Breaking

Friday, 22 September 2017

Awas, Google Akan Menghapus Backup Data Di Android Jika Ponsel Tidak Aktif 2 Bulan






Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Kali ini saya akan membagikan informasi terbaru bahwa Google akan menghapus data kita yang sudah di backup di cloud apabila ponsel tidak ada aktivitas sama sekali selama 2 bulan. Karen saat ini para pengguna mayoritas sudah membackup data mereka untuk menhindari kehilangan data secara tidak sengaja.

Karena yang namanya manusia itu tempatnya salah dan lupa, pada saat mengutak atik pengaturan maupun saat tidak sengaja mendownload aplikasi ilegal yang dapat merusak sistem android. Keuntungan lain membackup data di cloud yaitu saat kita mengganti perangkat ponsel, kita tidak perlu memindahkan data-data penting dari ponsel satu ke lainya secara manual, cukup login dengan akun Google agan, dan dapat langsung melakukan pemulihan data.


Namun sepertinya Google mengizinkan backup data di servernya hanya untuk jangka waktu yang terbatas. Jika agan sudah tidak menggunakan ponsel tersebut maka data-data backup di server Google akan dianggap sampah dan pastinya akan langsung dibersihkan. Agan dianggap tidak lagi menggunakan ponsel apabila ponsel tersebut tidak digunakan selama dua bulan.

Bagian yang sangat disayangkan adalah Google dapat melakukan penghapusan data tanpa memberi tahu pengguna dan data tersebut tidak akan dapat dipulihkan kembali. Cadangan data, pengaturan android, password WiFi, dan data-data dari semua aplikasi akan benar-benar lenyap tak dapat di kembalikan lagi.

Ada seorang pengguna Android bernama Tanglebrook yang telah membagikan pengalamanya di Reddit mengenai  data-datanya telah dihapus. Data-datanya yang hilang antara lain seluruh pengaturan ponsel, password WiFi, dan data pengguna dari 50 aplikasi yang dia gunakan. Penyebabnya adalah ponsel androidnya rusak, sehingga sementara waktu dia menggunakan iPhone sambil menunggu untuk mencari pengganti ponselnya.

Setelah mendapat android baru dia berniat untuk memulihkan data akun yang lama, ternyata datanya sudah tidak ada. Dan dia juga sudah menghubungi pihak Google, mereka memberitahukan bahwa data-data tersebut sudah dihapus permanen tidak dapat di pulihkan kembali.

Sebenarnya tidak hanya android saja yang mempunyai kebijakan ini, iOS pun juga memiliki kebijakan yang sama, jika pengguna tidak melakukan backup perangkat ke iCloud selama 180 hari maka data backup di iCloud dianggap sudah tidak digunakan dan akan dihapus permanen.

Saya pribadi memaklumi hal ini, karena sebesar apapun sebuah perusahaan, tidak mungkin bisa menampung data seluruh penggunanya karena jumlah penggunanya saja ratusa juta. Tidak perduli sebesar apa kapasitas servernya, lambat laun pasti akan penuh juga. Jadi bagi agan yang mempunyai file backup di cloud maka berhati-hatilah.

Jika berniat untuk off dalam waktu lama lebih baik download semua data di cloud dan simpan di media lain seperti flashdisk maupun harddisk, hal ini lebih terjamin keamananya karena kita sendiri yang menghandle server penyimpanan tersebut.

Itulah himbauan singkat mengenai file backup di cloud yang akan dihapus permanen jika tidak aktif dalam jangka waktu dua bulan.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirimkanya lewat formulir yang sudah saya sediakan.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox