Breaking

Wednesday, 22 November 2017

Cara Mengirim Gambar Kualitas Tinggi Di Whatsapp Agar Tidak Pecah

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengirim gambar kualitas tinggi di Whatsapp supaya tidak pecah.

Saat ini Whatsapp  menjadi aplikasi chat dan instant messenger yang paling banyak digunankan walaupun sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis diluar sana. Salah satu nilai plus Whatsapp adalah tidak perlu mendaftar, selama agan sudah mempunyai nomor telepon maka sudah bisa menggunkan layanan ini. Selain itu aplikasi ini juga sangat ringan dan sangat irit dalam mengkonsumsi data internet.

Selain dapat bertukar pesan teks dan suara, Whatsapp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer file kepada orang lain. File yang dapat di transfer ini bebas, apapun bisa asalkan tidak melebihi batas ukuran yang ditentukan. Batas ukurannya sendiri yaitu 100 MB untuk Android dan 128 MB untuk iOS. Jika agan mengirim gambar ke orang lain secara langsung maka gambar tersebut akan mengalami kompresi untuk mengurangi ukuran gambar agar cepat sampai. Akibatnya kualitas gambar tersebut akan menurun dan kadang akan mengalami pecah pixel nya.

Jika sekedar untuk chat biasa sih tidak terlalu masalah, namun dalam waktu-waktu tertentun hal ini kadang sangat mengganggu. Karena gambar yang pecah dan blur akan sangat menggangu khususnya yang mempunyai tulisan sehingga tidak bisa terbaca. Untuk itu agan harus menggunakan cara lain jika ingin mengirim gambar dengan kualitas aslinya tanpa kompresi. Tenang saja, untuk melakukanya agan tidak memerlukan tool apa-apa, cukup menggunakan aplikasi Whatsapp yang biasanya saja.



Cara Mengirim Gambar Kualitas Tinggi Di Whatsapp Tanpa Pecah


Untuk melakukanya agan saya sarankan menggunkan aplikasi Whatsapp versi terbaru, agar lebih mudah dan lancar. Pastikan juga tanggal di smartphone agan sudah cocok dengan tanggal Whatsapp, karena kita tidak akan bisa terhubung ke server jika tanggal agan tidak cocok.


Langkah-Langkahnya:


  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik icon lampiran (attachment).
  3. Jangan pilih Gallery, tetapi pilih Document.
  4. Kemudian cari gambar yang ingin agan kirim.
  5. Selanjutnya klik KIRIM.


Dengan memilih tipe Document pada saat mengirim gambar, maka kualitas gambar yang agan dikirim tetap akan seperti aslinya dan tidak mengalami kompresi atau penurunan kualitas.
Selanjutnya, penerima gambar harus mengunduh file gambar tersebut dan membukanya melalui Gallery, jangan melalui aplikasi WhatsApp. Karena pada saat penerima membuka file gambar melalui WhatsApp, gambar akan terlihat pecah karena sebenarnya itu hanya tampilan saja (preview), bukan merupakan tampilan gambar sesuai aslinya.

Demikian pembahasan mengenai cara mengirim gambar kualitas tinggi di Whatsapp agar tidak pecah. Pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox