Sunday, 8 October 2017

5 Sistem Operasi Distro Linux Paling Cocok Untuk Pendidikan Anak






Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempattan kali ini saya akan membahas mengenai ssistem operasi Linux yang paling cocok digunakan untuk anak-anak. Jika agan melihat anak-anak hari ini yang sangat gembiraan ketika mereka menggunakan teknologi baru atau gadget, dari situ dapat kita simpulkan bahwa anak-anak tersebut sangat terbuka dalam menerima setiap perkembangan teknologi dan juga suka bereksperimen. Hal yang sama berlaku untuk mereka saat mereka duduk di depan komputer mereka untuk pertama kalinya.

Namun, komputer milik orang dewasa sebearnya kurang cocok untuk menyediakan lingkungan yang ideal untuk anak-anak dalam belajar karena dari segi konten pun juga belum layak untuk dikonsumsi oleh seorang anak seusia mereka. Belum lagi sistem operasi yang pada umumnya memiliki tampilan dan menu-menu yang bagi mereka mungkin akan sedikit membingungkan dan rumit.

Untuk mencegah terjadinya kasus seperti itu, saya akan merekomendasikan agan untuk mencoba beberapa distribusi Linux yang dirancang oleh komunitas open source khusus untuk anak-anak agan.




Mengapa anak perlu belajar Linux?


Jika agan masih ragu-ragu ketika ingin menggunakan Linux maka saya akan sedikit memberikan gambaran dimana gambaran tersebut mungkin akan merubah persepsi agan terhadap Linux. Jika agan lebih suka jika anak agan belajar mengunakan komputer Windows maka saya juga tidak menyalahakan pendapat agan tersebut. Mungkin agan befikif bahwa mengajarinya menggunakan komputer Windows akan lebih berguna dimana mayoritas komputer yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari baik dirumah maupun di perusahaan adalah komputer Windows.

Namun agan jangan salah, Linux merupakan sistem opperasi yang akan sangat berguna di masa mendatang dalam hal perkembangan komputasi.. Linux memiliki beberapa infrastruktur paling kompleks di dunia, termasuk sistem ISS, Google, Facebook, Twitter, Tesla dan banyak lagi. Agan mungkin akan terkejut jika fakta mengetahui bahwa 9 dari 10 super komputer di dunia berjalan di Linux.

Jika kita berbicara tentang open source, belajar Linux bisa sangat berguna. Saat ini teknologi open source mengalami perkembangan sangat pesat, bahkan Linux sudah menguasai cloud dan server.


Mengapa sistem operasi Linux sangat cocok untuk anak-anak?


Distribusi Linux juga menyediakan kustomisasi dan variasi yang sesuai untuk mendorong pembelajaran anak. Anak-anak suka mengeksplorasi dan sistem operasi Linux dapat mendorong kreatifitasnya karena Linux adalah sistem operasi yang dapat di kostumisasi sesuka hati tanpa batasan.

Sistem operasi ini hadir dengan banyak program freeware gratis yang dapat menawarkan lingkungan belajar yang menyenangkan kepada anak Anda sejak awal. Anggota komunitas open source dari seluruh dunia telah menggunakan pengetahuan mereka untuk membuat banyak sistem operasi Linux yang tersedia secara gratis untuk anak-anak.


Daftar Distro Linux Terbaik Untuk Anak-Anak (Sistem Operasi Gratis)


1. Doudou Linux



Doudou Linux dirancang dengan desain antarmuka pengguna khusus untuk anak-anak yang berusia antara 2 tahun hingga 10 tahun. Sistem operasi ini dibuat dengan menu yang sederhana dengan tab dan ikon yang besar.

Secara default sistem operasi ini sudah dibekali dengan banyak permainan yang edukatif dan perangkat lunak yang sederhana. Sistem operasi bebas berbasis Debian ini tergolong ringan dan bisa dipasang di komputer lama karena hanya memerlukan RAM 256MB dan CPU 800MHz.


2. Sugar On A Stick



Sistem operasi yang satu ini dikembangkan berdasarkan Sugar Learning Platform yang telah memenangkan banyak penghargaan. Sugar On A Stick adalah sistem operasi Fedora Spin Live USB. Seperti namanya, Sugar On A Stick dirancang agar sesuai dengan stik USB sederhana dan siapapun bisa menggunakannya di komputer manapun.

Agan dapat menggunakan sistem operasi ini dari disk USB dan menjalankan di sebagian besar komputer berbasis x86. Sistem operasi dirancang untuk menyajikan lingkungan belajar bagi anak-anak yang menyenangkan dan murah. Sistem operasi gratis untuk anak-anak ini memungkinkan mereka memanfaatkan komputer mereka dengan lebih baik dan mulai belajar sebelum mereka bisa membaca atau menulis.


3. Edubuntu



Sistem operasi juga sering disebut sebagai Ubuntu versi pendidikan atau edukasi. Edubuntu dikembangkan oleh Canonical yang bekerjasama dengan para pendidik dan guru. Sasarang pengembangan ini berfokus pada kelompok usia yang lebih tua dan dilengkapi dengan pilihan untuk memasangnya sebagai sistem yang lengkap atau menggunakannya sebagai live CD.

Sistem operasi yang gratis untuk anak-anak ini memiliki keuntungan akses ke repositori Perangkat Lunak Ubuntu yang memungkinkan Anda menggunakan sebagian besar program Linux. Jika dibandingkan dengan sistem operasi lain yang tercantum di sini, Edubuntu memiliki sistem pembelajaran bagi anak yang lebih bagus.

Sistem operasi ini digunakan dan diajarkan di banyak sekolah di seluruh dunia karena dirancang untuk memudahkan guru mendesain keseluruhan lab komputer.


4. Ubermix



Ubermix adalah sistem operasi berbasis Linux yang banyak digunakan di sekolah seluruh dunia. Sistem operasi untuk anak-anak ini dilengkapi dengan banyak aplikasi yang berfokus pada pendidikan yang mencakup topik seperti desain, coding, internet, editing multimedia, dan banyak lagi. Ubermix dirancang untuk menggabungkan fungsi perangkat lunak bebas dan sifat open source Linux untuk memberdayakan anak-anak dan guru.

Ubermix dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyimpan perangkat lunak dan data di berbagai partisi. Karena ini, jika komputer mengalami kegagalan atau crash, pengguna dapat menginstal ulang sistem operasi dan menyimpan file penting.

Dengan menggunakan USB, Ubermix dapat di instal hanya dalam waktu lima menit dan proses reset 20 detik membuat manajemennya mudah tanpa perlu dukungan teknisi. Karakteristik serba bisa membuat Ubermix sebagai distro Linux yang tangguh untuk anak-anak.


5. Qimo



Qimo adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dibuat khusus untuk anak-anak. Sistem operasi ini cocok untuk anak usia 3-10 tahun. Qimo adalah sistem operasi gratis yang hadir dengan sejumlah aplikasi pendidikan seperti GCompris dan Childs Play.

Qimo menggunakan desktop Xfce dan bisa digunakan dengan baik sebagai live CD atau terinstal penuh sebagai sistem yang lengkap. Ada dock hadir tepat di desktop yang menyediakan akses ke banyak permainan Linux pendidikan.

Qimo menampilkan sebagian besar program pendidikan yang ditawarkan oleh Edubuntu. Ini adalah salah satu sistem operasi Linux terbaik untuk anak-anak namun proyek ini dimulai awal tahun ini.

Itulah beberapa sistem operasi dari distro Linux yang paling cocok untuk pendidikan anak yang tentunya dapat digunakan secara gratis.

Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel terkait: 

6 comments:

  1. Alhamdulillah, akhirnya dapat pencerahan dari inisiatif saya yang ingin mengadakan kelas teknologi bagi anak-anak tapi bingung memilih OS yang cocok, akhirnya nemu juga. Makasih mas admin..

    ReplyDelete
  2. hmmm keren mas artikelnya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada distro linux yang kaya gini gan perlu diajarkan anak - anak jangan ke windows mulu

    ReplyDelete
  4. Mantap gans gak rugi saya bookmark blog ini. artikelnya menarik sekali.

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat bermanfaat! mantap

    ReplyDelete
  6. ane lebih sreg sama ubermix gan kyaknya lebih interface sama anak2

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....