Monday, 23 October 2017

4 Fakta Antivirus Yang Mungkin Tidak Agan Sadari






Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulik tentang program antivirus pada komputer maupun ponsel. Memasang program antivirus yang handal merupakan salah satu upaya untuk menjaga perangkat kita tetap aman dari virus, worm, malware , dan ancaman online lainnya. Hal ini bisa membuat komputer selalu terpelihara dengan baik.

Sementara program antivirus sangat bermanfaat dalam banyak hal, ada beberapa fakta yang mungkin tidak disadari oleh konsumen. Perlindungan komputer agan memang sangat penting, namun memahami 3 hal berikut akan membantu agan memahami program antivirus dengan lebih baik.


Fakta Tentang Antivirus Yang Mungkin Tidak Disadari





1. Tidak Ada Perangkat Lunak Antivirus yang 100% Efektif


Ini mungkin bukan sesuatu yang ingin agan dengar, tapi hal ini memang memang benar adanya. Para vendor antivirus selalu mencari cara untuk memperbaiki perangkat lunak mereka dan tetap berada di atas para virus, namun virus baru dapat keluar setiap saat sehingga tidak mungkin bagi penyedia antivirus untuk mengatasi setiap virus dengan segera.

Ya, memang benar bahwa menggunakan perangkat lunak antivirus lebih baik daripada tidak menggunakanya, namun agan tidak akan pernah menemukan program antivirus yang 100% efektif.


2. Setiap Perangkat Lunak Memiliki Fitur Yang Berbeda Antara Satu Dengan Yang Lainya


Setiap vendor antivirus umumnya menawarkan fitur yang mungkin sedikit berbeda dari antivirus pesaingnya. Memutuskan program mana yang tepat untuk agan dan perangkat agan bergantung pada kebutuhan yang agan inginkan. Saya akan mengklasifikasikan program antivirus menjadi tiga kategori, yaitu non-residen, residen, dan keamanan internet.

  • Non Resident

Non-resident adalah pilihan sumber daya yang paling tidak efisien dan juga yang paling tidak efektif. Dengan jenis program ini, agan harus memindai file secara manual untuk melihat apakah perangkat agan terkena ancaman, malware, atau sejenisnya.

  • Resident

Perangkat lunak antivirus Resident akan melihat setiap file pada hard drive agan dan mengambil penggunaan sumber daya komputer yang tidak terlalu besar, atau sedang, namun, memberikan perlindungan yang masuk akal.

  • Keamanan Internet

Perangkat lunak keamanan Internet adalah perangkat lunak antivirus terbaik karena selalu mempertimbangkan semua lalu lintas data masuk dan keluar pada perangkat agan. Ini adalah pilihan sumber daya yang paling intensif dan terbaik, meskipun ini mungkin membuat kinerja komputer agan sedikit lebih lambat.


3. Program Antivirus Mungkin Salah Memblokir File Aman


Dalam dunia teknologi yang semakin maju, perangkat lunak antivirus akan memiliki kinerja yang lebih smart, namun mereka hanya bekerja berdasarkan program apa yang ditanamkan pada mereka. Pendapat yang umum adalah bahwa jika sebuah antivirus menandai sebuah file, file ini dapat dipastikan merupakan malware.

Namun dalam beberapa kasus, hal ini tidak bisa menjadi tolok ukur yang pasti apakah file tersebut merupakan virus atau bukan. Karena antivirus akan menandai seluruh file yang dicurigai sebagai virus, terlepas itu memang virus atau hanya file yang menyerupai virus. Jadi jngan kaget ketika ada beberapa file yang agan yakini aman, namun diblokir oleh program antivirus bahkan saat tidak ada ancaman dari mereka.

Setiap perangkat lunak memiliki proses yang berbeda saat mendeteksi virus, ancaman online, perangkat lunak perusak, dsb. Beberapa vendor mendeteksi pseudo-malware sementara yang lain tidak melihat risiko sama sekali. Pseudo-malware juga dikenal sebagai perusak, sampah, atau malware. Malware jenis ini biasanya merupakan hasil dari replikasi file yang salah atau perubahan yang dilakukan pada kode malware selama bertahun-tahun.

Bergantung pada kebijakan vendor antivirus, jenis malware ini bisa mengotori hasil uji. Hanya karena satu program mendeteksi lebih banyak virus daripada virus lainnya, ini tidak berarti melakukan pekerjaan yang lebih baik. Ini mungkin mendeteksi pseudo-malware dan setelah analisis lebih lanjut, agan mungkin menyadari bahwa itu sama sekali tidak berbahaya.


4. Proram Antivirus Besar Kadang Memiliki Sifat Egois


Pernahkah agan menginstall banyak antivirus secara bersamaan dalam satu perangkat?
Saya sendiri sudah pernah melakukan hal tersebut. Memang menginstall banyak antivirus secara bersamaan dalam satu perangkat terdengar seperti keputusan yang tepat untuk meningkatkan keamanan perangkat.

Kita berharap dengan menginstall banyak antivirus, mereka akan bekerja bersama-sama saling melengkapi satu sama lain. Hal ini memang bisa bekerja dengan baik jika agan menggunakan antivirus yang rendah hati seperti Smadav. Namun kalau agan secara tidak sengaja bertemu dengan program antivirus yang egois maka akan lain lagi ceritanya.

Bisa jadi antivirus yang seharusnya menjadi rekan kerjanya malah dia anggap sebagai virus pengganggu yang mengancam kedaulatanya dan tidak jarang dia menghapus atau mematikan antivirus tersebut. Sungguh antivirus yang sangat egois dan sombong.


Itulah sekilas pembahasan mengenai fakta antivirus.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....