Sunday, 12 November 2017

Cara Memaksa Browser Agar Selalu Mengingat Password Dan Username

Hai minna-san jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk memaksa browser agar selalu mengingat password dan username.

Walaupun saat ini mayoritas situs yang sudah mendukung untuk login menggunakan password dan username sudah menggunakan fitur Remember Password, namun ada sebagian yang tidak menggunakan fitur ini karena berbagai alasan.

Umumnya setiap browser sudah mempunyai kemampuan untuk mengingat detail password dan username saat kita pertama kaki melakukan login. Sehingga untuk mengakses situs yang sama selanjutnya kita tidak perlu lagi mengisi bidang password dan username karena sudah diisi secara otomatis oleh browser dengan password dan username yang sudah tersimpan saat pertamakali login.

Bagi agan yang menginginkan kemudahan maka fitur ini menjadi sangat membantu. Namun seperti yang sudah saya sampaikan diatas, masih ada beberapa situs yang mematikan fitur Remember Password secara sengaja. Misalnya adalah situs PayPal dan situs transaksi keuangan perbankan lainnya yang mematikan fitur Remember Password karena alasan keamanan. Setiap kali melakukan transaksi kita harus memasukan lagi bidang password dan username.



Cara Memaksa Browser Mengingat Password Dan Username


Masih bisakah kita memaksa browser mengingat password dan username pada situs yang mematikan fitur Remember Password?
Jawabanya bisa. Salah satu caranya adalah menggunakan bantuan ekstensi pada browser tersebut. Saya sarankan untuk menggunakan ekstensi Remember Password untuk Chrome dan ini akan memaksa browser untuk mengingat password dan username agan meskipun situs web tersebut telah menonaktifkan fitur Remember Password.

Saya akan menjelaskan cara untuk memaksa browser mengingat password dan username menggunakan ekstensi tersebut. Tapi pertama-tama akan saya jelaskan dulu bagaimana mekanisme suatu situs saat mematikan fitur Remember Password.


Mekanisme Suatu Situs Untuk Menonaktifkan Fitur Remember Password 


Mereka menonaktifkan pilihan auto-fill untuk form login hanya dengan melakukan konfigurasi autocomplete=off untuk bidang password dan username.

<input type=”password” name=”password” autocomplete=”off”

Agan dapat mengaktifkan kembali fitur ini dengan menkonfigurasi ulang bidang auto-fill password dan username menjadi on.

varfields=document.querySelectorAll(‘input[type=”password”]’);for(vari=0;i<fields.length;i++) { fields[i].autocomplete=“on”; }

Apa yang diperlukan untuk mengaktifkan lagi fitur Remember Password?


Agan tidak perlu pusing-pusing bermain dengan kode karena sudah ada estensi Chrome yang sederhana bernama Remember Password. Agan tinggal menginstalnya saja, maka ekstensi ini akan bekerja otomatis untuk agan. Pasang ekstensi ini dan kunjungi situs web yang menyediakan transaksi online maka sekarang akan dapat mengingat password dan username agan.

Itulah tutorial singkat tentang cara untuk memaksa browser agar selalu mengingat password dan username kita. Tetap pantau selalu blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....