Sunday, 22 October 2017

14 Situs Download Musik Legal dan Gratis Terbaik






Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi tempat download musik  yang legal dan gratis. Ada banyak cara yang bisa agan gunakan untuk mendownload hampir semua hal dari internet, namun tidak semua cara tersebut adalah cara yang legal. Hal yang sama juga berlaku saat agan ingin mengunduh musik, karena ada ribuan situs yang menawarkan layanan download musik gratis namun tidak ada yang memiliki hak atau lisensi untuk lagu yang mereka tawarkan.

Jika agan adalah tipe orang yang benar-benar tidak ingin melanggar peraturan atau mendownload lagu ilegal maka agan tidak perlu khawatir karena agan masih bisa mendownload lagu secara gratis menggunakan cara yang legal.




Daftar Situs Tempat Download Musik Gratis Dan Legal Terbaik



1. SoundCloud


SoundCloud menawarkan koleksi lagu yang sangat lengkap yang bisa agan putar secara gratis. Situs ini menjadi salah satu tempat komunitas terbesar dimana selain dapat mendengarkan musik, agan juga bisa mengupload lagu agan sendiri, bahkan banyak artis yang juga melakukan hal tersebut.

SoundCloud juga memungkinkan agan mendownload lagu secara gratis namun tidak semualagu bisa didownload. Jika pengupload mengizinkan pengunduhan lagu mereka maka agan akan melihat tombol unduh tepat di bawah lagunya. Cukup klik di atasnya untuk mendownload lagu di perangkat agan dan nikmati musik favorit agan secara offline.

Sekadar memberi contoh, seorang penyanyi Calvin Harris telah mengupload lagu pada profil SoundCloud-nya yang bebas didownload untuk semua orang. Jadi, seseorang selalu dapat mengharapkan unduhan gratis di SoundCloud karena ini adalah media promosi bagi beberapa artis musik paling terkenal di dunia.

SoundCloud tersedia sebagai aplikasi di platform Android dan iOS. Ada banyak aplikasi SoundCloud pihak ketiga yang tersedia untuk Windows Phone juga.


2. Jamendo


Jika agan ingin melihat-lihat koleksi besar lagu indie atau lagu cover yang dilakukan oleh calon penyanyi maka Jamendo adalah tempat yang tepat untuk agan. Agan dapat melakukan streaming atau mendownload lagu sebanyak yang agan inginkan dari Jamendo dan tidak ada hak cipta yang dapat menghalangi agan.

Agan bisa menemukan beberapa calon bintang yang akan datang di dunia musik melalui Jamendo dan dukung mereka dengan mendengarkan atau mendownload lagu mereka. Banyak penyanyi kelas atas telah mengupload karya mereka di situs musik ini dan agan dapat dengan mudah mendownload lagu yang agan inginkan hanya dengan sekali klik.

Pada bulan Januari 2015, Jamendo memiliki lebih dari 460.000 lagu yang tersedia untuk diunduh sehingga menjadikannya salah satu perpustakaan musik terbesar di dunia. Jamedo tersedia dalam 6 bahasa, yaitu Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Italia dan Polandia. Jamendo tersedia di platform Android dan iOS, selain itu juga tersedia sebagai aplikasi untuk Windows di PC atau tablet Anda.


3. QTRAX


"Free Now, and Free Forever" adalah slogan yang digunakan oleh QTRAX, layanan baru dan gratis yang membawakan semua lagu terbaru dari artis favorit agan secara gratis. Tidak ada hak cipta dan agan tidak memerlukan langganan untuk mendengarkan lagu favorit di sini.

Download saja player QTRAX secara gratis dan mulailah mendengarkan artis favorit agan. Agan dapat mendownload sebanyak mungkin lagu yang agan inginkan melalui layanan ini dan mendengarkannya secara offline.

Penggunaan unduhan, radio, dan streaming tak terbatas memastikan agan tidak pernah kehabisan lagu-lagu hits yang pernah ada. Player QTRAX tersedia untuk didownload di Windows. Bagi agan yang menggunakan Android dan iOS, harus bersabar sedikit karena layanan ini akan segera diluncurkan.


4. Amazon MP3


Amazon adalah retailer online terbesar yang menawarkan berbagai macam produk di web. Namun, Amazon juga mulai menawarkan produk digital seperti game dan bahkan lagu. Agan bisa membeli lagu MP3 langsung dari Amazon MP3 tapi agan tidak perlu membayar lagu jika memang tidak mau.

Amazon MP3 juga menawarkan lagu gratis untuk diunduh langsung dari situs web mereka atau aplikasi seluler mereka. Amazon Music memiliki koleksi lebih dari 46.000 lagu gratis yang tersedia pada saat penulisan artikel ini yang menjadikannya salah satu gudang musik gratis legal terbesar di internet.

Salah satu hal terbaik dari Amazon Music adalah bahwa mereka telah mengelompokab lagu mereka dengan baik dalam berbagai genre seperti Alternative Rock, Blues, Broadway & Vocalists, Children's Music, Classical, Country, Dance & Electronic, Folk, Hard Rock & Metal, International, New Age, Pop, R & B, Miscellaneous, dan lain-lain.

Amazon Music tersedia sebagai aplikasi gratis di platform Android dan iOS.


