U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang fitur baru yang hadir di Windows 10.

Seperti kita ketahui Microsoft kemarin baru saja merilis OS terbaru mereka yaitu Windows 10, OS ini memiliki beberapa fitur terbaru yang sangat menarik. Beberapa fitur baru tersebut sudah diperkenalkan pada bulan September lalu, kebanyakan dari fitur tersebut ditujukan untuk orang-orang yang menggunakan Windows di tempat kerja.

Pada hari Rabu (21/01/2015) Microsoft memberikan preview kepada konsumen Windows 10, yang mana Windows saat ini digunakan pada lebih dari 91 persen komputer di dunia menurut NetMarketShare.

Fitur Baru Pada Windows 10


1. Continuum


Masalah terbesar yang dihadapi pengguna Windows 8 adalah bagaimana cara memisahkan antara tampilan mode desktop dan tablet. Dalam previewnya Microsoft memperkenalkan desain antarmuka baru Windows 10 yang disebut "Continuum", fitur ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah pengelolaan tampilan desktop mode dan tablet mode.

Windows 10 akan menerapkan desktop mode ketika mengenali adanya mouse dan keyboard dan berada pada tablet mode ketika tidak ada keyboard dan mouse. Tapi untuk perangkat hybrid seperti Microsoft Surface akan dapat melakukan transisi mulus antara dua mode tersebut. Cabut keyboard-nya dan kita akan masuk ke mode tablet, pasang lagi keyboard-nya dan kita akan kembali mode desktop.

2. Browser Baru Bernama Spartan


Microsoft memperkenalkan browser barunya yang diberi kode "Spartan." Browser baru ini akan jadi satu paket dengan Windows 10 dan akan berfungsi sama dengan Chrome dan Firefox.

Browser Spartan dibangun pada platform perangkat lunak yang berbeda dari IE dan keduanya tidaklah kompatibel. Ini berarti Microsoft akan terus menggunakan IE sebagai default browser dalam Windows 10 untuk memastikan bahwa aplikasi Microsoft terus berfungsi dengan baik.

3. Integrasi Dengan Xbox


Aplikasi Xbox berperan sebagai pintu gerbang ke seluruh ekosistem Xbox, termasuk akses ke achievement, daftar teman, aktivitas feed, dan Store. Tidak menutup kemungkinan Microsoft akan mengintegrasikan SmartGlass di masa depan.

4. Integrasi Dengan Cortana


Salah satu fitur terbesar di Windows 10 adalah asisten pribadi virtual yang bernama Cortana. Cortana terletak di bagian atas antarmuka pencarian pada Windows 10 yang merespon perintah teks dan suara. Tampilan dan fungsinya sangat mirip dengan versi Windows Phone dengan akses ke notebook, pengingat, dan minat.

5. Kembalinya Menu Start


Setelah dihapus dari Windows 8, Microsoft mengumumkan pada bulan September bahwa Start Menu akan kembali muncul pada Windows 10. Start menu yang baru menampilkan ruang personalizable baru untuk aplikasi favorit, program dan website.

6. Aplikasi Windows


Microsoft menyatakan bahwa Windows Store apps dan program desktop biasa akan berjalan di windows tradisional pada Windows 10. Program dapat diubah ukurannya dan diminimalkan dari bar di bagian atas.

7. Multiple Desktop


Windows 10 menampilkan fitur baru yang telah dinikmati pengguna Mac selama bertahun-tahun yaitu kemampuan untuk membuat desktop baru dan dapat melakukan perpindahan antar desktop dengan mulus.

8. Windows Khusus Mobile


Saat ini ada tiga versi berbeda dari Windows: Windows 8.1, Windows RT untuk tablet dan Windows Phone. Tahun lalu bos Microsoft mengatakan bahwa perusahaannya berencana untuk menggabungkan Windows RT dan Windows Phone.

Windows RT dan Windows Phone akan menjadi Windows 10. Kedua OS tersebut masih akan kompatibel dengan sebagian besar perangkat lunak Windows tradisional, keduanya masih dapat menjalankan semua aplikasi dari Microsoft Store.

9. "Snap" Kuadran


Fitur terbaru bernama Snap akan memungkinkan pengguna Windows 10 untuk bekerja pada 4 aplikasi sekaligus pada layar yang sama. Snap sudah ada sejak Windows Vista namun Microsoft mendesain ulang untuk Windows 10 dengan menyertakan tata letak kuadran yang baru.

10. Tampilan Baru Task View


Satu tombol baru pada task bar akan membawa kita langsung ke satu layar yang menampilkan semua aplikasi yang terbuka dan juga file.

Itulah beberapa fitur baru yang hadir pada Windows 10.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...