karena saat ini sudah banyak bertebaran aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan untuk menulis teks di smartphone dan dapat d unduh secara gratis. Namun dari sekian banyak aplikasi untuk menulis di android, tentu saja ada sebagian yang mempunyai kinerja dan kemampuan yang sangat bagus.

Sebagai referensi, saya sudah merangkum sebanyak 8 aplikasi untuk menulis terbaik di android yang dapat agan unduh dari Play Store maupun di web penyedia aplikasi lain. Namun untuk saat ini saya hanya bisa memberikan link lewat Play Store, jika ingin mengunduh  dari web lain agan bisa mencarinya sendiri.

Aplikasi Menulis Terbaik Di Android Yang Tersedia Gratis




1. JotterPad


JotterPad merupakan salah satu aplikasi menulis terbaik di android, di dukung dengan multi bahasa seperti Belanda, Spanyol, Prancis, Inggris, dan Italia sehingga memudahkan dalam penggunaanya.

Jika agan mempunyai banyak file dokumen penting dan khawatir kehilangan file dokumen agan, agan bisa menyimpan di cloud karena aplikasi ini terintegrasi dengan berbagai layanan penyimpanan cloud seperti  Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

agan bisa menuliskan segala gagasan dan ide yang ada di fikiran agan dengan nyaman dan bebas, dengan berbagai format dokumen yang tersedia.  Agan bisa mengekspor dan berbagi dokumen agan dalam berbagai format yang dapat dipilih seperti DOCX, TXT, HTML, RTF, PDF, dan teks biasa.

Saat awal agan membuka aplikasi akan disuguhkan tampilan dan menu yang sederhana seperti File Explorer untuk mencari file di penyimpanan, membuat dokumen baru, maupun mengedit dokumen lama. Agan juga bisa mengatur keyboard dan font sesuai selera.

Download JotterPad Via Play Store


2. iA Writer 


iA Writer merupakan aplikasi untuk menulis diandroid pertama yang membuat terobosan untuk menambahkan gesture megusap layar. Ini merupakan salah satu yang menjadi poin plus untuk aplikasi ini. Agan dapat mengusap layar untuk menampilkan file Quick Start dan juga masuk ke opsi lain dalam aplikasi.

Secara garis besar kinerja aplikasi ini sangat memuaskan bagi saya karena juda sudah didukung penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Di dalam aplikasi ini juga sudah dibekali dengan kamus internal yang berisi jutaan kata, sehingga dapat memperbaiki kesalahan ejaan secara otomatis.

Cara kerjanya yaitu ketika agan menulis dan mengalami kesalahan maka akan muncul garis bawah berwarna merah, agan tinggal menyentuhnya dan akan secara otomatis diperbaiki kesalahan tersebut. Agan dapat mengekspor tulisan ke berbagai format dokumen seperti PDF, HTML, dan teks biasa.

Sebenarnya masih banya fitur-fitur hebat dalam aplikasi iA Writer ini seperti bisa mengaitkan denga akun Wordpress dan lain sebagainya, agan bisa mencobanya sendir dan mencari fitur-fitur menarik lainya.

Download iA Writer Via Play Store


3. Google Docs 


Google Docs adalah aplikasi menulis untuk android yang berasal dari G-Suite. Dan sekarang menjadi anak produk dari Google yang telah di kembangkan dengan bagus. Seperti produk-produk Google lainya, selama agan mempunyai akun Google maka data yang agan tulis tidak akan hilang karena secara otomatis dan berkala di simpan secara real-time.

Walaupun secara default aplikasi ini menyimpan file dokumen di Google Drive, namun agan juga dapat membuat salinan filenya untuk disimpan di penyimpanan internal maupun eksternal Didalam aplikasi ini sudah tersedia beberapa template default yang menarik seperti resume surat, artikel, dan lain lain yang bisa agan gunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Karena ini merupakan produk dari Google, maka tidak perlu diragukan lagi fiturnya karena sudah sangat lengkap seperti pengaturan font, gaya font, ukuran huruf, warna teks, warna highlight, jarak paragraf, dan lain-lain.

Bahkan agan dapat menambahkan add-on lain jika dirasa masih membutuhkan fitur lain, sehingga aplikasi ini bisa dibilang sagat mirip dengan Microsoft Word di komputer.

Download Google Docs Via Playstore


4. Microsoft Word


Setelah saya singgung di atas bahwa Google Docs sangat mirip seperti Microsoft Word di komputer, ternyata ada yang lebih mirip lagi atau malah sama yaitu Microsoft Word versi android. Tidak puas menyandang predikat sebagai perangkat lunak pengolah kata paling banyak digunakan di dunia, Microsoft ikut-ikutan meluncurkan Microsoft Word versi android.

Secara umum viturnya sama dengan aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas dan juga sudah terintegrasi dengan penyimpanan cloud. Bagi agan yang sudah terbiasa menggunakan Micosoft Word di komputer saya yakin juga akan dengan mudah menggunakan yang versi android karena secara umum tidak jauh  berbeda

Sehingga bagi anda yang menggunakan Microsoft Word di komputer windows saya sarankan juga memasang Microsoft Word versi android di smartphone agan.

Download Microsoft Word Via Play Store


5. Monospace 


Monospace adalah aplikasi untuk menulis di android yang sederhana namun efektif. Dengan desain antarmuka yang sangat friendly user dan bersih dari tool-tool yang tidak perlu, sehingga membuat kita lebih fokus ke teks saja. Bahkan agan dapat menambahkan hastag pada file dokumen sehingga bisa mmpermudah dalam pencarian dan dalam mengorganisir karena akan dikumpulkan sesuai hastag.

Sehingga ini merupakan terobosan baru dan sangat membantu untuk mempermudah penggunanya. Untuk fiturnya umumnya tidak perlu saya jelaskan secara mendetail karena sama seperti aplikasi lain pada umumnya, hanya saja aplikasi ini lebih sederhana dan user friendly.

Download Monospace Via Play Store

Saya hanya bisa memberikan review 5 saja, tapi karena judulnya adalah 8 aplikasi menulis untuk android terbaik dan gratis maka saya akan memberikan 3 aplikasi lainya yang dapat agan coba.

Agan dapat mencobanya sendiri untuk mengetahui kelebihanya, namun saya pastikan aplikasi di bawah ini tidak kalah bagus dari yang sudah saya sebutkan diatas.

• Writer Plus 

Download Writer Plus Via Play Store

• Writer 

Download Writer Via Play Store

• INKredible 

Download INKredible Via Play Store



Itulah beberapa aplikasi menulis untuk android terbaik dan gratis, semoga bermanfaat. Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirimkan request ke formulir yang sudah disediakan di panel blog.

Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....