Friday, 10 November 2017

Cara Mengatasi Blue Screen Of Death ‘STOP Error’ Windows 10

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi masalah blue screen STOP Error pada komputer Windows 10.

Bagi para pengguna koputer dengan sistem operasi Windows 10 menjumpai blue screen seharusnya sudah mejadi hal biasa. Blue screen of death atau yang biasa dikenal dengan STOP Error adalah masalah blue screen paling terkenal diantara yang lainya. Karena selain blue screen masih ada yang lainya seperti red screen, green screen, yellow screen, dan lain sebagainya.

Permasalahan utama yaitu bagaimana cara menangani masalah tersebut dan apa yang harus dilakukan saat menjumpai masalah tersebut?
Nah sebenarnya ada beberapa hal yang bisa agan lakukan untuk menangani masalah STOP Error tersebut.


Nonaktifkan Restart Otomatis


Untuk memperbaiki blue screen of death pertama-tama agan harus bisa membuat komputer tidak mengalami restart otomatis saat mengalami beberapa masalah pada sistem. Karena secara default Windows 10 sudah dikonfigurasi untuk melakukan restart otomatis saat mengalami masalah STOP Error terjadi. Jika hal ini dibiarkan maka agan tidak akan mempunyai waktu untuk mencari kode kesalahan blue screen of death ini dan sudah keburu restart komputernya.

Karena untuk melakukanya agan harus bisa membuat komputer agan bertahan lebih lama dalam keadaan bermasalah tersebut. Caranya sangat mudah, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pada kolom pencarian di taskbar silahkan ketik This PC
  2. Setelah menemukan, silahkan klik kanan pada program This PC, pilih Properties.
  3. Pada menu bagian kiri pilih Advaced system settings
  4. Pada bagian Startup and Recovery silahkan klik Settings
  5. Sekarang pada bagian System Failure silahkan hilangkan tanda centang pada bagian Automatically restart.
  6. Selanjutnya klik Ok untuk menyelesaikan dan menyimpan pengaturan.



Scan Komputer dari Virus


Salah satu penyebab dari blue screen of death di komputer agan adalah adanya file data sistem yang mengalami corrupt. Namun selain itu adala kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut, yaitu adanya virus malware yan bersarang yang merusak sistem komputer agan.

Jadi jika agan mengalami blue screen of death dalam frekuensi yang lumayan sering maka agan harus lebih memperketat keamanan komputer agan dari virus dengan memasang antivirus yang powerful. Windows Defender, antivirus bawaan dari Windows 10 juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk memindai dan melindungi komputer agan dari serangan virus yang bisa menyebabkan blue screen of death.


Lakukanlah Upadate Windows


Agan harus memastikan bahwa komputer agan diperbarui secara rutin dengan patch keamanan terbaru. Cara ini sangat efektif untuk menghindari terjadiya masalah blue screen of death pada komputer agan. Dan untuk melakukan update pun sangat mudah, bahkan agan juga bisa menjadwalkan kapan waktu komputer agan melakukan update Windows secara otomatis, ini bisa mencagah lupa atau kendala-kendala lainnya.


Update Driver Hardware dan Firmware


Driver yang tidak kompatibel dapat menyebabkan blue screen pada komputer agan karena terjadi crash antara hardware dan software. Sehingga rajin mengupdate driver juga efektif untuk mencegah terjadinya blue screen of death pada komputer agan. Saat ini agan dapat menggunakan Windows Driver Universal untuk memudahkan pencarian driver yang sesuai dengan perangkat yang agan gunakan.

Namun walaupun begitu tetap saja ada beberapa driver yang belum tersedia. Untuk driver yang tidk dapat diupdate Windows secara otomatis, mau tidak mau agan harus mencari di website vendor komputer yang agan gunakan dan  menginstalnya secara manual.

Selain itu agan juga harus rajin memerikasa firmware komputer agan seperti BIOS atau UEFI, apakah sudah tersedia versi barunya atau belum. Jangan lupa juga rajin memeriksa hardware komputer agan mengalami over heat atau tidak. Agan bisa menggunakan beberapa software seperti Piriform’s Speccy. Temperatur komputer yang terlalu panas kengkinan disebakan oleh kipas angin yang tersumbat oleh debu dan kotoran.

Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya agan membersihkan komputer secara rutin khususnya pada bagian ventilasi dan komponen kerja komputer. Selain itu agan juga bisa mengurangi perangkat eksternal yang tidak terlalu pentng seperti drive penyimpanan USB, printer, gamepad, dan lain-lain untuke mengecek apakah penyebab dari terjadinya blue screen of death adalah berasal dari salah satu perangkat-perangkat tersebut.

Bagaimana Cara Menperbaiki Blue Screen of Death ‘STOP Error’ di Windows 10?




Boot ke Safe Mode


Safe Mode dari dulu sudah menjadi metode pertama yang digunakan untuk mengecek keadaan komputer ketika mengalami sesuatu yang kurang baik, salah satunya adalah blue screen of death. Agan dapat mencoba memperbaiki kesalahan blue screen of death di Windows 10 atau Windows versi-versi sebelumnya menggunakan Safe Mode.

Saat agan melakukan boot dalam Safe Mode di Windows, maka yang dijalankan oleh komputer hanyalah layanan-layanan penting dan driver-driver dasar saja. Jika agan boot dalam Safe Mode dan tidak terjadi blue screen of death, maka sudah dapat disimpulkan bahwa letak penyebab permasalahannya disebabkan oleh salah software atau program pihak ketiga yang agan install di komputer agan tersebut.


Cara masuk Safe Mode pada komputer Windows


Jika agan masih menggunakan Windows XP atau Windows 7 maka agan dapat masuk ke Safe  Mode menggunakan utility ‘msconfig’ atau menekan tombol F8 pada keyboard saat mulai menghidupkan komputer. Untuk Windows 10 sudah ditambahkan piliha lain yang lebih mudah untuk mengakses Safe Mode, yaitu:


  1. Buka Settings > Update & Security > Recovery
  2. Dibagian Advanced Startup, pilih Restart Now. Tunggu hingga muncul pilihan Advanced Startup muncul di layar
  3. Klik Troubleshoot
  4. Di layar selanjutnya silakan klik Startup Settings, lalu klik Restart untuk boot ke Safe Mode.



Gunakan System Restore


Dengan adanya System Restore di Windows, agan dapat mencabut semua kesalahan dan masalah dengan mengebalikan keadaan komputer ke waktu sebelum agan melakukan kesalahan dan mendapatkan masalah. Ini bisa menjadi jalan keluar yang mudah untuk mengatasi masalah blue screen of death entah karena virus atau kesalahan dari driver yang agan instal.

Agan dapat mengecek berbagai pengaturan mengenai System Restore di Control Panel lalu masuk ke bagian Recovery. Untuk mengembalikan keadaan komputer ke titik awal silakan klik Open System Restore dan ikuti langkah-langkahnya. Untuk membuat titik pemulihan maka agan klik saja Configure System Restore > Create. Jika agan memulihkan keadaan komputer ke titik waktu tertentu maka kemungkinan besar masalah blue screen of death akan bisa teratasi.


Cara-cara yang saya uraikan diatas adalah metode untuk mengatasi masalah blue screen of death ‘STOP Error’ yang hanya disebabkan oleh masalah software atau prenagkat lunak sistem. Namun jika blue screen of death ‘STOP Error’ tersebut disebabkan oleh kerusakan salah satu komponen hardware maka jalan satu-satunya adalah mengganti atau memperbaiki komponen yang bermasalah tersebut.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

2 comments:

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....