Wednesday, 8 November 2017

Cara Dasar Mengoperasikan Komputer Yang Baik Dan Benar

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Stelah sekian lama saya membuat postingan bagi yang sudah menguasai gadget Android dan komputer, akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel tutorial komputer bagi pemula. Yaitu saya akan membahas dasar-dasar cara mengoperasikan komputer yang baik dan benar bagi pemula.

Aat ini keterampilan mengoperasikan komputer merupakan sesuatu yang vital karena saat ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan sehari-hari sudah menggunakan sistem komputerisasi. Mulai dari pendaftaran di loket hingga pekerjaan-pekerjaan industri sekarang juga sudah mengadopsi sistem komputerisasi. Seperti pekerjaan bubut, frais, dan grinding yang dulunya masih dikerjakan secara manual sekarang sudah menngunakan alat CNC yang sudah terprogram menggunakan rumus komputerisasi MasterCam.

Karena basic saya adalah seorang teknik permesinan manufaktur jadi sedikit mengetahui hal tersebut. Haduh saya malah terbawa suasana jadinya malah membahas permesinan. Langsung saja kita akan menuju bahasan utama biar tidak kemana-mana materinya. Komputer memiliki banyak sekali komponen-komponen elektonik yang sangat sensitif dan rentan. Karena berisi banyak chip-chip yang membuat komputer dapat bekerja dengan baik.

Kesalahan sedikit dalam prosedur pemakaianya dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen hardware yang berujung harus mengganti sebagian atau dalam kasus paling parah kita harus mengganti motherboard komputer. Kesalahan prosedur yang saya maksud yaitu seperti saat mematikan komputer maupun saat menggunakanya. Jika kita mematikan komputer tanpa melakukan prosedur yang benar maka dapat berakibat fatal terhadap komponen komputer. Oleh  karena itu saya suda menyusun materi tetang prosedur-prosedur pengoprasian komputer yang baik dan benar.



Cara Dasar Mengoperasikan Komputer Yang Baik Dan Benar



1. Prosedur Menyalakan Komputer


Sebelum kita menghidupkan komputer kita harus memastikan dulu seluruh perangkat komputer sudah dalam keadaan yang baik seperti perangkat mouse, keyboard, dan monitor sudah terhubung dengan baik. Juga jangan lupa pastikan bahwa perangkat lunak komputer sudah dalam keadaan siap pakai seperti Sistem Operasi dan Driver-Driver dasar komputer.
Urutan dalam menyalakan komputer yaitu:
Hubungkan komputer ke sumber listrik.
Tekan tombol power pada bagia depan CPU, selanjutnya hidupkan juga monitornya.
Tunggu beberapa saat agar komputer selesai melakukan proses booting. Jika sudah keluar tampilan Dekstop maka komputer sudah siap diunakan.


2. Prosedur Mengoperasikan Komputer


Langkah selanjutnya adalah mengoperasikan komputer. Disini saya tidak bisa menjelaskan satu persatu secara detail, silahkan agan coba-coba sendiri. Jangan takkut karena jika kerusakan komputer hanya diakibatkan karena kesalahan perangkat lunak maka tidak berbahaya bagi komputer karena mudah dan murah dalam memperbaikiniya.

Untuk melihat menu seluruh progam silahkan agan klik menggunakan mouse pada bagian logo Windows atau jendela di pojok kiri bawah lalu masuk All Program. Silahkan agan buka program yang agan inginkan. Jika agan ingin menulis kalimat silahkan membuka Microsoft Office Word, jika ingin membuka program pengolah angka silahkan buka Microsft Office Excel, dan lain-lain.

Silahkan buka program sesuai dengan tujuan awal agan ingin mengoperasikan komputer. Jika dirasa menu program di komputer kurang lengkap silahkan install sendiri. Banyak penyedia pogram gratis di internet, langsung download aja. Misal jika agan ingin mendesain bangunan arsitek agan bisa menggunakan AutoCAD, jika agan ingin jadi desainer manufaktur silahkan gunakan Autodesk Inventor, jika agan ingin jadi desainer grafis silahkan gunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw.


3. Prosedur Mematikan Komputer


Ini adalah tahap paling vital, karena jika mematikan komputer dengan cara yang salah maka bisa berakibat fatal bagi hardware komputer seperti processor, chipset, hard disk, dan lainnya. Sangat dilarang mematikan komputer dengan cara mencabut langsung dari stop kontak. Karena kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada komponen regulator komputer. Jika sampai komponen regulator komputer tersebut rusak maka komputer tidak akan mau dinyalakan, mentok hanya menyala lampu powernya saja namun kipas processor tidak akan mau menyala.

Prosedur mematikan komputer yang paling benar adalah dengan cara melakukan Shutdown, langkah-langkahnya adalah:
Tutp dan save semua program yang terbuka di dekstop.
Lalu klik logo Windows di pojok kiri bawah, lalu pilih menu Shutdown, lalu tunggu hingga komputer sudah benar-benar mati baru boleh dicabut dari sumber daya.

Ada beberapa kasus komputer mengalami galat atau error sehingga menjadi freeze alias membeku. Jika sudah dalam keadaan seperti itu kita tidak bisa melakukan prosedur seperti diatas untuk mematikan komputer. Satu-satunya cara yaitu dengan  mematikan komputer secara paksa. Ingat, secaa paksa disini bukan dengan mencabut komputer dari sumber daya. Melainkan dengan cara memencet dan menahanya beberapa detik tombol power di CPU sampai komputer mati. Umumnya kita menahan tombol tersebut 3-7 detik.


Itulah ddasar prosedur pengoperasian komputer yang baik dan benar. Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....