Wednesday, 8 November 2017

10 Tips Dan Trik Meningkatkan Performa Android Lebih Cepat

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik untuk menigkatkan performa smartphone Android sehingga membuatnya memiliki kinerja yang lebih cepat.

Sebenarnya ada satu pertanyaan besar yang muncul ketika kita mendengar bahwa kinerja smartphone bisa dipercepat dengan beberapa trik. Yaitu apakah smartphone Android bisa benar-benar dipercepat? Jawabanya bisa iya bisa juga tidak. Jika smartphone sudah memiliki system perangkat lunak atau ROM yang setabil dan ringan sejak bawaan pabrik tentu saja tidak bisa membuatnya lebih cepat, paling bagus ya hanya mengembalikan performanya seperti sedia kala saat masih baru.

Namun jika kita mengganti ROM bawaan dengan yang lebih stabil dan ringan maka bisa lebih cepat kinerjanya daripada waktu awal beli, namun kasus ini sangat jarang terjadi. Lebih lanjut saya tidak akan membahas mengenai masalah ROM, tetapi yang akan saya bahas adalah beberapa tips yang dapat agan lakukan untuk mengembalikan performa smartphone Android seperti saat masih baru.



Tips dan Trik Untuk Menigkatkan Performa Android Menjadi Lebih Cepat



1. Pilih Aplikasi Seperlunya, Sisanya Copot Saja


Tips pertama adalah pilih aplikasi yang memang benar-benar agan butuhkan, sisanya dari itu anggap saja sampah yang bisa mengotori Adroid agan. Jadi jangan sampai di smartphone agan terpasang lebih dari satu aplikasi yang memiliki fungsi sama. Jangan lupa untuk menghapus cache aplikasi secara rutin, karena itu adalah


2. Kosongkan cache aplikasi untuk membuat ponsel Android agan lebih cepat


Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak agan perlukan setiap hari, namun cukup penting untuk tetap berada di perangkat agan. Seperti, aplikasi yang agan gunakan untuk memesan penerbangan, hotel, dan memesan makanan. Agar Android lebih cepat, coba hapus data cache untuk aplikasi semacam itu di Setelan untuk memastikan mereka tidak mengkonsumsi banyak ruang saat tidak digunakan.


3. Bersihkan memori sistem beberapa kali sehari


Android memiliki kemampuan manajemen tugas yang sangat baik. Ini bisa menutup proses yang tidak diinginkan dengan sendirinya, kapanpun dibutuhkan Saat ini, hampir setiap launcher memiliki pilihan untuk membebaskan memori sistem. Jika tidak ada, agan harus mempertimbangkan untuk menginstal beberapa aplikasi pembersihan memori.

Dan di sini saya tidak berbicara tentang aplikasi yang mengklaim membuat ponsel Android agan lebih cepat dengan menjalankan operasi pembersihan real-time. Dan yang mereka lakukan hanyalah membuat perangkat lebih lambat.

Membersihkan RAM smartphone dapat memberi agan performa kinerja instan saat menutup berbagai aplikasi yang tidak diinginkan yang menangkap memori berharga ponsel Android.


4. Gunakan versi aplikasi yang lebih ringan, jika tersedia


Banyak aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Messenger, Opera juga memiliki versi 'lite' mereka. Aplikasi ringan ini sering dirancang untuk smartphone tingkat low-end dan bagi pengguna yang ingin menjaga hal-hal sederhana.

Menggunakan versi lite untuk aplikasi dapat meningkatkan kinerja ponsel Android agan. Dan hal itu juga bisa menghemat konsumsi data internet agan, karena ini adalah salah satu alasan mengapa aplikasi tersebut dikembangkan.


5. Perbarui Android agan secara teratur


Setiap versi Android yang lebih baru hadir dengan berbagai peningkatan kinerja. Jadi, rajinlah upgrade perangkat agan jika vendor agan sudah merilisnya merilisnya, karena hal ini bisa mempercepat Android. Sebagai alternatif, agan dapat beralih ke ROM khusus untuk perangkat Android agan jika agan merasa bahwa ROM yang agan pakai saat ini terlalu berat.


6. Jangan memperbarui aplikasi terlalu banyak


Nah, ini mungkin kedengarannya agak tidak biasa. Nah, menjaga agar smartphone Android agan tetap up to date adalah suatu hal yang hampir disarankan oleh setiap pengguna. Tapi semuanya memiliki sisi negatif juga. Jika perangkat agan memiliki kapasitas penyimpanan yang rendah dan sudah berumur beberapa tahun, upgrade ke versi yang lebih baru akan mengkonsumsi sumber daya tambahan.

Penyimpanan yang semakin menipis tentu saja akan membuat kinerja perangkat menjadi lebih berat walaupun memiliki aplikasi yang up to date, karena smartphone agan tidak memiliki ruang untuk menyimpan lebih banyak aplikasi.


7. Pikirkan sebelum menginstal aplikasi


Sudah hampir satu dekade sejak Android muncul dan jumlah aplikasi untuk platform kini telah berkembang menjadi jutaan. Tapi dari jumlah aplikasi dan game yang tak terhitung jumlahnya, tidak semuanya dirancang oleh pengembang dengan niat baik.

Banyak aplikasi Android palsu dan ingin mengendalikan perangkat agan, mencuri data berharga dan mengirimkannya ke server mereka. Google baru saja meluncurkan tool Play Protect untuk memindai aplikasi semacam itu. Secara tidak langsung, agan dapat membuat perangkat Android agan lebih cepat dengan cara ini. Namun, agan harus memeriksa keaslian aplikasi yang tidak dikenal sebelum memasangnya, meskipun Agan mengunduhnya dari Play Store.


8. Format SD Card untuk meningkatkan kinerja Android


Jika agan sering mengalami crash pada smartphone Android agan, SD Card yang rusak bisa menjadi salah satu alasannya. Memformat SD Card tidak hanya akan menghapus sampah file yang tidak perlu yang dibuat oleh sistem Android dan berbagai aplikasi, namun pada akhirnya dapat memberikan peningkatan kinerja sebagai hasilnya.


9. Atur aplikasi untuk mengupdate hanya melalui WiFi


Banyak aplikasi yang memperbarui otomatis di latar belakang agar informasi tetap update setiap saat atau melakukan hal-hal lain seperti mengunggah file, foto, video. Dengan demikian, menonaktifkan data latar belakang dapat membuat perangkat Android lebih cepat karena mengurangi beban kerja. Itu karena aplikasi tidak tersambung ke internet dan menggunakan sumber daya sistem. Selain itu, mematikan data latar belakang untuk jaringan seluler akan membantu agan menghemat kuota internet agan.

Sebagai alternatif, jika agan ingin mencegah Google menyinkronkan perangkat agan, agan dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis di perangkat Android agan. Dan matikan pembaruan otomatis di Google Play dengan mengunjungi Setelan> Aplikasi pembaruan otomatis> Pilih Perbarui pembaruan otomatis hanya melalui WiFi


10. Root Android agan


Apakah rooting perangkat Android akan membuat Android agan lebih cepat? Tidak. Itu karena rooting tidak mempengaruhi peningkatan kinerja yang siginifikan. Pada kenyataannya, apa yang agan lakukan setelah melakukan rooting Android agan mungkin membuat perangkat lebih cepat, atau bahkan malah lebih buruk lagi, mungkin akan lebih lambat jika agan melakukan hal-hal dengan cara yang salah.

Kebanyakan orang root perangkat mereka untuk menghapus bloatware - aplikasi pra-instal di telepon - yang satu tidak dapat menghapus secara langsung. Agan bahkan bisa mencoba beberapa custom ROM. Jika Agan ingat, CyanogenMod adalah salah satu ROM yang populer dengan keturunannya saat ini atas nama LineageOS. Ada ROM populer lainnya yang mungkin memiliki keunggulan dalam ROM saham pada perangkat Agan.

Yang bisa agan lakukan setelah melakukan rooting adalah bisa mengoprek Android agan sesuka hati, menghapus aplikasi bawaan yang umumnya tidak bisa dihapus jika tanpa root. Agan juga bisa menginstal aplikasi utility yang bisa menginkatkan kecepatan Android agan seperti Greenify dan sejenisnya. Perlu dicatat bahwa aplikasi tersebut membutuhkan akses root untuk bisa bekerja.

Terkait: 5 Aplikasi Utility Untuk Android Root Terbaik Paling Penting



Itulah tips dan trik yang dapat agan lakukan untuk mempercepat performa smartphone Android agan. Jika agan ingin request artikel, agan bisa mengirim request melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....