Breaking

Wednesday, 22 November 2017

Cara Mencegah Smartphone Android Disusupi Virus Spyware

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mencegah smartphone Android disusupi oleh virus spyware atau mata-mata.

Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah pepatah yang berlaku dalam segala hal. Jika Agan ingin melindungi ponsel Agan terhadap aplikasi mata-mata atau spyware, Agan harus melibatkan aplikasi pelindung Agan seperti antivirus dan melakukan apa yang harus Agan lakukan agar tidak lengah terhafap segala upaya penyusupan. Tapi bagaimana Agan melindungi ponsel Agan dari aplikasi pelacak ilegal yang dimaksudkan untuk memata-matai gerakan dan aktivitas Agan?
Agan dapat menemukan semua jawaban atas pertanyaan ini di bagian lain dari tulisan ini.


Cara Mencegah Smartphone Android Disusupi Virus Spyware


1. Jangan Percaya Jika Ada Orang Asing Meminjam Smartphone Agan


Kecuali Agan mendownload spyware secara tidak sengaja, cara lain orang punya niat tersembunyi bisa dengan mudah memasang spyware di smartphone Agan diam-diam. Jika Agan ingin melindungi smartphone Agan, jangan biarkan orang yang tidak Agan percaya memegang dan menggunakan dengan bebas perangkat Agan atau Agan akan terkena akibatnya.


2. Hati-hati dengan Sumber Download Agan


Jika Agan ingin agar ponsel Agan tetap aman dari spyware, Agan harus ekstra hati-hati saat Agan mendownload aplikasi Agan. Alasannya adalah jika Agan mendownload perangkat lunak dari sumber yang tidak aman atau pengembang yang tidak bersertifikat, Agan berisiko membuka smartphone Agan ke spyware. Agar tetap aman, Agan harus memastikan bahwa aplikasi yang agan download aman yaitu dengan mendownload dari situs yang terpercaya seperti Play Store atau APK Pure . Alasannya adalah bahwa platform ini memiliki ukuran keamanan yang ketat yang memastikan pengguna mengunduh aplikasi aman yang tidak membahayakan privasi atau keamanan mereka.


3. Gunakan Kata Sandi yang Kuat


Agar ponsel Agan tetap aman dari program spyware ilegal, Agan harus menggunakan kata sandi yang kuat untuk melindungi login layar Agan. Alasannya adalah jika seseorang ingin mendownload program spyware di smartphone Agan, mereka tidak akan bisa mendapatkan akses. Dengan menggunakan kata sandi, Agan bisa menyulitkan mereka untuk melakukannya.

Selain itu, Agan harus merahasiakan kata kunci dan hanya mengungkapkannya kepada orang yang Agan percaya, misalnya teman dekat Agan atau pacar jika memang punya, hehe. Terakhir, perlu menggunakan kata kunci yang rumit sehingga seseorang tidak akan mudah untuk melakukan hack. Misalnya dengan mengkombinasikan huruf kecil dan huruf besar dalam kata sandi Agan dan juga angka agar lebih aman.


4. Setting Kata Sandi Download


Agar smartphone Agan lebih aman, Agan juga harus mengatur kata sandi untuk mendownload aplikasi. Tindakan ini akan memastikan bahwa siapapun yang mengakses telepon Agan tanpa izin Agan tidak dapat melangkah lebih jauh dan memasang aplikasi apapun tanpa seizin Agan.

Alasannya adalah bahwa sebagian besar aplikasi spyware yang dimiliki orang di smartphone mereka dipasang oleh orang-orang yang menggunakan ponsel mereka tanpa pernah curiga bahwa mereka bisa melakukan hal ini. Jadi, jika Agan mengizinkan seseorang menggunakan telepon Agan, lapisan perlindungan ekstra ini akan melindungi Agan.


5. Gunakan Anti-Spyware


Cara lain untuk menjaga agar smartphone Agan tetap aman adalah dengan menginstal anti-spyware. Agan dapat membeli versi berbayar di Google Play untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Alasan mengapa versi berbayar lebih baik adalah mereka menawarkan fitur yang sengaja dikecualikan oleh pengembang dalam versi gratisnya. Selain itu, Agan harus terus mengupdate perangkat lunak dan menggunakannya untuk memindai smartphone Agan setiap hari.


6. Hati-hati dengan koneksi Bluetooth dan WIFI


Jika Agan ingin agar smartphone Agan tetap aman dari program spyware ilegal, berhati-hatilah saat Agan mengakses koneksi WIFI dan Bluetooth. Agan harus menjaga koneksi Bluetooth dan WIFI Agan ke mode aman dan tidak pernah mengakses atau menerima koneksi ke jaringan yang tidak Agan yakini.


7. Berhati-hatilah dengan persetujuan


Langkah lain yang akan membuat smartphone Agan aman dari spyware adalah berhati-hati dengan syarat dan ketentuan dari setiap aplikasi yang Agan pasang pada smartphone Agan. Misalnya, Agan harus membaca syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, dan penafian hukum di balik setiap aplikasi yang Agan unduh.   Agan harus membaca setiap detail perjanjian karena beberapa perjanjian menunjukkan bahwa pengembang memiliki kewenangan untuk melacak keberadaan Agan.


8. Instal Aplikasi Asli Saja


Cara mudah lainnya yang bisa membuat ponsel Agan terkena spyware adalah mendownload versi bajakan dari aplikasi. Saat mendownload aplikasi, hati-hati terhadap aplikasi versi Full di luar situs resmi pengembang karena beberapa di antaranya dilengkapi dengan perangkat lunak malware, termasuk yang jenis spyware. Pihak-pihak yang menawarkan aplikasi ini biasanya mengambil versi berbayar asli, melakukan crack, dan kemudian menawarkannya untuk didownload secara gratis. Jika Agan menginginkan aplikasi gratis, lebih baik mengikuti uji coba pengembang atau versi gratis sampai Agan siap membeli versi berbayar. Jika agan menginginkan bisa menggunakan aplikasi berbayar secara gratis, agan bisa mengunjungi artikel saya yang lain melalui tautan dibawah ini.


Sekian pembahasan tetang cara melindungi smartphone Android dari virus spayware.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....

Adbox