Breaking

Thursday, 5 October 2017

Akhirnya Whatsapp Sudah Benar-Benar Diblokir Permanen Di China



Hai minna-san, jumpa lagi di Indokids Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selau dalam keadaan baik dan sehat.

Sudah sejak lama diketahui bahwa China membatasi aktivitas di dunia maya warganya dengan memblokir banyak situs dan layanan sosial media di negaranya. Bahkan search engine Google sosial media paling populer Facebook pun juga tak luput dari filter penyensoran oleh pihak pemerintah China. Dimana saat ini search engine yang digunakan di negara China adalah search engine lokal yaitu Baidu.

Namun baru-baru ini muncul kabar bahwa aplikasi instant messaging Whasapp sudah diblokir secara permanen di China. New York Time melaporkan kabar ini setelah para ahli keamanan mengkonfirmasi berita tersebut. Sejak Juli kemarin, pihak China telah memblokir aplikasi yang digunakan untuk aktifitas pertukaran video dan foto online.Dan bahkan saat ini pesan teks pun juga dilarang, oleh karena itu Whatsapp pun terkena imbasnya.

Nadim Kobeissi, seorang ahli kriptografer terapan dari Symbolic Software yang juga memantau kebijakan pemfilteran konten digital di China mengatakan bahwa aktiitas pemfilteran dan pemblokiran aktifitas pertukaran foto dan video secara online di China di bulan Juli telah lebih intensif. Hal ini di tandai dengan memperketat pemfilteran hingga pesan teks pun dilarang, sehingga menghalangi Whatsapp untuk meluncur melintasi China.


Dilansir dari kicauan Stephen McDonell di Twitter, nampaknya layanan Whatsapp sudah benar-benar di blokir di daratan China dan hanya dapat di akses menggunakan VPN agar bisa lolos dari pemfilteran firewall internet China.

Namun pihak pemerintah China juga tidak tinggal diam, mereka telah mengupgrade sistem firewallnya dengan menggunakan Noise Socket Protcol untuk memblokir pengguna Whatsapp yang menggunakan VPN. Bahkan para penyedia jasa VPN di China pun juga diperketat peraturanya, yaitu harus mempunyai lisensi khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah China.

Kemungkinan alasan aksi pemblokiran Whatsapp di China terjadi karena Kongres Nasional Partai Komunis China ke-19 . pertemuan sensitif tersebut digelar setiap 5 tahun sekali, menyatukan sekitar 2.200 delegasi partai dari seluruh daratan China. Alasan pemblokiran tersebut karena Whatsapp memiliki fitur enkripsi pesan End-to-End yang membuat pihak ketiga dari luar tidak bisa menyadap dan memantau aktifitas perpesanan penggunanya.

Dengan diblokiranya Whatsapp, pemerintah China berharap mereka akan beralih menggunakan aplikasi lokal mereka yaitu WeChat. Dengan begitu memungkinkan pihak pemerintah China untuk memantau aktifitas perpesanan dan melihat data pribadi penggunanya.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, ini bukan pertama kalinya pemerintah China memblokir aplikasi agar tidak digunakan warganya. Sekitar 171 aplikasi dan situs yang paling populer di blokir di China. Daftar aplikasi yang dilarang dalam sejarah pemerintahan China antara lain Facebook, Instagram, Messenger, Twitter, dan Wikipedia. Dimana Facebook sudah di blokir di China sejak tahun 2009.

Masih belum jelas apakan larangan tersebut bersifat sementara atau permanen. Jika pemblokiran ini bersifat permanen tentunya akan sangat mengganggu aktifitas bisnis tentunya. Namun pihak Whatsapp menolak berkomentar tentang status pemblokiran  Whatsapp di China.

Itulah kabar terbaru tentang Whatsapp yang diblokir oleh pemerintah China.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui formulir yang sudah tertera di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox