Monday, 6 November 2017

Cara Memblokir Program Agar Tidak Mengakses Internet di Windows

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara memblokir program agar tidak mengakses internet di komputer Windows, sehingga bisa mengurangi penggunaan data internet bulanan agan.

Perangkat lunak pihak ketiga yang berada di komputer agan dapat mengakses internet dan hanya ada beberapa program yang benar offline yang tersedia untuk komputer. Tapi ada kalanya agan mungkin tidak ingin program tertentu diinstal di sistem agan untuk mendapatkan akses ke internet. Seperti, misalnya agan mungkin tidak ingin terus-menerus memeriksa pembaruan, terganggu dengan iklan yang terus muncul, atau khawatir dengan data sensitif apa pun yang ada di perangkat lunak agan. Jika fitur penting dari aplikasi tidak bergantung pada konektivitas internet, agan bisa memilih untuk memutus akses internet untuk program itu.


Bagaimana cara memblokir program dari akses internet?


Windows sudah menyediakan fitur ini untuk agan gunakan secara gratis, yaitu menggunakan Windows Firewall. Windows Firewall tidak hanya dapat melindungi komputer agan dari malware dan ancaman keamanan lainnya namun juga dapat dikonfigurasi untuk memblokir program apapun dari mengakses internet.


Bagaimana cara memblokir program di menggunakan Firewall?


Hanya dengan mengikuti serangkaian langkah sederhana, agan dapat memblokir perangkat lunak manapun untuk mengakses internet. Langkah-langkahnya sama untuk Windows 7, Windows 8 atau Windows 10. Agan dapat memblokir lalu lintas masuk atau lalu lintas keluar untuk program apa pun. Lalu lintas masuk mengacu pada semua data yang masuk ke program agan dari server di tempat lain. Lalu lintas keluar disebabkan oleh koneksi yang dilakukan oleh program agan.


Langkah Untuk Memblokir Program Agar Tidak Bisa Mengakses Internet Di Windows 7, 8, dan 10


Langkah #1

Saat berada di desktop, tekan Windows + X dan pilih Control Panel dari pilihannya. Sebagai alternatif, jika agan menggunakan Windows 10, cari Control Panel di search bar dan klik Control Panel untuk membukanya.


Langkah #2

Klik pada Windows Firewall di Control Panel.


Langkah #3

Di sisi kiri jendela berikutnya, klik pada Advanced Settings.


Langkah #4

Klik pada Outbound Rules. Di sini agan dapat membatasi akses internet untuk aplikasi tertentu.


Langkah #5

Di bawah panel Actions di sisi kanan jendela, klik New Rule.


Langkah #6

Klik Program dan tekan Next.


Langkah #7

Ketik jalur tempat program Anda terinstal atau cari dengan opsi Browse. Path aplikasi umumnya berupa "C:\Program Files\application.exe" atau "C:\Program Files (x86)\application.exe" dimana 'application' adalah nama dari program yang ingin agan blokir dari memiliki Akses internet.


Langkah #8

Di jendela Action, pilih Block the connection. Tekan Next.


Langkah #9

Pilih kapan aturan pemblokiran agan berlaku pada program. Pilih semua tiga opsi untuk memotong akses internet secara total.


Langkah #10

Beri nama pada aturan baru yang baru saja agan buat. Dalam contoh ini, saya akan membuat aturan untuk memblokir koneksi internet ke Mozilla Firefox, jadi, saya menamai aturan tersebut dengan "Block Firefox". Agan bisa memilih nama yang agan inginkan.


Langkah #11

Klik finish dan aturan agan akan diaktifkan.
Sekarang agan harus melihat aturan baru yang agan buat berdasarkan Outbound Rules.


Silakan memblokir koneksi Jnbound juga jika agan ingin benar-benar memblokir akses internet untuk program ini. Pilih "Inbound Rules" di langkah 4 dan langkah-langkah selanjutnya sama dengan langkah-langkah diatas.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....