Tuesday, 31 October 2017

Cara Mudah Mengubah MAC Adress Di Kali Linux

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial pendek mengenai cara merubah MAC Adress pada Kali Linux. Jadi syaratnya tentu saja agan harus menggunakan PC dengan OS Kali Linux.

Mengubah MAC Adress atau yang lebih populer dengan istilah Spoofing MAC Adress biasanya memiliki beberapa tujuan. Namun tujuan utamanya adalah untuk penyamaran dan mencegah pelacakan.

Contohnya untuk menjaga privasi saat terhubung ke jaringan WiFi yang bersifat publik. Bisa juga untuk bypass blocking dari pihak administrator jaringan yang biasanya membuat aturan blocking di proxy atau router dengan menambahkan MAC Adress. Jadi untuk melewatinya kita bisa mensiasati dengan mengganti MAC Adress.



Cara Mengganti MAC Adress Di Kali Linux



Berikut langkah-langkah yang perlu agan lakukan:


  1. Buka terminal agan dan ketik ifconfig | grep HWaddr. Disini agan bisa melihat MAC Adress agan saat ini.
  2. Untuk dapat mengganti MAC Adress, kita harus memutus jaringan internet dulu dengan menjalankan perintah fconfig eth0 down.
  3. Setelah itu kita baru bisa melakukan konfigurasi MAC Adress baru. Masukan perintah fconfig eth0 hw ether 00:00:00:00:00:02. Agan dapat mengubah alamat MAC menggunakan format heksadesimal XX: XX: XX: XX: XX: XX
  4. Setelah itu agan bisa menghidupkan lagi jaringan internetnya dengan memasukan perintah ifconfig eth0 up
  5. Jika sudah, silahkan cek kembali MAC Adress agan dengan memasukan perintah yang sama seperti pada langkah ke-1. Jika sudah berubah berarti berhasil. Sampai langkah ini memang sudah berhhasil mengubah MAC Adress, namun hanya sementara saja. Saat agan melakukan restart maka MAC Adress akan kembali seperti semula. Jika ingin merubahnya secara permanen agan bisa mengikuti langkah selanjutnya.
  6. Kali Linux dibangun berdasarkan Linux Debian. Di Debian semua interface jaringan terletak di path /etc/network/interfaces.
  7. Kita akan melakukan konfigurasi pada /etc/network/interfaces. Dalam tutorial ini saya menyarankan menggunakan editor teks Pico, namun jika agan menggunakan yang lain juga tidak masalah. Masuk ke pico /etc/network/interfaces
  8. Disini agan bisa menambahkan satu baris script untuk mengubah MAC Adress agan secara permanen pre-up ifconfig eth0 hw ether 00:00:00:00:00:02
  9. Untuk mengembalikan MAC Adress seperti semula, silahkan tambahkan # pada awal script, sehingga akan menjadi #pre-up ifconfig eth0 hw ether 00:00:00:00:00:02.



Itulah langkah untuk mengubah MAC Adress pada Kali Linux. Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....