Breaking

Sunday, 8 October 2017

Mozilla Firefox Akan Menghentikan Dukungan Untuk Windows XP Dan Vista





Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kaar berita terkai rencana Mozilla Firefox yang akan menghentikan dukunganya untuk Windows Vista dan Windows XP. Pernyataan resmi dari pihak Mozilla yaitu bahwasanya perusahaan akan menghentikan segala jenis dukungan untuk Firefox pada sistem operasi Windows Vista dan Windows XP pada Juni 2018.

Firefox versi 52 adalah rilisan terakhir yang memiliki dukungan penuh untuk Vista dan XP. Sejak Maret 2017, bagi para pengguna sistem operasi ini hanya bisa menggunakan Firefox ESR (Extended Support Release). Sebagai bagian dari ESR, mereka hanya mendapatkan update keamanan yang akan terus berlanjut hingga Juni 2017.

Mozilla mengatakan bahwa Firefox adalah salah satu dari sedikit web browser yang masih mendukung digunakan pada sistem operasi Windows Vista dan Windows XP. Dengan dirilisnya Google Chrome 50, Google juga mencabut dukungan terhadap Windows XP, Windows Vista, OS X 10.6, OS X 10.7, dan OS X 10.8.

Bahkan pihak Microsoft pun juga sudah mencabut steker Windows XP sejak tahun 2009, dan perpanjangan dukungan pun juga sudah dicabut sejak tahun 2014 silam. Begitu juga dengan Windows Vista yang juga sudah dicabut layanan dukunganya sejak bulan April 2017 kemarin.

Padahal hingga saat ini saya masih melihat beberapa orang yang menggunakan sistem operasi Windows XP pada komputer mereka, khususnya di warnet-warnet dimana mayoritas kalo tidak pakai Windows XP ya Windows 7. Saat inidari semua perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows, terhitung sebanyak 4,19% masih setia menggunakan sistem operasi Windows XP. Angka tersebut saya lansir dari laman Stat Counter yang dihitung pada bulan September 2017 kemarin.

Namun untuk Windows Vista sendiri saat penggunanya tergolong sangat sedikit, yaitu hanya 0,79 saja dari semua perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows, sehingga tidak banyak yang akan merasa berat dengan keputusan pencabutan dukungan Firefox untuk Windows Vista.

Hal ini sehanrusnya mendorong mereka yang masih menggunakan Windows Vista dan Windows XP untuk segera menggunakan sistem operasi yang lebih baru. Untuk apa menggunakan komputer kelas high end kalau hanya menggunakan sistem operasi lama yang belum mendukung program-program keluaran baru? Bukankah tujuan dari pembaruan sistem adalah agar menjadi lebih baik.

Bahkan saya sendiri pun sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 di PC saya sejak awal kemunculanya. Waktu itu banyak yang bilang kalau Windows 10 itu belum stabil dan masih banyak crash dan error dengan driver lama. Ya kalau itu sih saya masih menganggapnya sebagai hal yang wajar, karena memperbarui salah satu sistem maka kemungkinan akan membuat sistem lain tidak bisa bekerja dengan baik dengan” program asing” tersebut.

Orang-orang yang menghakimi Windows 10 tersebut kalau saya tanya apakah mereka sudah pernah mencobanya, pasti mereka akan menjawab belum pernah. Terus dari mana sumber pendapat tersebut?
Entah, mungkin juga sama-sama terhasut oleh orang lain. Bahkan pengalaman saya selama menggunakan Windows 10 sih lancar-lancar saja.

Bahkan performanya melebihi perkiraan saya. Windows 10 adalah sistem operasi Windows series terbaik saat ini setelah Windows 7 menurut saya. Jadi pesan saya, jangan takut untuk mengupdate sistem operasi agan ke Windows 10 jika memang menggunakan sistem operasi Windows.

Itulah kabar berita mengenai rencana Mozilla mencabut dukungan Firefox untuk Windows Vista dan Windows XP Juni 2018 mendatang.
Jika agan ingin request artikel, agan dapat mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog yang sederhana ini, semog bermanfaat.




No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox