Breaking

Tuesday, 26 September 2017

Cara Menghentikan Autoplay Gambar Animasi GIF Di Browser


Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser agan.

Disaat agan sedang beraktivitas di dunia maya, pasti sering berjumpa dengan yang namanya gambar animasi bergerak atau yang populer dengan sebutan gambar GIF, entah itu di kolom komentar blog, forum, Facebook, penelusuran gambar, atau yang lainya.

Yang menjadi masalah adalah, gambar animasi bergerak GIF umumnya memiliki ukuran yang agak besar sehingga dapat membuat boros kuota internet dan banyak para pengguna yang juga kurang suka karena alasan yang lainya. Secara normal gambar animasi GIF diputar secara otomatis dan tidak ada tombol ataupun perintah untuk mencegah dimainkan secara otomatis.

Namun ada cara lain untuk menghentikan gambar animasi GIF memutar secara otomatis, namun memiliki cara yang berbeda-beda berdasarkan browser yang agan gunakan.


Cara Menghentikan Autoplay Gambar Animasi GIF Di Browser



1. Google Chrome


Alasan saya menaruh Google Chrome di posisi pertama karena browser ini paling banya digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Untuk menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser ini, agan perlu memasang ekstensi tambahan dari pihak ketiga.

Sebenarnya banyak ekstensi yang berkemampuan untuk menghentikam autoplay gambar animasi GIF, namun saya hanya akan memberikan dua saja yang menurut saya paling efektif. Ekstensi tersebut adalah GIF Jam dan GIF Delayer, agan dapat memilih satu diantara dua ekstensi tersebut.

Gambar animasi GIF adalah serangkaian frame gambar yang disusun menjadi satu dan akan ditampilkan secara berurutan dengan interval waktu tertentu. Dengan memasang ekstensi ini, gambar animasi GIF tetap akan ditampilkan, namun yang ditampilkan hanya frame pertama saja.

Jadi gambar tersebut tidak akan menampilkan seluruh frame. Namun jika agan ingin menampilkan gambar animasi GIF tersebut secara keseluruhan, agan dapat mematikan mematikan ekstensi tersebut.

Download Ekstensi GIF Jam

Download Ekstensi GIF Delayer



2. Mozilla Firefox


Untuk menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser Mozilla Firefox, caranya sama dengan yang di Google Chrome, yaitu dengan menggunakan bantuan ekstensi. Hanya saja jika agan menggunakan Mozilla Firefox, ekstensi yang digunakan juga berbeda.

Eksensi yang agan butuhkan di Mozilla Firefox adalah Toggle Animated GIFs. Cara kerja ekstensi ini juga sama, hanya menampilkan frame pertama dari gambar animasi GIF. Jika agan ingin melihat gambar animasi GIF tersebut, agan hanya perlu mematikan ekstensi ini.

Download Ekstensi Toggle Animated GIFs



3. Opera


Untuk menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser Opera, agan dapat menggunakan bantuan ekstensi tambahan yang bernana GIF Blocker. Agan hanya perlu memasang ekstensi tersebut, setelah sukses terpasang maka akan ada icon GIF Blocker pada bagian atas task bar.

Jika ingin melihat kembali gambar animasi GIF, tinggal matikan saja fungsi ekstensi ini dengan mengklik iconnya di task bar.

Download Ekstensi GIF Blocker



4. Safari


Browser terakhir dalam daftar ini adalah Safari. Untuk menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser ini caranya masih sama, yaitu dengan memasang ekstensi tambahan pada browser. Sebenarnya ekstensi yang akan saya pakai ini terakhir kali mendapat pembaruan adalah 6 tahun yang lalu, dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan mendapat pembaruan lagi dari pihak pengembangnya.

Namun terlepas dari itu, ekstensi ini masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Nama ekstensi tersebut adalah Deanimation. Kemungkinan masih ada ekstensi lain yang berfungsi menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser Safari. Namun sampai saat ini saya sendiri belum mengetahuinya.

Download Ekstensi Deanimator


Jika agan mengetahui ekstensi lain di browser Safari, agan dapat menambahkanya di kolom komentar. Sekian postingan mengenai cara menghentikan autoplay gambar animasi GIF di browser kali ini, semoga bermanfaat.

Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.

2 comments:

  1. pakai U block aja kali gan klik gif nya dan block

    ReplyDelete
  2. Mantap saya jadi tahu caranya, makasih gan. Teruskan lagi karyamu demi bangsa ini

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox