Wednesday, 15 November 2017

Cara Unroot Semua Smartphone Dan Tablet Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Kali ini saya akan membahas cara mengembalikan Android menjadi dalam keadaan tidak di root atau yang lebih populer dengan istilah unroot.

Salah satu keasikan menggunakan Android salah satunya adalah mengopreknya dan syarat nomor satu adalah harus diroot dulu. Melakukan root adalah proses yang mengasikan khususnya bagi saya yang sudah sering otak-atik Android. Namun bagi orang yang belum pernah melakukannya root adalah suatu proses yang rumit dan menakutkan. Ya tentu saja melakukan root memiliki banyak potensi yang dapat membahayakan perangkat.

Akibat paling sering dari gagal root adalah bootloop dan jika agan melakukan rooting pada perangkat agan secara otomatis garansi produk tersebut akan hangus walaupun belum ada satu hari belinya. Saya tidak tahu apa tujuan agan melakukan unroot perangkat Android, namun bisa jadi salah satu tujuannya untuk mengembalikan garansi perangkat tersebut. Apakah pihak toko tidak akan mengetahui kalau perangkat tersebut pernah di root?
Entah, saya juga tidak tahu soalnya saya belum pernah mengalami kasus seperti itu.

Bagi agan yang ingin melakukan unroot pada perangkat Android agan, silahkan simak pembahasan ini hingga selesai. Karena saya akan memberikan beberapa metode yang dapat agan lakukan untuk melakukan unroot. Jika metode pertama gagal agan bisa melakukan etode kedua, dan seterusnya, namun kasus seperti ini sangat jarang sekali.



Cara Unroot Smartphone Dan Tablet Android



1. Unroot Dengan Menggunakan SuperSU


SuperSU adalah aplikasi utama yang diinstall pada Android saat melakukan proses rooting, dan agan juga bisa menggunakna aplikasi ini untuk melakukan uroot. Prosesnya pun sangat sederhana. Agan hanya perlu membuka aplikasi SuperSU, masuk ke Setting, lalu cari pilihan Full Unroot. Ikuti instruksinya dan biarkan sistem melakukan proses unroot. Setelah proses selesai, agan hanya perlu melakukan restart pada perangkat dan Android agan akan kembali menjadi normal tanpa root.


2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Agan tidak bisa menemukan aplikasi SuperSU di perangkat Android agan? Tidak perlu cemas, saya masih mempunyai metode lain dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Namun setiap smartphone tentunya berbeda-beda sehingga tidak semua perangkat dapat di unroot dengan satu jenis aplikasi juga.

Namun ada salah satu aplikasi unroot yang sudah sangat populer dan memiliki reputasi yang baik yaitu Universal Unroot. Namun untuk catatan aplikasi ini tidak dapat bekerja dengan baik untuk smartphone Android Samsung dan LG. Jadi bagi agan yang menggunakan smartphone janis tersebut harap menggunakan aplikasi yang lain seperti Simply Unroot atau yang lainya.

Download Universal Unroot Via Play Store 

Download Universal Unroot Via ApkHere 

Download Universal Unroot Via APK Monk 

Downlaod Simply Unroot Via APK Pure 

Downlaod Simply Unroot Via Play Store 

Downlaod Simply Unroot Via APK Monk 



3. Unroot Menggunakan File Manager


Cara yang satu ini memang terlihat agak rumit, namun masih tidak ada apa-apanya jika dibadingkan dengan saat mengotak-atik direktori komputer. Agan bisa menhilangkan akses root melalui file manager. Untuk melakukan ini agan harus menggunakan aplikasi file manager yang mempunyai akses root. Rekomendasi saya, agan dapat menggunakan ES File Explorer karena saya juga memakainya.

Aktifkan akses root di pengaturannya. Akses penyimpanan internal perangkat agan dan cari “System”. Masuk lalu cari dan tekan “bin”. Setelah masuk lalu hapus “busybox” dan “su”. Jika agan tidak menemukan dua file tersebut maka ada kemungkinan berada di direktori lain. Yaitu kembali ke folder “System” dan pilih “xbin”. Jika file tersebut ada, lanjutkan untuk menghapus “busybox” dan “su”.

Setelah itu silakan agan kembali ke folder “System” dan masuk ke “app”. Lalu hapus “superuser.apk” lalu restart perangkat android agan. Dan agan sudah berhasil melakukan unroot.

Download ES File Explorer Via Play Store 

Download ES File Explorer Via Uptodown 

Download ES File Explorer Via Aptoide



4. Unroot Dengan Memasang Update OTA


Ketika agan melakukan update pada Android agan biasanya ini akan menghilangkan akses root dan harus melakukan root ulang. Nah ini bisa agan gunakan sebagai jalan untuk melakukan unroot, walaupun saya tidak akan membahas secara detail cara melakukan update. Namun kelemahan dari cara ini yaitu jika sistem agan sudah dalam versi terbaru maka  harus menunggu update selanjutnya.


5. Unroot Dengan Memasang Stock Firmware


Mengembalikan semartphone Android ke firmware versi aslinya merupakan salah satu cara yang dapat agan gunakan untuk melakukan unroot, cara ini lebih dikenal dengan flashing Android. Namun karena keterbatasan waktu saya tidak bisa memberikan tutorial mengenaik cara flashing atau bisa juga custom ROM pada Android. Agan dapat mencari tutorialnya di Google dan sudah tersedia banyak. Yang dibutuhkan tentu saja adalah TWRP atau MobileUncle, File IMG atau Firmware dari perangkat agan.


Itulah tutorial singkat mengenai cara unroot semua smartphone dan tablet Android. Tetap pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia dipanel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....