Breaking

Thursday, 16 November 2017

Cara Mendeteksi Ada Yang Menyadap Email Kita Atau Tidak

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Kali ini saya akan membahas cara untuk mendeteksi apakah ada pihak lain yang memata-matai dan menyadap pesan email kita atau tidak. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran data-data penting ke pihak lain yang bisa disalah gunakan.

Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa apa gunanya melacak surat, jadi mengapa saya harus peduli?
Ingat! Semua mata-mata atau cracker akan mencuri atau mencoba mencuri data sebanyak mungkin. Karena semakin banyak informasi yang mereka dapatkan, maka semakin leluasa pula mereka untuk bergerak, apalagi informasi yang mereka dapat mengandung data-data penting.

Perusahaan sering mengirimkan email kepada para klien atau orang-orang yang berhubungan dengan aktivias kerja dan rahasia perusahaan. Orang yang melakukan aktivitas penyadapan bisa dengan mudah melihat saat agan membuka surat, apa yang agan klik, dan lokasi agan saat ini. Mereka melacak aktivitas korbannya dengan menambahkan gambar kecil atau piksel yang menginformasikan mereka tentang data agan.


Alat pelacakan ini bekerja ketika agan mengklik surat, jadi satu-satunya metode untuk berhenti disadap oleh siapa pun bukan dengan membuka surat itu.
Pertanyaannya di sini adalah bagaimana seseorang dapat mengetahui apakah surat itu aman atau yang sudah dipasang penyadap sebelum membukanya.

Belum lama ini ini saya menemukan alat yang bernama "Ugly Email" yang mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk menyelesaikan masaah ini. Ugly Email akan memeriksa semua email agan dan memperlihatkan mana yang sudah dipasangi penyadap. Setiap email yang disadap ditunjukkan dengan simbol mata untuk mengenali email semacam itu dengan mudah.

Ekstensi ini bekerja dengan mendeteksi pixel dari Yesware, Streak, MailChimp, Mandrill, Bananatag dan Postmark.Mereka secara aktif bekerja untuk menambahkan lebih banyak informasi.


Berikut adalah langkah untuk menggunakan Ugly Email


Langkah 1

Buka browser Google Chrome di komputer agan.

Langkah 2

Klik link ini untuk memasang Ugly Email untuk mendetekdi dari email yang disadap.

Langkah 3

Klik "Add to Chrome" di tab baru.

Langkah 4

Saat agan sudah menggunakan ekstensi ini dan saat menerima e-mail terdapat simbol mata kecil, maka ini adalah indikasi jika emal agan sudah ada yang menyadap.


Catatan:

Cara ini hanya bisa digunakan untuk agan yang menggunakan email Gmail dan ekstensi ini untuk browser Google Chrome. Saya belum mengecek apakah ekstensi ini sudah tersedia untuk Mozilla Firefox atau belum.
Jika agan mendapati ada email yang memiliki simbol mata dan sebagian tidak memiliki simbol mata, itu berarti yang tidak memiliki simbol mata tidak ada yang menyadap pesan tersebut.

Sekian pembahasan untuk mendeteksi tentang adanya pihak lain yang menyadap email kita atau tidak.
Tetap pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia dipanel blog
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox