Tuesday, 31 October 2017

10 Perintah RUN Paling Berguna Pada Windows

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalalu dalam keadaan baik dan sehat.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perintah RUN.

Saya yakin agan sendiri sudah jarang menggunakan perintah RUN walaupun mengetahui perintahnya. Saya sendiri juga tidak terlalu sering menggunakan perintah RUN, lebih sering langsung menuju path nya.

Namun walaupun begitu, RUN masih sangat berguna untuk mempermudah setiap operasi di komputer. Berikut sudah saya rangkum 10 perintah RUN paling berguna.



Daftar Perintah RUN Paling Berguna



1. chkdsk


CHKDSK (singkatan dari "check disk") adalah alatsistemdi DOS, OS / 2 dan Windows.Ini memverifikasi integritassistemberkas pada hard disk atau floppy disk dan memperbaiki kesalahansistemberkas logis.Hal ini mirip dengan perintah fsck di Unix.


2. compmgmt.msc


Microsoft Management Console (MMC) adalah komponen Windows 2000 dan penerusnya yangmenyediakan administratorsistemdanpenggunatingkat lanjut antarmuka untuk mengkonfigurasi dan memantausistem.
Berguna untuk memonitor status komputer. Untuk melihat shared folder, connected user, scheduler, dan sebagainya.


3. devmgmt.msc


Device Manager adalah salah satu menu Control Panel pada sistem operasi Microsoft Windows. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengendalikan perangkat keras yang terpasang pada komputer. Bila perangkat keras tidak berfungsi, perangkat keras tersebut akan ditandai agar pengguna dapat mengetahui dan menangani kesalahan tersebut. Daftar perangkat keras dapat diurutkan berdasarkan berbagai kriteria.


4. dxdiag


DxDiag (DirectX Diagnostics) adalah alat diagnostik yang digunakan untuk menguji fungsionalitas DirectX dan memecahkan masalah perangkat keras video atau suara. DirectX Diagnostic dapat menyimpan file teks dengan hasil scan. File-file ini sering diposting di forum teknologi atau dilampirkan untuk mendukung email agar memberi dukungan kepada personil pendukung gagasan PC yang lebih baik yang diminta oleh pemohon jika kesalahannya disebabkan oleh kegagalan perangkat keras atau crash.


5. cleanmgr


Akan bagus jika agan selalu menjaga kebersihan komputer agan. Dengan menjalankan alat ini, agan dapat membersihkan beberapa file sampah atau cache untuk membuat beberapa ruang kosong di sistem agan.


6. dfrgui


Disk Defragmenter adalah utility di Microsoft Windows yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dengan mengatur ulang file yang tersimpan pada disk untuk menempati lokasi penyimpanan yang teratur, ini adalah sebuah teknik yang disebut defragmentasi. Defragment disk dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca file dari dan menulis file ke disk. Dimulai dengan Windows XP, Disk Defragmenterjuga mengurangi waktu startup sistem.


7. diskmgmt.msc atau diskpart


Logical Disk Manager(LDM) adalah implementasi dari manajer volume logical untuk Microsoft Windows NT, yang dikembangkan oleh Microsoft and Veritas Software. Ini diperkenalkan pertama pada sistem operasi Windows 2000, dan didukung pada Windows XP,Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.  MMC berbasis Disk Management snap-in (diskmgmt.msc) host Logical Disk Manager. Pada Windows 8 dan Windows Server 2012, LDM tidak berlaku lagi untuk Storage Spaces.


8. secpol.msc


Kebijakan keamanan adalah kombinasi dari pengaturan keamanan yang mempengaruhi keamanan pada komputer. Agan dapat menggunakan kebijakan keamanan lokal untuk mengedit kebijakan akun dan kebijakan lokal di komputer lokal agan.
Dengan kebijakan keamanan lokal, agan dapat mengontrol:
Siapa yang mengakses komputer anda

  • Sumber daya apa yang diizinkan pengguna untuk digunakan di komputer agan

Apakah tindakan pengguna atau grup dicatat dalam log peristiwa


9. perfmon


Performance Monitor adalah alat visualisasi sederhana namun kuat untuk melihat data kinerja, baik secara real time maupun dari file log. Dengan itu, agan dapat memeriksa data kinerja dalam grafik, histogram, atau laporan.


10. gpedit.msc


Group Policy adalah fitur dari keluarga sistem operasi Microsoft Windows NT yang mengendalikan lingkungan kerja akun pengguna dan akun komputer. Group Policy menyediakan manajemen dan konfigurasi terpusat dari sistem operasi, aplikasi, dan pengaturan pengguna di lingkungan Active Directory.


Itulah beberapa perintah RUN Windows paling berguna.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....