Tuesday, 17 October 2017

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan Metode DNS Hack






Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tutorial untuk meningkatkan kecepatan internet dengan cara merubah DNS alias DNS hack. Hack dalam hal ini bukan meretas atau merubah sistem ya... Hack itu artinya adalah solusi cerdas atau solusi yang tak terpikirkan sebelumnya.

Memang ada kalanya koneksi internet agan dalam keadaan baik-baik saja namun susah untuk mengakses internet dan kecepatan koneksinya pun sangat lambat. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah ada masalah dengan server DNS ISP yang agan gunakan.

Mengkonfigurasi server DNS khusus pada komputer agan bisa membuat koneksi internet agan menjadi lebih cepat dan memuat situs dengan cepat. Ada banyak cara untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat di Microsoft Windows. Hari ini, saya akan menunjukkan trik hack DNS sederhana yang bisa mempercepat penjelajahan web agan.

Saat kecepatan internet kita sedang menurun, kita sering menyalahkan provider ISP yang kita gunakan. Terkadang, masalahnya terkait dengan default DNS (Domain Name System) yang digunakan oleh ISP .Jadi, izinkan saya menjelaskan sesuatu tentang DNS sebelum memberi tahu agan metode untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat.




Apa itu DNS?


DNS (Domain Name System) adalah sistem penamaan yang digunakan untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP. Nama domain biasanya berstruktur alfanumerik agar kita dapat mengingatnya engan cepat, namun sebenarnya internet bekerja pada alamat IP. Server DNS, untuk nama domain, mengembalikan alamat IP yang sesuai saat diminta oleh komputer agan (client).

DNS memiliki jaringan sendiri yaitu satu server DNS yang dapat meminta server DNS lain untuk menerjemahkan nama domain tertentu ke alamat IP yang sesuai sampai mendapat hasil yang benar. Komputer dan perangkat lainnya menggunakan alamat IP untuk mengarahkan lalu lintas, dan sangat mirip dengan sistem panggilan dengan nomor telepon.

DNS bertindak sebagai operator otomatis yang membantu kita melewati alamat alamat IP yang tidak terbatas. DNS agan bekerja untuk mengelola tugas yang sangat besar ini.

Bagaimana Layanan DNS Alternatif Akan Mempercepat Kecepatan Browsing?


Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kecepatan internet yang lambat milik agan tidak selalu merupakan kesalahan penyedia layanan internet agan. Bisa jadi masalah ini disebabkan karena server DNS yang tidak efisien. Jadi mengapa agan tidak mencoba menggunakan layanan DNS alternatif?

Karena halaman web sekarang terus menjadi semakin rumit dengan menanamkan banyak hal, client harus mencari beberapa DNS untuk merender satu halaman web tunggal. Dengan internet yang dihitung dengan ukuran per jam, infrastruktur DNS bekerja dengan beban yang besar setiap hari.

Sekarang, saya akan memberitahu agan untuk menggunakan layanan DNS publik gratis yang akan meminta komputer agan menggunakan server DNS khusus daripada menggunakan server DNS default dari ISP agan. Ini akan membantu agan mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecepatan Browsing Dengan Menggunakan DNS Hack?


Untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat, saya ingin memberi tahu agan tentang OpenDNS. Agan juga bisa menggunakan Google DNS untuk mempercepat internet. OpenDNS adalah salah satu layanan DNS gratis yang paling populer yang mulai memberikan metode alternatif kepada pengguna yang tidak puas dengan server DNS default mereka.

Bagaimana cara mengkonfigurasi OpenDNS di Microsoft Windows?


Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini, agan dapat menetapkan OpenDNS sebagai server DNS pilihan di Microsoft Windows. Ini akan memungkinkan berbagai aplikasi untuk melakukan nslookup menggunakan OpenDNS daripada server DNS default ISP agan.


1. Untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat menggunakan OpenDNS, buka Control Panel.


2. Buka Network and Sharing Center.


3. Di sini,klik "The name of network", baik itu WiFi atau Ethernet.




4. Pada jendela berikutnya yang muncul, klik Properties.




5. Klik Internet Protocol Version 4 (TCPIPv4) dan klik Properties.




6. Sekarang klik "Use the following DNS server addresses" dan masukkan alamat yang diberikan di bawah ini untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat

  • Server DNS pilihan: 208.67.222.222
  • Server DNS alternatif:208.67.220.220

Jika mau, agan bisa mengganti alamat ini. Klik OK untuk menyimpan dan melanjutkan.




Sekarang, agan menggunakan server OpenDNS yang bisa membantu mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat.

Cara mengkonfigurasi IPv6 custom DNS:


Sejak penggunaan alamat IPv6 sedang mendominasi, saatnya agan mengkonfigurasi server DNS iPv6 juga. Pilih Internet Protocol Version 6 (TCP / IPv6) dan klik Properties.

Pilih alamat server DNS berikut ini:


  • Server DNS pilihan: 2620:0:ccc::2
  • Server DNS alternatif: 2620:0:ccd::2


Bagaimana cara mengkonfigurasi Google Public DNS di Microsoft Windows?


Ganti alamat IP tersebut dengan alamat IP dari server DNS Google di langkah  ke-6.

  • Untuk IPv4: 8.8.8.8 dan atau 8.8.4.4
  • Untuk IPv6: 2001:4860:4860::8888 dan atau 2001:4860:4860::8844



Sekian pembahasan mengenai cara untuk meningkatkan kecepatan internet dengan metode DNS hack.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.



Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....