5. PureVolume


PureVolume adalah salah satu komunitas pecinta musik yang bedar. Para artis dapat mendaftar dan mengupload musik mereka di situs. Pendengar dapat membantu para artis dengan mendownload atau mendengarkan lagu mereka.

Setiap artis memiliki profil mereka sendiri dengan deskripsi biografi singkat, musik, dan foto mereka.Terserah artis untuk mengizinkan unduhan atau tidak, jika artis mengizinkan unduhan maka agan dapat mendownload lagu mereka. Sebagian besar artis PureVolume memiliki akses download sehingga agan dapat menikmati musik yang bagus secara gratis.

Beberapa artis hanya mengaktifkan streaming online untuk lagu, itu artinya agan hanya dapat memutar lagu yang agan inginkan secara gratis namun agan tidak dapat mendownloadnya di perangkat untuk penggunaan offline. Agan bisa mencari musik cover dan remix gratis untuk lagu terpopuler.

PureVolume hanya tersedia sebagai situs web dan tidak ada aplikasi seluler yang tersedia untuk layanan ini.


6. Noise Trade


Ribuan lagu top yang diciptakan oleh seniman hebat dari seluruh dunia tersedia gratis di NoiseTrade. NoiseTrade adalah jaringan sosial untuk penggemar musik dan peminat buku. Ini memungkinkan seniman mengunggah lagu mereka secara gratis dan penggemar bisa mendownload lagu tanpa harus membayar sepeser pun pun.

Jika agan menyukai lagu tertentu maka agan juga memiliki hak untuk memberi sedikit donasi kepada artis untuk menghargai kerja keras mereka. NoiseTrade menghubungkan para seniman dengan penggemar mereka untuk membangun audiens yang besar untuk bakat yang akan datang.

Buat saja akun penggemar dengan gratis dan agan bisa mulai mendownload lagu yang agan inginkan hanya dengan sekali klik.


7. SoundOwl


SoundOwl menyediakan koleksi lagu-lagu populer dari artis yang sangat populer dan juga artis-artis baru. SoundOwl adalah platform musik sederhana yang memungkinkan para seniman, blogger, dan label berbagi musik mereka dengan semua orang di dunia. Jika agan merasa bahwa situs tersebut tidak legal, maka agan dapat membaca halaman DMCA mereka untuk kebijakan mereka yang dengan jelas menyatakan bahwa hanya artis yang memiliki hak musik untuk dapat membagikannya.

Jika agan berpikir bahwa beberapa lagu bukan milik situs atau melanggar hak cipta, cukup kirimkan email kepada mereka dan akan dihapus dengan cepat dari situs ini. Agan dapat memutar lagu secara online atau mendownloadnya di perangkat agan jika ingin memutar secara offline. Fitur Shuffle yang ada di situs memungkinkan agan menemukan musik baru yang bagus secara otomatis.


8. Free Music Archive


Tampilan antar muka dari Free Music Archive (FMA) memang sedikit berantakan namun situs ini menawarkan koleksi lagu-lagu yang bisa agan download secara gratis. FMA bukan sekadar perpustakaan musik, namun bisa menjadi media dimana siapapun bisa mengunggah lagu yang bisa diputar semua orang.

Lagu-lagu di situs ini bisa didownload secara gratis tanpa harus mendaftar di situs. FMA menawarkan akses ke musik gratis yang mirip dengan stasiun radio. Agan juga dapat berkontribusi ke situs ini dengan cara mengupload daftar putar agan sendiri dengan musik pribadi agan atau dari musik lain yang menjadi hak agan.

FMA juga tersedia sebagai aplikasi di platform Android dan iOS.


9. Internet Archive


Internet Archive dalah arsip terbesar yang mencakup hampir semuanya yang tersedia secara gratis. Dari perangkat lunak ke musik, agan bisa mendownload apapun dan semuanya secara gratis di perangkat agan.

Bagian audio di Archive tidak hanya memberi agan lagu gratis, melainkan juga menawarkan banyak file audio lainnya, termasuk audio audiobook, podcast, live music, dll. Agan dapat mendownload musik dan lagu yang bagus dengan mencari lewat kolom pencarian.


10. YouTube


Semua memang sudah tahu YouTube adalah situs terbesar di web yang berhubungan dengan video streaming namun tidak bisa dipungkiri kita juga bisa mengunduh lagu melalui YouTube namun harus sedikit usaha. Pertama-tama, agan tidak dapat mendownload semua lagu di YouTube karena itu ilegal.

Namun, agan dapat mencari lagu dengan filter "Creative Commons" dan kemudian mendownload lagu-lagu itu ke perangkat agan. Lagu-lagu ini bebas untuk digunakan dan tidak ada batasan untuk mendownloadnya. Temukan saja video dengan filter"Creative Commons" dan unduh.

Selain itu, beberapa artis membuat mashup dan sampul lagu terkenal di YouTube dan dalam deskripsi mereka meninggalkan link download gratis. Anda bisa mendownload lagu-lagu ini juga, dan itu akan benar-benar legal.


Itulah beberapa referensi sebagai tempat untuk mendownload lagu di internet secara legal dan gratis.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Replies
    1. Iya gan, Soundcloud memang masih menjadi yang paling populer

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....