Breaking

Tuesday, 21 November 2017

Cara Memantau Jaringan Pada Windows Menggunakan Perintah Netstat CMD


Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan metode yang dapat agan gunakan untuk memantau atau memonitor jaringan hanya dengan menggunakan CMD melalui perintah Netstat.

Seperti namanya, perintah Netstat adalah kependekan dari Network Statistik. Namun, perintah sederhana ini memiliki banyak kemampuan untuk melihat banyak informasi tentang jaringan yang terhubung ke perangkat kita seperti port, status, koneksi (incoming dan outgoing), protokol, dan informasi-informasi lainnya. Untuk mencari informasi tertentu agan hanya perlu membuka Command Prompt dan  mengetikan baris perintah sederhana. Berikut sudah saya rangkum baris perintah dari Netstat yang mungkin berguna bagi agan.


Daftar Baris Perintah Netstat Windows


netstat

Seperti yang bisa agan lihat di atas, perintah ini akan menampilkan semua koneksi dari komputer agan. agan bisa melihat local adress dan foreign adress dalam format raw. Metode ini menonaktifkan pencarian DNS karena memerlukan waktu dan seringkali tidak perlu melakukan pencarian untuk mendapatkan informasi yang ingin dicari. Selain itu, agan juga dapat melihat bahwa perintah Netstat menampilkan keadaan semua koneksi pada perangkat saat ini, misalnya:
  • Listening: Sambungan sedang menunggu balasan dari foreign host.
  • Estabished: Koneksi sudah ada.
  • Close_wait: Sambungan telah ditutup dari jarak jauh (remote) dan komputer agan mungkin menunggu sisa paket tiba.
  • Time_wait: Endpoint lokal telah mengakhiri koneksi. Sambungan sedang dipelihara atau diperbaiki sehingga setiap paket tertunda dapat disesuaikan dengan koneksi dan ditangani dengan tepat.

Setiap entri di bawah perintah ini akan menunjukkan alamat IP diikuti oleh nomor port. Agan akan melihat tampilannya seperti ini:

TCP 192.168.1.8:55544 111.221.29.125:443 ESTABLISHED

Di sini TCP akan bertindak sebagai protokol, 192.168.1.8 adalah alamat local IP, 55544 adalah nomor local port, 111.221.29.125 adalah alamat foreign IP, dan 443 adalah nomor foreign port saat koneksi sudah ada.
Jika agan mengetahui nomor port maka agan dapat mengetahui dari entri di atas bahwa itu adalah koneksi HTTPS ke alamat IP 111.221.29.125.


netstat -a

Dengan perintah ini agan dapat melihat semua koneksi aktif dan bukan hanya menampilkan alamat IP raw dari foreign adress, namun juga beserta DNS nya.


netstat -e

Perintah ini akan menunjukkan statistik dari keseluruhan paket.


netstat -sp

Perintah Netstat ini menunjukkan statistik per protokol. Jika agan ingin mengetahui statistik untuk protokol tertentu, agan dapat mengikuti varian perintah Netstat berikut seperti perintah di bawah ini:

  • netstat -sp ip untuk statistik ipv4
  • netstat -sp ipv6 untuk statistik ipv6
  • netstat -sp icmp untuk statistik icmpv4
  • netstat -sp tcp untuk statistik tcp IPv4
  • Dan lain-lain

Itulah beberapa perintah Netstat Command Prompt pada Windows yang bisa agan gunakan untuk memantau jaringan.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox