Breaking

Thursday, 16 November 2017

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Di Google Chrome

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Kali ini saya akan membahas cara untuk menghemat penggunaan data internet di browser Google Chrome.

Saya sendiri ketika menggunakan internet sering was-was jika sewaktu-waktu kuota internet habis pada malam hari. Karena tidak mungkin kita tengah malah pergi ke konter untuk membili pulsa atau kuota data.
Saya yakin agan juga pernah mengalami apa yang saya ceritakan diatas, kecuali jika agan menggunakan internet dengan kuota yang tidak terbatas

Untungnya pihak Google sudah membuat ekstensi resmi untuk menghemat data internet di browser Chrome yang bernama Data Saver.
Data Saver menggunakan layanan proxy kompresi data dari Google untuk pengoptimalan dan penghematan data. Layanan proxy kompresi data ini mampu menghemat bandwidth internet penggunanya, melakukan loading laman lebih cepat, dan meningkatkan keamanan saat berselancar di internet.

Situs web yang kita kunjungi lebih dahulu melewati server aman dari Google dan akan diperiksa seluruhnya untuk mendeteksi halaman yang terinfeksi oleh virus malware, adware, spyware, dan sejenisnya. Ekstensi ini sebenarnya sudah lebih dulu diluncurkan untuk perangkat tablet dan smartphone, dan sekarang giliran versi desktopnya.

Untuk menggunakan ekstendi Data Saver di briwser Google Chrome, agan memerlukan Chrome 41 atau yang lebih baru. Ekstensi ini bekerja seperti yang dijanjikan dan mengompres data secara efektif. Halaman resmi dari Data Saver menggambarkannya sebagai berikut:

Mengurangi penggunaan data dengan menggunakan server Google untuk mengoptimalkan halaman yang Anda kunjungi. Jelajahi lebih hemat! Saat ekstensi ini diaktifkan, Chrome akan menggunakan server Google untuk mengompres halaman yang Anda kunjungi sebelum mendownloadnya


Cara mengaktifkan Data Saver di browser Chrome Android


Untuk browser versi Android sebenarnya sudah dilengkapi fitur penghemat data dan tidak perlu mendownload ekstensi apapun, tapi secara default dalam posisi mati. Untuk mengaktifkan fitur ini di smartphone agan, silahkan buka aplikasi Chrome lalu masuk ke Settings >>Bandwidth Management >> Reduce Data Usage dan hidupkan pilihannya.


Bagaimana cara mendapatkan Data Saver di Desktop?




  1. Untuk mendownload ekstensi Data Saver di browser Chrome desktop agan, kunjungi Chrome Webstore.
  2. Instal ekstensi ini di browser Google Chrome. Setelah proses instalasi selesai, secara default ekstensi ini sudah dalam keadaan aktif.
  3. Jika agan ingin melihat jumlah data internet yang dihemat, klik icon Data Saver di menu bar.
  4. Untuk mematikan ekstensi ini cukup klik Turn Off Data Saver, untuk menghidupkan kembali agan dapat menggunakan cara yang sama.


Fitur ini lebih bermanfaat jika agan menggunakan browser Chrome di ponsel dan terjebak dengan koneksi internet yang buruk atau paket data yang terbatas.

Download Ekstensi Chrome Data Saver


Itulah uraian singkat tentang cara menghemat penggunaan data internet di browser Chrome.
Tetap pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia dipanel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox