Friday, 3 November 2017

Download-Review: Vital Security VPN, Browser VPN Android Gratis Aman

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Kali ini saya akan membagikan dan mereview aplikasi VPN sekaligus browser yang gratis dan aman untuk Android, yaitu Vital Security VPN.

Vital Security VPN adalah browser Android yang dikembangkan oleh perusahaan FinjaniMobile yang sudah dilengkapi dengan fitur VPN. Dengan menggunakan aplikasi ini agan dapat menyamarkan privasi agan menggunakan proxy di lebih dari 20 lokasi negara di seluruh dunia.

Dengan memasang aplikasi ini di smartphone Android agan, agan bisa berselancar di dunia maya dengan lebih aman dimana identitas agan akan disamarkan menggunakan proxy, bisa mendeteksi ancaman dari situs yang dicurigai berbahaya. Akan muncul informasi bahwa ada website yang berusaha melacak agan, dan browser ini dapat memblokir iklan pelacakan tersebut.

Bagi pengguna Android, bisa mendapat fitur lengkap yaitu browser sekaligus VPN. Namun untuk pengguna Mac dan Windows juga bisa menggunakan aplikasi ini, namun hanya bisa menggunakan layanan VPN Client saja tanpa browser. Perusahaan Finjani sudah sangat berpengalaman dalam menangani seluk beluk layanan seputar internet, karena perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1996. Finjani adalah perusahaan yang mengembangkan dan mematenkan beberapa teknologi terapan utama termasuk sistem keamanan yang dilisensikan kepada Microsoft pada tahun 2005.



Review Vital Security VPN



Privasi Vital Security VPN


Vital Security VPN hanya menyediakan kebijakan keamanan login yang umum, yaitu tidak pernah menyimpan catatan atau memantau lalu lintas kegiatan situs yang agan kunjungi. Basic dari Finjani didasarkan pada Avian’s Phantom VPN yang memberikan informasi tambahan yang berhubungan dengan privasi di situsnya sendiri. Walaupun hal ini belum tentu diterapkan untuk Vital Security VPN, namun setidaknya ini bisa menjadi harapan agar juga ditetapkan untuk aplikasi tersebut.

Avira mengatakan bawa Phantom VPN tidak mencatat alamat IP agan yang asli saat terhubung, atau alamat IP virtual yang dilakukan dalam sesi kunjungan ke situs web tertentu, atau dapat dikatakan bahwa mereka tidak mencatat data kredensial agan.


Kinerja Vital Security VPN


Vital Security VPN dapat diinstal ke dalam smartphone dengan mudah dan sederhana. Penggunaanya pun sangat mudah, sehingga tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi ini. Proses menghubungkan ke sever pun juga cepat. Saat sudah terhubung, aplikasi ini akan menghiting jumlah paket data yang sudah berhasil di transfer dan diterima secara rela-time, disini agan bisa memantau seluruh penggunaan data internet.

Karena aplikasi ini terhitung sangat sederhana, sehingga pengaturan VPN dasar seperti mengatur Port, mengubah protokol, atau peraturan dasar lainya tidak tersedia. Jika agan menginginkan aplikasi yang praktis dan sederhana maka ini akan menjadi pilihan yang baik, namun jika agan ingin menggunakan aplikasi VPN yang memiliki pengaturan dasar lanjutan yang agak lengkap mungkin aplikasi ini bukan pilihan yang tepat.

Desain antarmuka VPN browser terlihat sangat sederhana dan mudah dalam mengoperasikanya. Untuk menyalakan VPN agan hanya perlu mengetuk satu icon dan VPN akan menyala secara otomatis. Disini akan disediakan informasi lengkap, sehingga agan dapat mengunjunginya lagi untuk memeriksa apakan koneksi sedang down atau untuk memeriksa penggunaan data dan menutup koneksi internet.

Untuk mengetes keamanan browser ini, silahkan agan mengunjungi situs yang berbahaya dan terindikasi mengandung virus dan program ilegal. Maka seketika akan muncul notfikasi bahwa Virus Total telah menandai dan mendeteksi ancaman dari situs tersebut, selanjutnya silahkan pilih pilihan yang aman.

Vital Security VPN juga mempunyai vitur anti pelacakan pada browsernya. Namun secara default fitur ini dalam keadaan mati, jadi agan harus menghidupkanya secara manual. Saat agan ingin menyalakan fitur ini akan ada notifikasi bahwa fitur ini dapat menyebabkan melambatnya loading browser dan ada kalanya terjadi gagal dalam memuat situs web, namun itu sangat jarang terjadi.

Saya sudah mencoba menggunakan aplikasi ini dan mengaktifkan fitur anti pelacakan. Saya melakukan uji coba dengan mengunjungi situs yang penuh iklan untuk mencoba seberapa efektif fitur ini. Ternyata fitur ini sangat efektif memblokir semua iklan dan script pelacakan dari situs yang saya kunjungi. Fitur anti pelacak akan menganalisa tentang jenis pelacak seperti iklan dan sejenisnya. Nanti akan menucul laporan terperinci di kanan bawah yang berisi rincian pelacak dalam situs ini yang sudah dideteksi dan diblokir.

Dari uju coba yang saya lakuka, dapat saya simpulkan bahwa aplikasi ini memiliki nilai yang posistif. Yaitu dapat menjaga privasi kita dengan menyembunyikan alamat IP asli, mengganti DNS reguler, menjuhkan dari spam iklan, dan tentu saja menjaga kebocoran identitas kita di dunia maya.


Kesimpulan


Meskipun Vital Security VPN memiliki kinerja yang tidak mengecewakan, namun jika saya rasakan aplikasi VPN ini hanya seperti Avian’s Phantom VPN yang diganti sampulnya, semuanya sangat mirip. Fitur browser yang sudah dibundel menjadi satu menjadi nilai plus yang sangat berguna bagi penggunanya, jadi satu aplikasi memiliki 2 fungsi sekaligus. Overal aplikasi ini sangat memuaskan kinerjanya, walaupun di Play Store hanya memiliki nilai rating 4,5.





Itulah review singkat tentang aplikasi Vital Security VPN dari Finjan Mobile.
Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....