Saturday, 23 September 2017

10 Sistem Operasi Yang Paling Sering Digunakan Oleh Hacker Profesional






Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Kali ini saya akan membahas tentang 10 sistem operasi komputer yang paling sering digunakan oleh para hacker profesional. Secara umum, hacker dapat diartikan orang yang mempunyai kemampuan untuk menyusup kedalam suatu sistem melalui celah keamanan. Alasan dari penyusupan sistem itu macam-macam, bisa karena kepuasan, keingintahuan, memata-matai, berniat jahat, atau bisa juga karena ingin mengetes kerentanan suatu sistem dari segi keamanan.

Karena pekerjaanya yang sedikit spesial, maka dibutuhkan juga alat yang spesial, yaitu sistem operasi khusus yang mendukung dalam proses penetrasi dan eksploitasi celah keamanan. Dibawah ini sudah saya rangkum 10 buah sistem operasi yang paling sering digunakan oleh para hacker profesional di seluruh dunia.

Secara garis besar sistem operasi komputer itu ada dua macam, yaitu Linux dan Windows. Karena sistem operasi yang paling baik untuk kegiatan hacking adalah Linux, maka sistem operasi dibawah ini semuanya berasal dari kernel Linux dan 100% gratis.

Daftar Sistem Operasi Yang Paling Sering Digunakan Oleh Para Hacker Profesional Di Seluruh Dunia



1. Kali Linux


Kali Linux dalam pengebanganya didanai dan difasilitasi oleh Offensive Security Ltd. Kali Linux adalah distribusi Linux Debian yang diturunkan serta dirancang untuk pengujian penetrasi dan forensik digital. Pengembanya adalah Mati Aharoni dan Bevon Kearns melalui rewriting BackTrack, yang distribusi forensik dulunya berbasis Ubuntu.

Kali Linux memiliki proyek khusus Android yang disebut Kali Linux NetHunter. Ini adalah uji coba platform open source pertama untuk perangkat Android Nexus yang dibuat sebagai upaya bersama antara anggota Kali “BinkyBear” Security dan komunitas yang terkait lainya.


2. Back Box


Back Box adalah evaluasi penetrasi pengujian distribusi Linux dan keamanan berbasis Ubuntu ynag bertujuan memberikan analisis sistem jaringan komputer dan toolkit. Dekstop Back Box mencakup seperangkat alat lengkap yang diperlukan untuk pengujian keamanan dan kerentanan dari peretasan.


3. Parrot Security OS


Parrot Security OS adalah distribusi GNU / Linux yang berdasarkan Debian. Dikebangkan untuk melakukan analisa penetrasi (safety information), penilaian kerentanan, pengecekan sistem forensik komputer, dan anonymous surfing.

Sistem Operasi ini telah dikembangkan berdasarkan cabang dari Debian, sebuah kernel Linux 4.1 yang telah dirubah sesuai dengan kebutuhan. Proyek ini disertifikasi untuk dijalankan dengan minimum RAM sebesar 265 MB, kompatibel untuk 32-bit (i386) dan 64-bit (amd64). Dan ada pula versi khusus yang hanya dapat berjalan pada sistem 32-bit.


4. Live Hacking OS


Live Hacking OS adalah distribusi Linux yang dibekali dengan alat dan utillity untuk kegiatan hacking, pengujian penetrasi, dan pencegahan. Ada versi kedua yang hanya memiliki command line dan membutuhkan perangkat keras yang sangat sedikit, hanya yang menunjang kebutuhan primer.


5. DEFT Linux


DEFT adalah singkatan dari Digital Evidence and Forensic Toolkit dan merupakan perangkat lunak open source Linux yang ada di TART (Toolkit for Advanced Response Digital). Pengembanganya didasarkan pada Ubuntu.

Dari awal perancanganya memang digunakan untukalat forensik open source dan alat respon terbaik yang dapat digunakan oleh individu, auditor IT, penyidik, militer, dan polisi.


6. Samurai Web Testing Framework


Samurai Web Testing Framework adalah adalah Linux yang didasarkan dari Linux, dikembangkan sebagai penguji keamanan web.CD berisi perangkat open source yang berfokus pada pengujian web dan penyerang keamanan web.


7. Network Security Toolkit


Network Security Toolkit (NST) adalah CD Live berbasis Linux yang menyediakan seperangkat alat keamanan komputer dan jaringan open source untuk melaksanakan pengawasan keamanan rutin dan diagnosa jaringan. Distribusinya bisa digunakan sebagai alat analisis keamanan jaringan, validasi, dan alat pemantau server hosting virtual.


8. Bugtraq


Bugtraq adalah mailing list yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan keamanan di komputer. Topik-topik bahasan seperti diskusi kerentanan , pemberitahuan terkait dengan keamanan, metode operasi, dan cara memperbaikinya.

Ini adalah mailing list besar yang hampir semua bahasan mengenai kerentanan keamanan ada disana. Penelitian, pengembangan, dan pengalaman dibahas disana, tersedia dalam platform Debian, Ubuntu, openSUSE 32-bit, dan 64-bit.


9. NodeZero


NodeZero adalah sistem open source yang berbasis pada distribusi Linux Ubuntu, dan dirancang untuk digunakan pada operasi pengujian penetrasi. Distribusi ini dapat di unduh dalam DVD live image ISO, yang akan langsung di install di kompter.

Mendukung paket sistem 32-bit(x86) dan 64-bit (x86-x64). Sistem ini memiliki fitur canggih seperti kemampuan untuk melakukan tes diagnosa sistem penyimpanan, boot dari local disk, memulai installer secara langsung, booting dalam mode grafis aman, mode teks, dan mode debug.


10. Pentoo


Pentoo adalah Live CD dan Live USB OS yang dirancang untuk pengujian penetrasi dan penilaian keamanan, hal ini didasarkan pada Gentoo Linux. Pentoo ditawarkan dalam CD Live versi 32-bit dan 64-bit.

Itulah daftar sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan oleh para hacker profesional di seluruh dunia.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. cara mengatasi nya gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau mengatasi untuk apa? Server pribadi, wifi, komputer personal?

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....