Wednesday, 25 October 2017

Ciri-Ciri Smartphone Android Terkena Virus Malware Dan Cara Mengatasinya






Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ciri-ciri atau tanda bahwa smartphone android kita sudah terserang virus malware.

Banyak hal penting yang bisa kita lakukan melalui smartphone kita. Di antaranya adalah untuk menaruh dan mengakses data-data penting perusahaan, menjalankan berbagai transaksi perbankan, dan kesibukan lainnya yang terkait dengan internet.

Namun ada kabar buruk bagi agan yang sering beraktivitas menggunakan smartphone, yaitu sekitar 55% pelaku cyber menargetkan pengguna smartphone Android. Apakah smartphone yang kita pakai telah terinfeksi virus atau malware?
Berikut ini adalah ciri-ciri smartphone Android terkena virus dan solusinya.



Ciri-Ciri Smartphone Android Terkena Virus Malware Dan Cara Mengatasinya



1. Muncul Iklan Pop-up


Ciri-ciri smartphone terkena virus yang pertama yakni munculnya iklan di sana-sini, apalagi jika ada iklan atau pesan yang timbul secara tiba-tiba atau pop-up. Kalau agan menemukannya dikala sedang membuka aplikasi atau game yang versi gratis, itu wajar.

Namun jika agan menemukan iklan atau pesan pop-up tersebut muncul saat agan tidak menjalankan aplikasi apa-apa, maka agan patut curiga. Misalnya di homescreen, lockscreen, atau ketika membuka aplikasi yang umumnya tidak menimbulkan iklan.

Jika muncul suatu pesan atau iklan pop-up, sebaiknya agan jangan menkliknya. Itu adalah salah satu jalan para peretas untuk mengambil data penting milik agan.


2. Mengirim atau Mendapatkan SMS Aneh


Smartphone yang terinfeksi oleh malware juga sering mengirim SMS secara otomatis dan diam-diam, atau bahkan bisa melakukan  panggilan telepon ke nomor tertentu secara otomatis. Seandainya agan menemukan SMS aneh, tetapi tetapi agan tidak merasa melakukanya, kemungkinan smartphone agan sudah di-hack.

Para peretas mungkin juga menggunakan metode phising untuk mengambil alih akun perbankan atau media sosial milik agan. Solusi untuk menghindari teknik SMS phising, segera agan hapus SMS yang mrncurigakan tersebut dan akan lebih aman jika agan mengaktifkan otentikasi dua langkah di seluruh layanan yang menggunakan akun dan password.


3. Baterai Smartphone Boros


Baterai smartphone agan lebih cepat habis dari biasanya?
Meski agan menggunakan telepon seluler secara wajar seperti biasanya. Hal itu disebabkan karena mungkin ada program lain yang berjalan dibackground yang bisa jadi itu adalah virus.

Cobalah untuk mencari tahu apakah ada aplikasi yang tidak diharapkan ada di Android agan. Agan bisa membuka Settings > Apps untuk memeriksa daftar semua aplikasi yang ada di smartphone. Melalui daftar aplikasi agan bisa memantau seluruh progam yang terpasang di smartphone. Jika agan jeli, untuk menemukan program ilegal tersebut bukanlah hal yang sulit.


4. Smartphone Lemot


Tanda lain smartphone terkena virus selanjutnya yaitu menurunnya kinerja,smartphone menjadi lemot dan bahkan tak jarang terjadi hang. Mungkin smartphone agan sudah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya. Solusi yang dapat agan lakukan yaitu cobalah untuk menlakukan 'clear cache'.

Cache yaitu beberapa file aplikasi dan laman-laman yang disimpan pada smartphone dengan tujuan untuk mempercepat waktu yang diperlukan saat agan membuka aplikasi kembali.


5. Kuota Paket Data Habis


Kuota yang cepat habis juga dapat menjadi pertanda bahwa smartphone agan terjangkit virus. Coba cek dulu aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internet agan. Caranya buka Pengaturan > Data usage. Dari situ, agan dapat memantau daftar aplikasi yang paling banyak menyedot kuota.

Jika aplikasi tersebut sering agan gunakan, maka wajar jika banyak mengonsumsi kuota internet. Namun yang tidak wajar yaitu jika ada aplikasi yang sangat jarang sekali agan pakai ternyata muncuk dalam daftar teratas sebagai aplikasi paling banyak menyedot kuota. Seandainya agan menemukan hal yang seperti itu, sebaiknya hapus aplikasi tersebut.


6. Waktu Booting yang Lama


Ciri-ciri ponsel yang terinfeksi malware selanjutnya yaitu waktu booting yang lama disaat agan menyalakan atau me-restart smartphone Ada dua kemungkinan, pertama RAM dan kapasitas memori internal agan yang kecil. Atau yang kedua yaitu karena adanya malware yang memerlukan waktu yang agak saat booting.

Seandainya memang kondisinya lebih parah dan sangat lama, solusi yang dapat agan lakukan yaitu factory reset.


7. Redirect Malware


Jika saat agan sedang berselancar atau membuka aplikasi tertentu, lalu tiba-tiba muncul redirect ke web yang mencurigakan, makabagan perlu waspada. Karena bisa saja itu ulah dari malware. Solusinya yaitu dengan kembali memeriksa daftar semua aplikasi yang ada di smartphone.


Itulah beberapa tanda yang bisa mengindikasikan bahwa smartphone Android agan sudah terkena virus malware. Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....