Monday, 16 October 2017

Cara Verifikasi Keamanan File Dari Virus Sebelum Di Download






Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan tutorial ketika melakukan aktivitas download di internet. Saya yakin aktivitas agan di internet juga tidak lepas dari kegiatan download. Seperti mendownload software, aplikasi, foto, audio, video, dan dokumen.

Nah untuk menjamin keamanan dalam aktivitas download, saya sudah merangkum beberapa tips untuk menaga agar file yang akan kita download itu benar-benar aman dan bebas diri segala jenis program ilegal.


Tips Cara Memverifikasi Keamanan File Sebelum Di Download




1. Tips Mengetahui Tujuan Link Yang Diperpendek Dengan Pemendek Link


Salah satu kerentanan saat mendownload adalah mayoritas link download menggunakan pemendek link (Shortner Link). Alibi mereka tentu saja untuk memperpendek link donwload dan untuk mengamankanya (Safe Link). Namun faktanya justru banyak Safe Link yang mendirect pengguna ke tautan yang justru tidak aman. Kita juga tidak mengetahui akan di bawa ke mana karena link tujuan umumnya di enkripsi baik dengan enkripsi Base64 atau yang lainya.

Bisa-bisa tujuan link tersebut adalah menuju link download yang mengandung virus. Namun untungnya banyak tool-tool yang bisa kita gunakan untuk mengetahui link tujuan dari pemendek link tersebut. Salah satunya kita bisa menggunakan salah satu ekstensi di Google Chrome yang bernama UnshortenIt.

Saat agan menjumpali link yang diperpendek, cukup klik kanan pada link tersebut dan pilih "Unshorten this link..." dan dalam beberapa detik akan muncul link tujuan dari tautan tersebut. Cara ini menggunakan jasa dari ekstensi Chrome.

Namun jika agan tidak ingin repot-repot memasang ekstensi di Chrome atau sedang tidak menggunakan Chrome, saya masih mempunyi metode lain untuk mengintip tujuan dari link yang diperpendek. Yaitu dengan mengunjungi situs Unfurlr. Agan hanya perlu menyalin link yang diperpendek dan silahkan paste di kolom Unfurlr dan klik Check It. Nanti akan muncul link tujuan dari tautan yang agan paste tadi.

Bagi agan yang menggunakan smartphone, agan bisa mendownload aplikasi untuk mengecek link tujuan dari tautan yang di perpendek. Untuk pengguna iOS, dapat menggunakan aplikasi X-ray URL. Sedangkan untuk pengguna android dapat menggunakan aplikasi URL Manager. Cara kerja 2 aplikasi diatas juga sama seperti ekstensi dan situs yang sudah saya jelaskan diatas.

Download URL Manager Untuk Android
Download X-ray URL Untuk iOS


2. Cara Mengecek Keamanan File Yang Akan Di Download


Setelah kita mengetahui link download sebenarnya dari tautan yang diperpendek, saatnya kita mengecek file nya langsung. Namun untuk mengeceknya kita perlu mengetahui link downloadnya langsung. Maksudnya adalah kita harus mengantongi alamat link download yang langsung mengarah ke file yang akan agan download.

Ciri-cirinya yaitu diakhir link download tersebut ada ekstensi dari file yang akan kita download. Misalnya jika kita akan mendownload file video, maka ekstensi di akhir link adalah .mp4, .mkv, .avi, .flv, dan sejenisnya. Jika ingin mendownload audio maka ekstensi di akhir link downloadnya adalah .m4a, .wav, .mp3, .aac, .oog, dan sejenisnya. Hal ini juga untuk file dokumen, software, dan lain-lain.

Contoh link nya seperti http://webdownload.com/v/xxxxx/[IndoBlogger]Syrus_v123.apk
Setelah mendapatkan linknya silahkan kunjungi situs VirusTotal dan masukan link tersebut di kolom yang tersedia lalu Scan.
Saat ini VirusTotal sudah tersedia ekstensinya dan mendukung untuk browser Google Chrome, Internet Explorer, dan Mozilla Firefox.

Itulah tips untuk memverivikasi keamanan file sebelum di download.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. nice artikelnya bang, saya paling betah nih disini, malah aku bookmark di browser androidku, artikelnya menarik menarik untuk di baca.

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....